Iklan

Iklan

Pertanyaan

Masyarakat Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa antara lain Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Lampung, Jawa, Sunda, Betawi, Toraja, Dayak, Minahasa, Ambon, Sasak sampai masyarakat Dani dan Asmat di Papua. Uraian ini menggambarkan struktur sosial dalam dimensi horizontal terjadi karena ......

Masyarakat Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa antara lain Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Lampung, Jawa, Sunda, Betawi, Toraja, Dayak, Minahasa, Ambon, Sasak sampai masyarakat Dani dan Asmat di Papua. Uraian ini menggambarkan struktur sosial dalam dimensi horizontal terjadi karena ......

  1. posisi strategis diantara dua benua

  2. perbedaan model bahasa daerah

  3. isolasi geografis/keterasingan

  4. penjajahan oleh negara asing

  5. latar belakang sejarah berbeda

Iklan

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kemajemukan masyarakat indonesia yang menciptakan banyak perbedaan perbedaan yang dapat dilihat secara langsung disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah latar belakang sejarah . Latar belakang sejarah menunjukkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari yunani, yaitu wilayah di Tiongkok bagian selatan. Mereka datang secara bergelombang dalam waktu dan jalur yang berbeda sehingga mendiami wilayah yang berbeda juga yang mengakibatkan penduduk yang menempati pulau pulau itu tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa yang terisolasi dengan yang lain, kemudian mereka mengembangkan bahasa, ikatan ikatan kebudayaan yang berbeda satu sama lain. Sehingga berdasarkan ilustrasi yang menjelaskan adanya keragaman budaya antaralain Aceh,batak, melayu, minangkabau, lampung, jawa, sunda, betawii, toraja dan sebagainya itu disebabkan karena latar belakang sejarah berbeda. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Isolasi geografis menyebabkan banyak keragaman bukan hanya dari suku bangsa dan budaya saja. Posisi strategis diantara dua benua menyebabkan adanya keragaman agama di masyarakat, karena letaknya strategis sehingga banyak negara lain datang ke indonesia salah satunya membawa pengaruh agama.

Kemajemukan masyarakat indonesia yang menciptakan banyak perbedaan perbedaan yang dapat dilihat secara langsung disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah latar belakang sejarah . Latar belakang sejarah menunjukkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari yunani, yaitu wilayah di Tiongkok bagian selatan. Mereka datang secara bergelombang dalam waktu dan jalur yang berbeda sehingga mendiami wilayah yang berbeda juga yang mengakibatkan penduduk yang menempati pulau pulau itu tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa yang terisolasi dengan yang lain, kemudian mereka mengembangkan bahasa, ikatan ikatan kebudayaan yang berbeda satu sama lain. Sehingga berdasarkan ilustrasi yang menjelaskan adanya keragaman budaya antaralain Aceh,batak, melayu, minangkabau, lampung, jawa, sunda, betawii, toraja dan sebagainya itu disebabkan karena latar belakang sejarah berbeda.

 Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Isolasi geografis menyebabkan banyak keragaman bukan hanya dari suku bangsa dan budaya saja.
  • Posisi strategis diantara dua benua menyebabkan adanya keragaman agama di masyarakat, karena letaknya strategis sehingga banyak negara lain datang ke indonesia salah satunya membawa pengaruh agama.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perwujudan pembagian sosial dalam diferensiasi sosial adalah ...

178

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia