Roboguru

Masalah penurunan Kualitas Udara dan Atmosfer Bumi: Polusi udara akibat emisi kendaraan bermotor dan dampaknya bagi kehidupan. Buatlah upaya penanggulangan dari masalah di atas!

Pertanyaan

Masalah penurunan Kualitas Udara dan Atmosfer Bumi: Polusi udara akibat emisi kendaraan bermotor dan dampaknya bagi kehidupan.

Buatlah upaya penanggulangan dari masalah di atas!space 

Pembahasan Soal:

Kendaraan bermotor mengeluarkan zat-zat pencemar udara yang memberikan dampak negatif terhadap kesehatan dan kesejahteraan manusia, serta lingkungan hidup. Zat-zat yang diemisikan dari knalpot kendaraan bermotor adalah CO subscript 2, CO, NOx, HC, SOx, PM subscript 10, dan Pb (dari bahan bakar yang mengandung timah hitam/timbal). 

Sumber pencemar ini juga menimbulkan dampak terhadap lingkungan atmosfer yang lebih besar seperti hujan asam, kerusakan lapisan ozon stratosfer, dan perubahan iklim global. Selain itu, kita semua telah mengetahui bahwa pengaruh polusi udara juga dapat menyebabkan pemanasan efek rumah kaca (ERK) bakal menimbulkan pemanasan global atau (global warming). Udara sebagai salah satunya commons yang open access menjadi berbahaya bagi kesehatan manusia dan alam sekitarnya.

Upaya untuk mengurangi polusi udara akibat emisi kendaraan bermotor adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi jumlah mobil lalu lalang. Misalnya dengan jalan kaki, naik sepeda, kendaraan umum, atau naik satu kendaraan pribadi bersama temanteman (car pooling). 
  • Selalu merawat mobil dengan saksama agar tidak boros bahan bakar dan asapnya tidak mengotori udara. 
  • Meminimalkan pemakaian AC. Pilihlah AC non-CFC dan hemat energi. 
  • Memilih bensin yang bebas timbal (unleaded fuel).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Miswandi

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perilaku berikut yang menjadi pemicu perubahan iklim adalah ...

Pembahasan Soal:

Perubahan iklim disebut sebagai fenomena pemanasan global, dimana terjadi peningkatan gas rumah kaca pada lapisan atmosfer dan berlangsung untuk jangka waktu tertentu. Penyebab perubahan iklim dan pemanasan global terdiri dari berbagai faktor yang berbeda serta menimbulkan dampak bagi kehidupan manusia. Faktor-faktor disebabkan oleh kegiatan manusia seperti misalnya perubahan pengunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil.

Berdasarkan penyataan diatas pilihan yang sesuai adalah pembangunan perumahan dan industri pada lahan pertanian, karena kegiatan ini merupakan perubahan penggunaan lahan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Meningkatnya emisi gas rumah kaca dapat mengakibatkan terjadinya perubahan iklim global. Upaya yang dilakukan untuk mengendalikan permasalahan di atas adalah ...

Pembahasan Soal:

Cara mengatasi pemanasan global akibat efek rumah kaca :

  1. Membudayakan sikap hemat listrik
  2. Menanam pohon sebanyak mungkin dan menjaga hutan
  3. Kurangi penggunaan alat transportasi berbahan bakar minyak
  4. Mengolah sampah dengan baik
  5. Kurangi penggunaan alat yang menggunakan CFC
  6. Menerapkan sistem budidaya pertanian dan peternakan yang baik

Dari penjabaran diatas, maka jawaban yang tepat dalam upaya mengendalikan permasalahan meningkatnya emisi gas rumah kaca adalah dengan menanam pohon dan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.

Roboguru

Mengapa perubahan iklim di Samudra Pasifik berpengaruh pada kondisi iklim di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Pengaruh cuaca dan iklim memberikan dampak terhadap perubahan suhu global atau dikenal sebagai pemanasan global. Pemanasan global memicu terjadinya anomali iklim di Samudra Pasifik bagian ekuator. Anomali iklim tersebut adalah El Nino dan La Nina.

El nino adalah anomali yang terjadi di Samudra Pasifik yang ditandai meningkatnya suhu permukaan !aut. Dampak el nino di wilayah Indonesia adalah terjadi musim kemarau yang sangat panjang. Akibatnya, banyak lahan pertanian yang mengalami gaga! panen.

La nina adalah anomali yang terjadi di wilayah Samudra Pasifik yang ditandai dengan turunnya suhu permukaan laut di bawah suhu normalnya. Dampaknya terhadap wilayah Indonesia adalah terjadi hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir.undefined 

Roboguru

Mengapa pemanasan global bisa terjadi dan apa penyebabnya? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Pemanasan global merupakan fenomena terjadinya peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi yang diakibatkan oleh konsentrasi gas rumah kaca yang berlebih. Fenomena ini dapat terjadi karena beberapa faktor, misalnya meningkatnya gas rumah kaca, polusi dari bahan bakar fosil, penggunaan CFC yang berlebihan, penggundulan hutan, dan sebagainya.  

Roboguru

Gunung Tambora dapat menjadi salah satu faktor penyebab perubahan iklim pada abad ke-19. Pernyataan ini dibuktikan oleh ....

Pembahasan Soal:

Letusan gunung berapi dapat membuat peristiwa perubahan iklim. Material yang dapat mempengaruhi perubahan iklim tersebut salah satunya adalah abu vulkanik. Abu vulkanik pada letusan yang sangat dahsyat dapat bertahan lama di atmosfer akibat jumlahnya yang begitu besar dan menutupi cahaya matahari yang akan masuk. Efek dari tertutupnya lapisan atmosfer oleh abu vulkanik adalah menurunnya suhu di permukaan bumi. Contoh peristiwa ini adalah saat terjadinya letusan Gunung Tambora pada tahun 1815 yang hingga setahun setelahnya disebut "tahun tanpa musim panas" akibat suhu bumi yang menurun. space 

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved