Roboguru

Masa pergerakan nasional ditandai dengan munculnya berbagai macam organisasi politik yang bertujuan untuk meraih kemerdekaan. Organisasi tersebut terbagi dalam berbagai macam golongan tergantung dari asas perjuangannya. Di bawah ini yang merupakan organisasi pergerakan nasional yang sifatnya non kooperatif terhadap Belanda adalah ...

Pertanyaan

Masa pergerakan nasional ditandai dengan munculnya berbagai macam organisasi politik yang bertujuan untuk meraih kemerdekaan. Organisasi tersebut terbagi dalam berbagai macam golongan tergantung dari asas perjuangannya. Di bawah ini yang merupakan organisasi pergerakan nasional yang sifatnya non kooperatif terhadap Belanda adalah ...

  1. Partai Nasional Indonesia

  2. Sarekat Islam

  3. Budi Utomo

  4. Partai Indonesia raya

  5. Gerakan Rakyat Indonesia

Pembahasan Soal:

Pergerakan nasional pada masa kolonial sangat beragam dari segi ideologi. Paling tidak ada tiga ideologi yang sangat besar pengaruhnya pada masa pergerakan nasional. Yaitu : Nasionalis, Pan islamis dan komunis. Pada dekade 1920-an saluran paham nasionalis sangat kental terlihat dari sebuah partai nasionalis yang tak lain adalah Partai Nasionalis Indonesia (PNI). PNI sebagai organisasi yang nonkooperatif, dilihat dari perkembangannya sebagai partai yang jumlah anggotanya berkembang pesat. Hal in karena kepandaian Soekarno dalam berpidato serta mengajak rakyat untuk menentang kolonialisme serta memperoleh kemerdekaan. Hal ini mendapat sorotan dari Pemerintah Hindia Belanda, kemudian menangkap Soekarno, karena dapat menentang adanya kolonialisme di Indonesia.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Setelah Perhimpunan Indonesia berhaluan politik, maka tujuan Perhimpunan Indonesia adalah menjadikan Indonesia...

Pembahasan Soal:

Perhimpunan Indonesia (PI) merupakan organisasi pergerakan nasional pertama yang menggunakan istilah "Indonesia", bahkan menjadi pelopor kemerdekaan bangsa Indonesia di kancah internasional. Perhimpunan Indonesia (PI) diprakarsai oleh Sutan Kasayangan dan R. N. Noto Suroto pada 25 Oktober 1908 di Leiden, Belanda. Perhimpunan Indonesia merupakan pelopor gerakan nasionalis Indonesia yang mengadvokasi kemerdekaan Indonesia dari Belanda. Saat Perhimpunan Indonesia kembali ke Indonesia, mereka aktif dalam studi dan akhirnya di partai politik untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan tujuan utamanya adalah merdeka dengan pemerintahan sendiri. Pada 1923, Perhimpunan Indonesia mengeluarkan Deklarasi Perhimpunan Indonesia yang dimuat dalam majalah Hindia Putra. Dalam deklarasi tersebut memakai kata “Bangsa Indonesia” yang menunjukkan cita-cita Perhimpunan Indonesia akan sebuah negara baru yang merdeka. Pada 1925 deklarasi tersebut berkembang menjadi manifesto politik. Karena menyakini hanya kemerdekaan yang dapat mengembalikan harga diri bangsa Indonesia.undefined

Dengan demikian, maka tujuan Perhimpunan Indonesia (PI) adalah merdeka dengan pemerintahan sendiri.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

 

0

Roboguru

Artikel karya Suwardi Suryaningrat yang mengkritik pemerintah Belanda dalam mengadakan peringatan kemerdekaan negaranya minta bantuan daerah jajahan disebut ...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1913, pemerintah kolonial Belanda merayakan seratus tahun pembebasan Belanda atas Napoleon Bonaparte dari Prancis. Perayaan emas itu rencananya diadakan besar-besaran di segala penjuru negara koloninya, termasuk Hindia Belanda. Hal ini tentu saja menjadi ironi di Hindia Belanda, sebab negeri itu masih belum terbebas dari jerat koloni Belanda sendiri.

Dengan nada sarkastis, Suwardi menulis artikel berjudul “Als ik een Nederlander was” pada surat kabar De Express. Judul artikel ini berarti "Andai Aku Seorang Belanda" yang  menyindir kepada pemerintah kolonial Belanda. Tulisan Suwardi ini dimuat De Express pada 13 Juli 1913 dan lantas menjadi tamparan keras bagi pemerintah kolonial Belanda.

Dengan demikian, artikel karya Suwardi Suryaningrat yang mengkritik pemerintah Belanda dalam mengadakan peringatan kemerdekaan negaranya yang meminta bantuan daerah jajahan berjudul "Als i keen Nederlander was".

0

Roboguru

Indische Partij adalah organisasi pergerakan nasional yang didirikan olch tiga tokoh yang dikenal dengan sebutan tiga serangkai, yaitu Douwes Dekker, Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat. Orga...

Pembahasan Soal:

Indische Partij menunjukkan garis politik secara jelas dan tegas serta menginginkan suatu kesatuan penduduk yang multirasial. Hal ini disebabkan karena  Indische Partij bertujuan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hal itu kemudian dilakukan dengan cara menuntut persamaan hak dalam berbangsa. Oleh karena itu usaha-usaha yang dilakukan oleh Indische Partij meliputi memberantas kesombongan sosial dalam pergaulan, baik dalam bidang pemerintahan maupun kemasyarakatan  dan kedua adalah untuk memberantas berbagai usaha yang mengakibatkan kebencian antaragama. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Berikut tiga organisasi wanita yang bergabung dengan organisasi pergerakan nasional adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia pertama. Kongres tersebut diprakarsai oleh berbagai organisasi wanita seperti: Wanita Utomo, Putri Indonesia, Wanita Katolik, Wanita Mulya, Aisyiah, SI, JIB, dan Taman Siswa bagian wanita. Tujuan kongres adalah mempersatukan cita-cita dan usaha untuk memajukan wanita Indonesia, dan juga mengadakan gabungan antara berbagai perkumpulan wanita yang ada. Dalam kongres itu diambil keputusan untuk mendirikan gabungan perkumpulam wanita yang disebut Perikatan Perempuan Indonesia (PPI) dengan tujuan: (a) memberi penerangan dann perantaraan kepada kaum perempuan, akan mendirikan studie fond untuk anak-anak perempuan yang tidak mampu; (b) mengadakan kursus-kursus kesehatan; (c) menentang perkawinan anak-anak; (d) memajukan kepanduan untuk organisasi-organisasi wanita tersebut di atas, pada umumnya tidak mencampuri urusan politik dan berjuang dengan haluan kooperatif.

Dengan demikian, tiga organisasi wanita yang bergabung dengan organisasi pergerakan nasional adalah Wanita Utomo, Putri Indonesia, Wanita Katolik, Wanita Mulya, Aisyiah, SI, JIB, dan Taman Siswa bagian wanita.

0

Roboguru

Petisi Sutarjo yang berisi usulan kepada pemerintah Belanda untuk mengadakan konferensi yang membahas tentang status politik Hindia-Belanda ditandatangani, kecuali oleh ... di Indonesia.

Pembahasan Soal:

Petisi Soetardjo merupakan petisi yang dimunculkan oleh Soetardjo Kartohadikusumo pada 15 Juli 1936. Dalam petisinya, Soetardjo menuntut kepada pemerintah kolonial Belanda agar diselenggarakan musyawarah antara wakil-wakil Indonesia dan Belanda untuk merencanakan suatu perubahan dalam waktu 10 tahun mendatang. Perubahan yang dimaksud adalah pemberian status otonomi kepada rakyat Indonesia meski tetap berada dalam lingkungan Kerajaan Belanda. Petisi ini ditandatangani oleh sejumlah tokoh, seperti Sayyid Ismail Alatas, I. J. Kasimo, G. S. S. J. Ratulangi, dan Datoek Tumenggung.

Dengan demikian, penandatangan Petisi Soetardjo adalah Sayyid Ismail Alatas, I. J. Kasimo, G. S. S. J. Ratulangi, dan Datoek Tumenggung.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved