Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ada berapa klasifikasi lapisan litosfer, jelaskan satu per satu!

Ada berapa klasifikasi lapisan litosfer, jelaskan satu per satu!

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Lapisan atmosfer dibagi menjadi lima lapisan. Berikut ini merupakan lapisan-lapisan yang berada di atmosfer. Lapisan Troposfer adalah lapisan atmosfer yang paling rendah dan paling dekat dengan permukaan bumi. Di dalam lapisan troposfer adalah tempat dari semua jenis cuaca, semua perubahan suhu, hembusan angin, tekan dan juga kelembapan Lapisan stratosfer dimulai secara bertahap dari ketinggian sekitar 15 kilometer sampai 50 kilometer dari permukaan Bumi. Di dalam lapisan ini berlangsung angin berhembus sangat kencang serta mempunyai pola aliran tertentu. Lapisan ini menjadi tempat terbangnya pesawat. Lapisan mesosfer berfungsi mengikis benda-benda langit yang masuk ke dalam permukaan bumi. Benda langit tersebut dapat berupa komet, meteor, debu angkasa, atau benda-benda asing angkasa yang lainnya Lapisan termosfer adalah lapisan atmosfer yang paling panas dengan lapisan atmosfer yang lain. Lapisan ini berfungsi untuk memantulkan gelombang radio, baik gelombang panjang maupun gelombang pendek. Lapisan Eksosfer adalah lapisan paling atas dari atmosfer. Di dalam lapisan ini berbagai gesekan benda di udara sudah jarang terjadi. Pengaruh angkasa luar juga sudah terasa di lapisan ini. Pada lapisan ini juga tempat satelit mengorbit.

Lapisan atmosfer dibagi menjadi lima lapisan. Berikut ini merupakan lapisan-lapisan yang berada di atmosfer.  

  1. Lapisan Troposfer adalah lapisan atmosfer yang paling rendah dan paling dekat dengan permukaan bumi. Di dalam lapisan troposfer adalah tempat dari semua jenis cuaca, semua perubahan suhu, hembusan angin, tekan dan juga kelembapan
  2. Lapisan stratosfer dimulai secara bertahap dari ketinggian sekitar 15 kilometer sampai 50 kilometer dari permukaan Bumi. Di dalam lapisan ini berlangsung angin berhembus sangat kencang serta mempunyai pola aliran tertentu. Lapisan ini menjadi tempat terbangnya pesawat.
  3. Lapisan mesosfer berfungsi mengikis benda-benda langit yang masuk ke dalam permukaan bumi. Benda langit tersebut dapat berupa komet, meteor, debu angkasa, atau benda-benda asing angkasa yang lainnya
  4. Lapisan termosfer adalah lapisan atmosfer yang paling panas dengan lapisan atmosfer yang lain. Lapisan ini berfungsi untuk memantulkan gelombang radio, baik gelombang panjang maupun gelombang pendek.
  5. Lapisan Eksosfer adalah lapisan paling atas dari atmosfer. Di dalam lapisan ini berbagai gesekan benda di udara sudah jarang terjadi. Pengaruh angkasa luar juga sudah terasa di lapisan ini. Pada lapisan ini juga tempat satelit mengorbit.  

Latihan Bab

Pengantar Litosfer

Tektonisme

Vulkanisme

Seisme

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

39

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan secara ringkas bagian kerak bumi yang terbagi menjadi dua bagian, yakni kerak samudra (oceanic crust) dan kerak benua (continental crust) !

530

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia