Iklan

Iklan

Pertanyaan

Media massa yang pernah dibredel oleh pemerintah Orde Baru pada tahun 1994 karena melaporkan investigasi pembelian kapal bekas dari Jerman adalah …. (1) Detik (2) Suara Pembaruan (3) Tempo (4) Kompas

Media massa yang pernah dibredel oleh pemerintah Orde Baru pada tahun 1994 karena melaporkan investigasi pembelian kapal bekas dari Jerman adalah ….

(1) Detik

(2) Suara Pembaruan

(3) Tempo

(4) Kompas

  1. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar

  2. jika jawaban 1 dan 3 benar

  3. jika jawaban 2 dan 4 benar

  4. jika hanya jawaban 4 yang benar

  5. jika semua jawaban benar

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pada 21 Juni 1994, Presiden melalui Menteri Penerangan, Harmoko, melakukan pembredelan tiga media massa yang dianggap membahayakan stabilitas negara. Ketiga media massa tersebut adalah Tempo, Detik, dan Editor . Masalah utamanya karena ketiga media massa tersebut memberitakan adanya dugaan korupsi atas pembelian kapal perang usang milik Jerman Timur. Pembatasan dan pembredelan pada masa Orde Baru ini dianggap strategi Pemerintah untuk menjaga kestabilan politik dan ekonomi di Indonesia.

Pada 21 Juni 1994, Presiden melalui Menteri Penerangan, Harmoko, melakukan pembredelan tiga media massa yang dianggap membahayakan stabilitas negara. Ketiga media massa tersebut adalah Tempo, Detik, dan Editor. Masalah utamanya karena ketiga media massa tersebut memberitakan adanya dugaan korupsi atas pembelian kapal perang usang milik Jerman Timur. Pembatasan dan pembredelan pada masa Orde Baru ini dianggap strategi Pemerintah untuk menjaga kestabilan politik dan ekonomi di Indonesia.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sistem politik konsensus nasional pada masa awal pemerintahan Order Baru merupakan upaya untuk ... menciptakan sistem demokrasi menghindari sistem multipartai memperkuat sistem kepartaian ...

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia