Iklan

Iklan

Pertanyaan

Masyarakat Indonesia terdiri dari banyak suku antara lain Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Lampung, Jawa, Sunda, Betawi, Toraja, Dayak, Minahasa, Ambon Sasak sampai masyarakat Dani dan Asmat di Papua. Uraian ini menggambarkan struktur sosial dalam dimensi horizontal yang terdiri karena ....

Masyarakat Indonesia terdiri dari banyak suku antara lain Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Lampung, Jawa, Sunda, Betawi, Toraja, Dayak, Minahasa, Ambon Sasak sampai masyarakat Dani dan Asmat di Papua. Uraian ini menggambarkan struktur sosial dalam dimensi horizontal yang terdiri karena ....

  1. perbedaan iklim dan cuaca

  2. perbedaan bahasa daerah

  3. isolasi georgrafis atau keterasingan

  4. penjajahan oleh negara asing

  5. latar belakang sejarah berbeda

Iklan

D. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Masyarakat indonesia terdiri dari banyak suku antara lain Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Lampung, Jawa, Sunda, Betawi, Toraja, Dayak dan sebagainya disebabkan karena isolasi geografis atau keterasingan. Isoliasi atau keterpisahan wilayah Indonesia karena bentuk wilayah Indonesia berupa kepulauan yang saling terpisah menyebabkan munculnya berbagai keragaman tersebut. Kondisi geografis wilayah kepulauan yang berbeda menyebabkan masyarakat tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa yang terisolasi dengan suku bangsa lain, kemudian saling mengembangkan bahasa (daerah) dan ikatan-ikatan kebudayaan yang berbeda satu dengan yang lain sesuai kondisi geografis wilayah tempat tinggal mereka. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Perbedaan iklim dan cuaca menyebabkan keragaman ras atau ciri fisik bawaan di masyarakat Indonesia dan mempengaruhiperbedaan mata pencaharian di masyarakat. Perbedaan bahasa daerah merupakan wujud keberagaman suku bangsa. Penjajahan oleh negara asing menyebabkan Indonesia menjadi negara satu kesatuan. Latar belakang sejarah yang berbeda kurang tepat karena Indonesia memiliki sejarah yang sama.

Masyarakat indonesia terdiri dari banyak suku antara lain Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Lampung, Jawa, Sunda, Betawi, Toraja, Dayak dan sebagainya disebabkan karena isolasi geografis atau keterasingan. Isoliasi atau keterpisahan wilayah Indonesia karena bentuk wilayah Indonesia berupa kepulauan yang saling terpisah menyebabkan munculnya berbagai keragaman tersebut. Kondisi geografis wilayah kepulauan yang berbeda menyebabkan masyarakat tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa yang terisolasi dengan suku bangsa lain, kemudian saling mengembangkan bahasa (daerah) dan ikatan-ikatan kebudayaan yang berbeda satu dengan yang lain sesuai kondisi geografis wilayah tempat tinggal mereka.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Perbedaan iklim dan cuaca menyebabkan keragaman ras atau ciri fisik bawaan di masyarakat Indonesia dan mempengaruhi perbedaan mata pencaharian di masyarakat.
  • Perbedaan bahasa daerah merupakan wujud keberagaman suku bangsa.
  • Penjajahan oleh negara asing menyebabkan Indonesia menjadi negara satu kesatuan.
  • Latar belakang sejarah yang berbeda kurang tepat karena Indonesia memiliki sejarah yang sama.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

189

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perwujudan pembagian sosial dalam diferensiasi sosial adalah ...

348

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia