Roboguru

Membuat ringkasan mengenai Jan Willem Janssen

Pertanyaan

Membuat ringkasan mengenai Jan Willem Janssen

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Jan Willem Janssens (lahir di Nijmegen, 12 Oktober 1762 – meninggal di Den Haag, 23 Mei 1838 pada umur 75 tahun) adalah Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang ke-37. Dia menggantikan Herman Willem Daendels pada tanggal 20 Februari 1811 dan tiba di Istana Bogor (Buitenzorg) pada tanggal 15 Mei 1811. Ia memulai masa jabatannya dalam kondisi genting. Banyak prajurit tinggalan Daendels yang tidak cakap menjadi prajurit, sehingga ia mudah dikalahkan Inggris dan terpaksa menyerah pada tanggal 18 September 1811 kepada Thomas Stamford Raffles dalam Kapitulasi Tuntang. Karena masa pemerintahannya yang sangat singkat ini, dapat dikatakan bahwa ia tidak meninggalkan apa-apa. Ia seolah-olah hanya ditugaskan untuk menjaga bendera Prancis yang berkibar di Hindia Belanda selama enam bulan.

Dengan demikian Jan Willem Janssens (lahir di Nijmegen, 12 Oktober 1762 – meninggal di Den Haag, 23 Mei 1838 pada umur 75 tahun) adalah Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang ke-37. Dia menggantikan Herman Willem Daendels pada tanggal 20 Februari 1811 dan tiba di Istana Bogor (Buitenzorg) pada tanggal 15 Mei 1811.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dipanggil pulangnya Daendels ke Belanda menandakan peralihan kekuasaan dari Belanda ke tangan Inggris. Hal ini, karena....

Pembahasan Soal:

Pada 1811 Daendels ditarik kembali ke Prancis oleh Louis Napoleon. Terdapat beberapa alasan mengapa Daendels ditarik dari tugasnya dan akhirnya kembali ke Belanda. Namun, alasan utamanya adalah kepemimpinan di Hindia Belanda merubah Daendels yang sebenarnya adalah orang liberalis berubah menjadi diktator. Sistem kerjanya mendapat banyak protes ataupun kritik karena terbilang terlalu kerjam dan sewenang-wenang, baik dari pihak dalam negeri maupun luar negeri. Atas hal tersebut akhirnya ia ditarik dari Jawa dan memutuskan untuk kembali ke Belanda.

Di tahun 1810, Jan Willem Janssens diberi tugas untuk pergi ke wilayah Hindia Belanda untuk menggantikan kepemimpinan Daendels. Dia memulai saat posisinya dalam keadaan genting. Banyak prajurit tinggalan Daendels yang tidak cakap menjadi prajurit sehingga Inggris dengan mudah mengalahkannya. Akhirnya, Janssens terpaksa menyerah pada tanggal 18 September 1811 kepada Thomas Stamford Raffles dalam Kapitulasi Tuntang.

Dengan demikian jawaban yang tepat D

0

Roboguru

Perbedaan mencolok antara Daendels dengan Jansen adalah....

Pembahasan Soal:

Herman Willem Daendels dan Jan Willem Janssens adalah dua Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang menjabat ditengah masa perang Napoleon, ketika Belanda yang berpihak dengan Perancis bertempur melawan Inggris. Daendels ditunjuk oleh raja Belanda Louis (Lodewijk) Bonaparte, saudara dari Napoleon Bonaparte menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada tahun 1807. Setelah perjalanan panjang, ia tiba di kota Batavia (sekarang Jakarta) pada 5 Januari 1808, dan menggantikan Gubernur Jenderal lama, Albertus Henricus Wiese. Tugas utamanya adalah untuk mempertahankan Hindia Belanda, terutama pulau Jawa dari serangan Inggris. Daendels melakukan persiapan dengan membangun barak militer, pabrik senjata baru di Surabaya dan Semarang, dan akademi militer baru di Batavia. Daendels menghancurkan Kastil di Batavia dan menggantinya dengan benteng baru di Meester Cornelis (sekarang Kecamatan Jatinegara, Jakarta), dan membangun Benteng Lodewijk (Fort Ludwig) di Surabaya. Daendels juga memindahkan pemerintah pusat dari Batavia Lama (sekarang kecamatan Kota, Jakarta) ke Weltevreden (sekarang wilayah Medan Merdeka di Jakarta). Namun, kebijakan Daendels yang paling terkenal adalah pembangunan Jalan Pos Besar (Jalan Raya Pantai Utara Jawa) dari Anyer ke Panaroecan. Jalan ini berfungsi sebagai jalan utama di pulau Jawa, untuk memudahkan pergerakan pasukan Belanda. Jalan seribu kilometer itu selesai hanya dalam waktu satu tahun, di mana ribuan pekerja paksa mati. Karena kebijakannya yang keraj, banyak yang mengecam Daendels dan pemerintah Belanda akhirnya menggantikannya dengan Janssen. Pada 11 November 1810, Janssen diangkat menjadi gubernur jenderal wilayah Hindia Belanda. Dia tiba di Batavia, pada 15 Mei 1811 dan segera melibatkan dirinya dalam upaya memperkuat pertahanan Jawa dari serangan Inggris. Pada 30 Juli, akhirnya serangan Inggris tiba dari India, dipimpin oleh Sir Samuel Auchmuty. Janssens melakukan pertahanan yang berpusat di sekitar benteng Meester Cornelis. Namun, tentara gabungan Belanda dan Perancis kalah dan terpaksa mundur ke Buitenzorg (sekarang Bogor).Sejumlah besar tentara Belanda dan Perancis ditangkap selama dan Janssens akhirnya dipaksa untuk menyerah pada 18 September 1811. Dia dipenjara di Inggris sampai 12 November 1812, ketika dia akhirnya dipulangkan ke Belanda.

Dengan demikian, perbedaan antara Daendels dengan Jansen adalah:

  1. Daendels menjabat sebelum Janssen, pada 9 Desember 1815 – 30 Januari 1818, sementara Janssen adalah penerus Daendels yang menjabat hingga menyerah pada Inggris pada 18 September 1811.
  2. Daendels bersifat lebih aktif daripada Janssen, dengan memerintahkan Jalan raya Pantai Utara Jawa, dan pertahanan militer di Batavia

0

Roboguru

Dua negara yang bersaing memperebutkan wilayah Banten dan Pulau Jawa adalah …. dan ….

Pembahasan Soal:

Pada pertengahan April 1811, gelombang pasukan Inggris meninggalkan India untuk menyerang Jawa yang tengah berada di bawah kekuasaan Prancis. Pengerahan kekuatan militer laut yang melibatkan belasan ribu tentara dan 100 kapal ini konon merupakan salah satu pengerahan terbesar militer Inggris dalam sejarah negara itu. Wilayah Hindia Belanda, termasuk Jawa, berada di bawah kekuasaan Prancis karena ketika itu Belanda ditundukkan Prancis melalui perang Napoleon (1803-1815). Belanda secara resmi dianeksasi Prancis pada tahun 1810. Jawa pun menerima imbas dari Perang Napoleon.

Pendaratan pasukan Inggris di Pulau Jawa terjadi pada tanggal 4 Agustus 1811 di Cilincing, pantai utara Jakarta pada sisi timur. Pasukan Inggris terus berupaya merebut Jawa dari kekuasaan Belanda yang berada di bawah kekuasaan Prancis. Melalui berbagai peperangan, Inggris berhasil menguasai Jawa pada 18 September 1811 melalui perjanjian Tuntang. Perjanjian ini dibuat di desa Tuntang, kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Perjanjian itu antara lain menyebutkan wilayah Jawa, Palembang, dan Makasar harus diserahkan kepada Inggris.

Dengan demikian, dua negara yang memperebutkan wilayah Banten dan Pulau Jawa adalah Belanda (di bawah kekuasaan Prancis) dan Inggris.

0

Roboguru

Berikut adalah langkah penting Janssen sebagai Gubernur Jenderal pengganti Daendels ....

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1806 Janssen terusir dari Tanjung Harapan karena daerah itu jatuh ke tangan Inggris. Lalu, di tahun berikutnya yaitu pada tahun 1810 Janssen diperintahkan untuk pergi ke Jawa dan akhirnya menggantikan Daendels pada tahun 1811. Langkah pertama yang dilakukan Janssen di Pulau Jawa adalah, ia mencoba memperbaiki keadaan yang telah ditinggalkan oleh Daendels. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Berikut adalah alasan Louis Bonaparte memanggil pulang Daendels ke Belanda ....

Pembahasan Soal:

Daendels dikenal sebagai penguasa yang otoriter dan kejam pada rakyat pribumi, banyak rakyat yang meninggal saat pembangunan jalan raya pos dan banyak terjadi kelaparan akibat tidak ada yang mengurus sawah. Rakyat dikerahkan untuk membantu pertahanan Pulau Jawa. Selain itu, ia kerap bersitegang dengan raja-raja lokal Nusantara. Maka pada tahun 1811 Daendels dipanggil kembali ke Belanda oleh Louis Bonaparte. Salah satu alasan pemanggilan Daendels karena hubungan buruk Daendels dengan raja-raja dan penduduk Nusantara. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved