Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa golongan pedagang memiliki ruang gerak sosial yg lebih luas dalam mengembangkan kesadaran nasional ...

Mengapa golongan pedagang memiliki ruang gerak sosial yg lebih luas dalam mengembangkan kesadaran nasional ...

  1. ...

  2. ...

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

seiring berjalannya waktu keanggotaannyapun menjadi semakin banyak dan meluas.

 seiring berjalannya waktu keanggotaannyapun menjadi semakin banyak dan meluas. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Jadi, alasan golongan pedagang memiliki ruang gerak sosial yang lebih luas adalah karena kaum pedagang menjadi kalangan yang paling terdampak dalam kebijakan kolonial, kemudian mereka bersatu karena memiliki tujuan yang sama dan saling membantu tanpa terbatas daerah mana saja yang dapat tergabung dan saling membantu tanpa dibatasi golongan dan daerah. Dalam perjalanan pergerakan nasional kaum pedagang menjadi awal dari gerakan Sarekat Islam yaitu Sarekat Dagang Islam. Sarekat Dagang Islam lahir dengan tujuan untuk meruntuhkan dominasi pedagang Tionghoa yang lebih maju usahanya dan memiliki hak dan status yang lebih tinggi kepada golongan Timur Asing atau Tionghoa diatas kalangan Pribumi.Kebijakan yang sengaja diciptakan oleh pemerintah Hindia-Belanda. Haltersebut kemudian menimbulkan perubahan sosial karena timbulnya kesadaran di antara kaum pribumi. Kemudian terjadi perubahan dari SDI menjadi SI yang semakin merambah ke bidang politik yang akan semakin memperluas pergerakan organisasi ini. Hal membuat ruang gerak sosialnyalebih luas karena memiliki tujuan untuk membangun persaudaraan, persahabatan dan tolong-menolong di antara muslim dan mengembangkan perekonomian rakyat. Keanggotaan SI juga terbuka untuk semua lapisan masyarakat muslim,tidak membatasi keanggotaannya hanya untuk masyarakat Jawadan Madurasaja. Sehinggaseiring berjalannya waktu keanggotaannyapun menjadi semakin banyak dan meluas.

Jadi, alasan golongan pedagang memiliki ruang gerak sosial yang lebih luas adalah karena kaum pedagang menjadi kalangan yang paling terdampak dalam kebijakan kolonial, kemudian mereka bersatu karena memiliki tujuan yang sama dan saling membantu tanpa terbatas daerah mana saja yang dapat tergabung dan saling membantu tanpa dibatasi golongan dan daerah. 

Dalam perjalanan pergerakan nasional kaum pedagang menjadi awal dari gerakan Sarekat Islam yaitu Sarekat Dagang Islam. Sarekat Dagang Islam lahir dengan tujuan untuk meruntuhkan dominasi pedagang Tionghoa yang lebih maju usahanya dan memiliki hak dan status yang lebih tinggi kepada golongan Timur Asing atau Tionghoa diatas kalangan Pribumi.  Kebijakan yang sengaja diciptakan oleh pemerintah Hindia-Belanda. Hal tersebut kemudian menimbulkan perubahan sosial karena timbulnya kesadaran di antara kaum pribumi. 

Kemudian terjadi perubahan dari SDI menjadi SI yang semakin merambah ke bidang politik yang akan semakin memperluas pergerakan organisasi ini. Hal membuat ruang gerak sosialnya lebih luas karena memiliki tujuan untuk membangun persaudaraan, persahabatan dan tolong-menolong di antara muslim dan mengembangkan perekonomian rakyat. Keanggotaan SI juga terbuka untuk semua lapisan masyarakat muslim, tidak membatasi keanggotaannya hanya untuk masyarakat Jawa dan Madura saja. Sehingga seiring berjalannya waktu keanggotaannyapun menjadi semakin banyak dan meluas. 

Latihan Bab

Respons Bangsa Indonesia di Bidang Ekonomi

Respons Bangsa Indonesia di Bidang Politik

Respons Bangsa Indonesia di Bidang Sosial Budaya

Respons Bangsa Indonesia di Bidang Pendidikan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

127

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut ini ! Sarekat Islam berlandaskan agama Islam dalam menjalankan AD/ART organisasi tujuan utama terbentuknya Sarekat Islam adalah untuk membantu para pedagang bati...

137

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia