Pertanyaan

Mengapa ada empat dawai pada alat musik biola? Apakah yang sebenarnya dilakukan oleh seorang pemain biola yang sedang mengencangkan dawai biolanya?

Mengapa ada empat dawai pada alat musik biola? Apakah yang sebenarnya dilakukan oleh seorang pemain biola yang sedang mengencangkan dawai biolanya? 

R. Maiza

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Biola memiliki 4 senarkarena sudah diatur sedemikian rupa sehingga memiliki interval nada yang sempurna ketika dimainkan. Frekuensi pada setiap senar juga berbeda.Biola memiliki empat senar yaitu (G-D-A-E). Untuk mengetahui senar yang pertama yaitu G, yang memiliki nada yang terendah, yang kedua D, yang ketiga A, dan yang keempat senar yang paling bawah E, memiliki nada yang tertinggi. Apabila senar atau dawai digesek dengan alat penggesek nya (bow), maka senar akan menghasilkan suara atau bunyi. Jika seorang pemain biola yang sedang mengencangkan dawai biolanya, maka untuk menaikkan nada, sementara jika ingin menurunkan nada maka pemain akan mengendorkan senar.

Biola memiliki 4 senar karena sudah diatur sedemikian rupa sehingga memiliki interval nada yang sempurna ketika dimainkan. Frekuensi pada setiap senar juga berbeda. Biola memiliki empat senar yaitu (G-D-A-E). Untuk mengetahui senar yang pertama yaitu G, yang memiliki nada yang terendah, yang kedua D, yang ketiga A, dan yang keempat senar yang paling bawah E, memiliki nada yang tertinggi. Apabila senar atau dawai digesek dengan alat penggesek nya (bow), maka senar akan menghasilkan suara atau bunyi. Jika seorang pemain biola yang sedang mengencangkan dawai biolanya, maka untuk menaikkan nada, sementara jika ingin menurunkan nada maka pemain akan mengendorkan senar. 

263

Nova Evita

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah tali yang panjangnya 2,5 m direntangkan. Salah satu ujung dihubungkan dengan vibrator yang frekuensinya 50 Hz. Ujung yang lain melalui katrol dihubungkan dengan beban 16 N. Jika massa tali tiap...

223

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia