Roboguru

Manusia purba sudah mampu melebur bijih besi menjadi peralatan kebutuhan sehari-hari meskipun masih kasar. Hal ini terjadi pada zaman.

Pertanyaan

Manusia purba sudah mampu melebur bijih besi menjadi peralatan kebutuhan sehari-hari meskipun masih kasar. Hal ini terjadi pada zaman.

Pembahasan Soal:

Zaman besi merupakan periode di mana manusia sudah mampu mengolah bijih besi dan mencetaknya menjadi alat-alat kebutuhan sehari-hari serta persenjataan untuk berburu dan bertahan hidup. Zaman besi di setiap wilayah berkembang pada masa yang berbeda. Di Yunani terjadi pada 12 SM, Timur Tengah 11 SM, India 8 SM, Eropa bagian Tengah 6 SM, dan Eropa bagian Utara 3 SM. Hal ini terjadi karena pengolahan besi jauh lebih sulit dari perunggu. Bijih besi diolah dengan melelehkan serta mencetaknya sesuai kebutuhan. Keahlian mengolah logam berupa besi ini sering dimasukkan ke Masa Perundagian.
Pada zaman ini pula mulai terjadi perkembangan, di mana manusia mulai hidup secara berkelompok yang lebih besar dan menetap. Manusia telah berfikir untuk memilih seorang pemimpin dalam kelompoknya untuk diikuti. Pemimpin ini dipilih berdasarkan prinsip Primus Interpares atau pertama dari yang setara dan dianggap paling bijak atau paling kuat. Pemimpin menjadi penanda mulai dikenalnya pembagian kerja dalam masyarakat. Pada masa ini telah muncul kelompok-kelompok kecil yang ditugaskan untuk mengembangkan teknik pengolahan logam. Di Indonesia hasil kebudayaan zaman besi dapat ditemukan di Gunung Kidul (Yogyakarta), Bogor (Jawa Barat), Besuki dan Punung (Jawa Timur).

Dengan demikian, manusia purba yang sudah mampu melebur bijih besi menjadi peralatan kebutuhan sehari-hari meski masih kasar terjadi pada Masa Perundagian, zaman besi.
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. Nikmah

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 28 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan pengertian zaman logam!

Pembahasan Soal:

Zaman logam merupakan suatu periode dimana manusia praaksara telah mengenal logam dan memanfaatkannya sebagai bahan untuk membuat alat-alat dan perkakas yang dibutuhkannya.

 

Dengan demikan, zaman logam adalah sebuah masa dimana manusia mulai membuat dan mengunakan alat-alat dari logam.

0

Roboguru

Zaman besi dimulai setelah zaman perunggu berlangsung, tepatnya ketika manusia purba telah…

Pembahasan Soal:

Setelah berhasil mengolah alat berbahan perunggu, manusia purba kemudian memiliki metode untuk mengolah alat berbahan besi. Dengan demikian akhirnya dimulailah zaman besi ya guys. Zaman besi merupakan zaman dimana manusia telah mampu membuat peralatan dari besi yang lebih sempurna daripada tembaga maupun perunggu. Pada zaman besi, manusia telah memiliki metode yang lebih baik dalam mengolah logam. Pembuatan alat berbahan besi sendiri dilakukan dengan cara meleburkan besi dari bijihnya, lalu menuangkan cairan besi tersebut ke dalam cetakan. Adapun hasil peninggalan dari zaman besi yang sudah ditemukan di Indonesia antara lain berupa mata kapak, mata sabit, mata pisau, mata pedang, dan cangkul. Mata kapak digunakan untuk membelah kayu sedangkan mata sabit digunakan untuk menyabit tumbuh – tumbuhan

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan bangunan-bangunan yang diyakini memiliki kekuatan ghaib dari orang-orang yang sudah meninggal dunia?

Pembahasan Soal:

Sistem kepercayaan masyarakat sudah ada sejak zaman prasejarah. Hal tersebut ditandai dengan pemujaan arwah atau roh nenek moyang. Pemujaan tersebut dilakukan dengan ritual kepercayaan serta memberikan sesajen untuk para roh nenek moyang. Kepercayaan terhadap roh nenek moyang disebut dengan animisme. Selain itu, juga terdapat sistem kepercayaan terhadap benda yang dianggap memiliki kekuatan magis, seperti batu, pohon, dan senjata. Kepercayaan ini disebut dengan dinamisme. Para manusia pada zaman prasejarah menyakini bahwa roh leluhur bersemayam dalam benda-benda atau bangunan yang tinggi, maka dari itu pada zaman megalitik didirikan tugu batu tinggi yang bernama menhir.

Dengan demikian, bangunan-bangunan yang diyakini memiliki kekuatan ghaib dari orang-orang yang sudah meninggal dunia adalah pohon-pohon, batu, serta senjata.

0

Roboguru

Langkah pertama yang dilakukan keluarga dalam mewariskan masa lalunya adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada masa Praaksara, masyarakat telah hidup dan berkembang sedemikian rupa. Masyarakat telah hidup secara berkelompok, membentuk pola sosial dan menghasilkan kebudayaan baik kebudayaan material maupun non material. Secara turun-temurun nenek moyang bangsa Indonesia telah mewariskan budayanya ke pada generasi selanjutnya. Terdapat berbagai cara yang dilakukan masyarakat pada masa lampau untuk mewariskan masa lalunya, salah satunya adalah melalui keluarga. Keluarga merupakan lingkup sosial terkecil, tetapi paling kental dalam hidup kebersamaan. Nilai-nilai dan tatanan kehidupan dibina terus melalui keluarga. Hal-hal yang terus dibina mengenai cara membuat alat kebudayaan, bahasa, sampai upacara-upacara yang kemudian dilestarikan secara turun-temurun. Pewarisan yang dilakukan memalui keluarga juga dapat dilakukan secara langsung melalui lisan dimana diberitahukan mengenai tradisi ataupun adat istiadat yang belaku. Kemudian dapat dilakukan juga secara tidak langsung atau melalui contoh dalam hal perilaku sehari-hari, yaitu sopan santun.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

https://idsejarah.net/2017/04/zaman-neolithikum-zaman-batu-muda.html Bahan yang digunakan untuk membuat kapak pada gambar di atas adalah batu kali yang berwarna kehitaman. Kapak yang kecil disebut .....

Pembahasan Soal:

Kapak lonjong merupakan salah satu hasil kebudayaan zaman Neolitikum. Bahan yang digunakan untuk membuat kapak lonjong adalah batu kali yang berwarna kehitaman. Ada dua macam kapak lonjong, pertama kapak lonjong yang berukuran besar yang disebut dengan walzenbeil, yang banyak ditemukan di Irian, dan yang kedua adalah kapak berukuran kecil yang disebut dengan kleinbeil yang banyak ditemukan di Kepulauan Tanimbar dan Seram. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved