Roboguru

Manakah kutipan berikut ini yang merupakan kalimat perintah ....

Pertanyaan

Manakah kutipan berikut ini yang merupakan kalimat perintah ....space 

  1. 1 dan 2space 

  2. 3 dan 4space 

  3. 4 dan 5space 

  4. 3 dan 5space 

  5. 1 dan 3space 

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Kegiatan ceramah dilakukan dengan berbagai tujuan, antara lain untuk siar agama, sosialisasi program, menyampaikan apresiasi, dan sebagai metode mengajar. Teks ceramah memiliki ciri kebahasaan atau fitur bahasa yang membedakannya dengan jenis teks yang lain. Salah satu ciri kebahasaan teks ceramah adalah adanya kalimat perintah atau imperatif.

Kalimat perintah atau imperatif merupakan kalimat yang digunakan untuk menyatakaan permintaan atau perintah. Kalimat ini ditandai dengan adanya tanda seru (!) atau kata-kata berupa ajakan dan larangan, seperti ayo, marilah, jangan, jauhi. Misalnya, Ayo bergerak bersama!

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kutipan pada teks di atas yang merupakan kalimat perintah terdapat pada kalimat 1 dan 3, yaitu pada kalimat Siaplah, keadaan genting! dan Jangan mulai menembak.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Materi inti pada teks ceramah tersebut memuat kalimat imperatif....

Pembahasan Soal:

Teks ceramah merupakan teks pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Struktur pembukaan ceramah terdiri atas tiga bagian, yaitu.

1. Pembukaan

    Pembukaan berisi salam pembuka, sapaan, menanyakan keadaan, ucapan syukur, ucapan terima kasih atas kesempatan penceramah berbicara kepada pendengar, dan harapan.

2. Isi

  • Pengantar materi, yaitu pengantar menuju materi ceramah berisi penyampaian judul ceramah, tema materi yang akan dibahas, dan pentingnya materi tersebut. Penceramah juga dapat menyampaikan metode ceramah, kapan pendenga rboleh mengajukan pertanyaan, dan bagaimana prosedur penyampaian pertanyaan.
  • Materi inti, yaitu berisi penyampaian isi materi ceramah dengan uraian secara lengkap dan jelas.

3. Penutup

    Penutup ceramah biasanya berisi simpulan, ucapan terima kasih, permohdnan maaf kepada pendengar, dan salam penutup. Simpulan ceramah berisi ringkasan atau garis besar isi ceramah yang disampaikan agar pendengar memperoleh pemahaman tentang materi ceramah tersebut.

Salah satu kaidah bahasa yang terkandung dalam teks ceramah adalah kalimat imperatif. Uraian isi ceramah biasanya mengandung kalimat yang berisi perintah, larangan, permintaan, ajakan, dan. harapan. Kalimat-kalimat tersebut dapat digolongkan dalam kalimat imperatif. Kalimat imperatif adalah kalimat yang bertujuan memberikan perintah kepada seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan sesuatu. Kalimat imperatif disebut juga kalimat perintah. Kalimat imperatif diakhiri tanda seru. Kalimat imperatif biasanya diucapkan dengan nada tinggi.

Berdasarkan fungsiya, kalimat imperatif terbagi atas beberapa jenis, yaitu:

  1. Permintaan
  2. Ajakan
  3. Isyarat
  4. Tuntutan
  5. Sindiran
  6. Larangan
  7. Saran

Materi inti pada teks ceramah tersebut memuat kalimat imperatif saran, seperti dalam kalimat perbanyaklah olahraga, Jagalah kebersihan mulut dengan perbanyak minum air putih untuk memancing produksi air liur yang banyak.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

0

Roboguru

Kalimat yang tepat untuk menyilakan pembicara adalah ....

Pembahasan Soal:

Kalimat efektif adalah kalimat yang menunjukkan bahwa proses penyampaian dan penerimaannya berlangsung dengan sempurna. Tujuan kalimat itu agar isi atau maksud yang disampaikan pembicara atau penulis tergambar dengan lengkap.

Kalimat dikatakan efektif jika penerima pesan berhasil menyampaikan pesan, gagasan, perasaan, maupun pemberitahuan sesuai dengan maksud pengirim pesan.

Salah satu ciri kalimat efektif adalah logis. Kelogisan kalimat berarti kalimat tersebut dapat diterima akal sehat dan sesuai dengan ejaan yang berlaku. 

Kalimat yang logis untuk mempersilakan adalah Tiba saatnya kita akan mendengarkan penjelasan tentang AIDS yang akan disampaikan oleh dokter kepala Puskesmas. Bapak Dokter, kami persilakan. Kalimat yang lain tidak logis karena waktu dan tempat tidak bisa dipersilakan. Kalimat untuk mempersingkat waktu bukan kalimat logis.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Kalimat imperatif dalam teks ceramah tersebut terdapat pada kalimat...

Pembahasan Soal:

Teks ceramah merupakan teks pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Uraian isi ceramah biasanya mengandung kalimat-kalimat persuasif, imperatif, maupun deklaratif. Kalimat imperatif adalah kalimat yang bertujuan memberikan perintah, permintaan, pelarangan, atau mengharuskan pelaksanaan suatu perbuatan. Kalimat imperatif disebut juga kalimat perintah. Ciri-ciri kalimat imperatif, di antaranya adalah diakhiri tanda seru, menggunakan partikel -lah, serta menggunakan kata larangan. 

Kalimat imperatif dalam teks ceramah tersebut terdapat pada kalimat "Marilah kita bekerja sama dengan Pemerintah dengan tidak hidup konsumtif, menghindari gengsi, dari rajin menabung". Termasuk ke dalam kalimat imperatif ajakan karena kalimat perintahnya didahului oleh kata permintaan, yaitu marilah. Selain itu, kalimat tersebut juga mengandung partikel -lah untuk mengajak seseorang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

0

Roboguru

Assalamualaikum warahmatullahi wabaratuh,     Salam sejahtera bagi kita semua,     Pertama, marilah bersama-sama kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt. yang telah memberikan kesehatan kepa...

Pembahasan Soal:

Kalimat imperatif merupakan salah satu kaidah kebahasaan yang ada dalam sebuah teks ceramah

Kalimat imperatif adalah kalimat yang bertujuan untuk memberikan perintah, larangan, permintaan, ajakan, dan harapan untuk melakukan sesuatu.

Pada teks ceramah tersebut terdapat beberapa kalimat imperatif, yaitu:

  1. Marilah bersama-sama kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt.
  2. Janganlah terlalu banyak bersarapan agar di sekolah kita tidak mengantuk.
  3. Jika ada pelajaran olahraga, bersemangatlah dalam mengikuti kegiatan olahraga.
  4. Ketika jam istirahat, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan atau jajanan yang bersih dan sehat.
  5. Agar kesehatan kita tetap terjaga, jangan lupa selalu menjaga kebersihan lingkungan.
  6. Mulai saat ini marilah kita bersama-sama menjaga kesehatan tubuh.
  7. Mulailah hidup sehat dengan mudah yaitu dengan menjaga pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga.undefined 

0

Roboguru

Kata imbauan untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Pidato atau ceramah persuasif adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal.

Salah satu kaidah kebahasaan yang digunakan dalam pidato atau ceramah persuasif adalah adanya penggunaan kalimat imperatif, yaitu kalimat yang berisi anjuran, imbauan, larangan, keharusan atau perintah untuk melaksanakan perbuatan dari narasumber kepada pendengar atau pembaca.

Berdasarkan penjelasan di atas, kata imbauan untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah kalimat pilihan A yang berbunyi "Marilah kita jaga lingkungan kita dengan bersikap lebih bijak dan peduli terhadap alam di sekitar kita." Sedangkan kalimat pilihan B, C, dan D berisikan sebuah kalimat saran dan larangan tidak ada penegasan.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved