Iklan

Iklan

Pertanyaan

Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang tidak diharapkan oleh masyarakat, sehingga mendorong adanya tindakan untuk melakukan perubahan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah sosial yaitu...

Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang tidak diharapkan oleh masyarakat, sehingga mendorong adanya tindakan untuk melakukan perubahan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah sosial yaitu...space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa salah satu upaya mengatasi masalah sosial dapat dilakukan melalui upaya preventif dan upaya represif.

dapat disimpulkan bahwa salah satu upaya mengatasi masalah sosial dapat dilakukan melalui upaya preventif dan upaya represif.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Soal menanyakan upaya mengatasi masalah sosial. Salah satu bentuk masalah sosial yang sedang marak terjadi di Indonesia saat ini ialah kemiskinan.Kemiskinan jika dikaji dalam sudut pandang sosiologi merupakan realita sosial yang menjadi masalah sosial. Kemiskinan semakin meningkat karenasebab-sebab sosial seperti sistem pendidikan yang kurang baik, kondisi lingkungan yang menjebak miskin, kemalasan, menyerah pada nasib dan lain sebagainya. Kemiskinan dikategorikan sebagai masalah sosial karena dapat menyebabkan individu atau kelompok dalam masyarakat berada di posisi yang lemah dan tidak berdaya. Kondisi masyarakat yang tidak produktif akibat kemiskinan menimbulkan berbagai masalah sosial lain seperti menghambat proses pembangunan, meningkatkan tindak kriminalitas dalam masyarakat, memicu pelanggaran nilai dan norma sosial, meningkatkan ketimpangan sosial, meningkatkan angka pengangguran, dan meningkatkan konflik sosial. Hal ini dapat dilakukan dengan upaya pencegahan (upaya preventif) dan upaya represif. penanggulangan dengan pola mencegah (preventif) ini dilakukan agar kemiskinan tidak terus meningkat, misalnya dengan cara penanaman nilai dan norma, memberikan edukasi bahwa pendidikan itu penting, menanamkan budaya mau berjuang dan meningkatkan motivasi menuju hidup yang lebih baik, dan penanamaan nilai-nilai agama. Sedangkan upaya represif dilakukan ketika masalah sosial sudah terjadi di masyarakat. Upaya represif yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan yaitu pemberian bantuan sosial, mengadakan pelatihan-pelatihan kerja untuk meningkatkan SDM, dan pemberian subsidi kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa salah satu upaya mengatasi masalah sosial dapat dilakukan melalui upaya preventif dan upaya represif.

Soal menanyakan upaya mengatasi masalah sosial.

Salah satu bentuk masalah sosial yang sedang marak terjadi di Indonesia saat ini ialah kemiskinan. Kemiskinan jika dikaji dalam sudut pandang sosiologi merupakan realita sosial yang menjadi masalah sosial. Kemiskinan semakin meningkat karena sebab-sebab sosial seperti sistem pendidikan yang kurang baik, kondisi lingkungan yang menjebak miskin, kemalasan, menyerah pada nasib dan lain sebagainya. Kemiskinan dikategorikan sebagai masalah sosial karena dapat menyebabkan individu atau kelompok dalam masyarakat berada di posisi yang lemah dan tidak berdaya. Kondisi masyarakat yang tidak produktif akibat kemiskinan menimbulkan berbagai masalah sosial lain seperti menghambat proses pembangunan, meningkatkan tindak kriminalitas dalam masyarakat, memicu pelanggaran nilai dan norma sosial, meningkatkan ketimpangan sosial, meningkatkan angka pengangguran, dan meningkatkan konflik sosial.

Hal ini dapat dilakukan dengan upaya pencegahan (upaya preventif) dan upaya represif. penanggulangan dengan pola mencegah (preventif) ini dilakukan agar kemiskinan tidak terus meningkat, misalnya dengan cara penanaman nilai dan norma, memberikan edukasi bahwa pendidikan itu penting, menanamkan budaya mau berjuang dan meningkatkan motivasi menuju hidup yang lebih baik, dan penanamaan nilai-nilai agama.space space Sedangkan upaya represif dilakukan ketika masalah sosial sudah terjadi di masyarakat. Upaya represif yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan yaitu pemberian bantuan sosial, mengadakan pelatihan-pelatihan kerja untuk meningkatkan SDM, dan pemberian subsidi kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa salah satu upaya mengatasi masalah sosial dapat dilakukan melalui upaya preventif dan upaya represif.

Latihan Bab

Masalah Sosial sebagai Realitas Sosial

Teori-teori tentang Masalah Sosial

Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Sosial

Ketidakadilan Sebagai Masalah Sosial

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

815

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana menurut pendapat anda mengenai sikap bangsa Indonesia dalam menghadapi masalah sosial ?

3rb+

3.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia