Iklan

Iklan

Pertanyaan

Masalah lingkungan hidup harus menjadi perhatian khusus dari semua lapisan masyarakat. Setiap anggota masyarakat wajib berpartisipasi dan bertanggung jawab untuk mengatasinya. Misal, hal yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari adalah sampah. Kita jangan membiarkan sampah berserakan di sepanjang jalan, di halaman rumah, di pasar-pasar, atau di tempat-tempat kosong sekitar permukiman. Hal itu harus dilakukan secara serempak oleh semua anggota masyarakat. Ungkapan yang semakna dengan isi paragraf tersebut adalah ....

     Masalah lingkungan hidup harus menjadi perhatian khusus dari semua lapisan masyarakat. Setiap anggota masyarakat wajib berpartisipasi dan bertanggung jawab untuk mengatasinya. Misal, hal yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari adalah sampah. Kita jangan membiarkan sampah berserakan di sepanjang jalan, di halaman rumah, di pasar-pasar, atau di tempat-tempat kosong sekitar permukiman. Hal itu harus dilakukan secara serempak oleh semua anggota masyarakat.

Ungkapan yang semakna dengan isi paragraf tersebut adalah ....

  1. berjabat tangan

  2. bergandengan tangan

  3. berlepas tangan

  4. cuci tangan

     

  5. angkat tangan

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ungkapan yang semakna dengan isi paragraf tersebut adalah bergandeng tangan . Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

ungkapan yang semakna dengan isi paragraf tersebut adalah bergandeng tangan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Ungkapan adalah sebuah kata yang memiliki makna yang sangat berbeda dari kata asalnya (kata pembentuknya). Dalam hal ini, ungkapan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah bergandengan tangan yang bermakna ‘bahu-membahu dalam mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang mengajak semua lapisan masyarakat turut serta menjaga lingkungan.Dengan demikian, ungkapan yang semakna dengan isi paragraf tersebut adalah bergandeng tangan . Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Ungkapan adalah sebuah kata yang memiliki makna yang sangat berbeda dari kata asalnya (kata pembentuknya). Dalam hal ini, ungkapan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah bergandengan tangan yang bermakna ‘bahu-membahu dalam mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang mengajak semua lapisan masyarakat turut serta menjaga lingkungan. Dengan demikian, ungkapan yang semakna dengan isi paragraf tersebut adalah bergandeng tangan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

71

Icha richita

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan dua unsur kebahasaan kosakata ilmiah yang digunakan dalam teks pidato tersebut!

10

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia