Iklan

Iklan

Pertanyaan

a.

Ungaran, 20 Mei 2013

Sahabatku
Galuh Permani
Di Ungaran

Salam persahabatan,

Hai, apa kabarmu? Bagaimana keadaanmu di sana? Semoga senantiasa sehat serta bahagia. Apa kamu masih memelihara hamster? Aku sangat rindu candaanmu lho, Luh? Kamu pasti sekarang sudah tambah cantik ya, Luh?

Galuh, sahabat karibku. Sejak kita berdua terpisah karena kepindahan keluargamu, berbagai hal telah terjadi di sini di kota tempat kita menghabiskan masa kecil. Sekarang kota ini sudah jauh berbeda dari saat kita kecil dulu. Ya, kota ini berkembang pesat. Taman dan lapangan yang dulu menjadi tempat bermain teman-teman kita sekarang sudah berganti menjadi bangunan-bangunan tinggi. Gedung bertingkat yang berfungsi menjadi mal atau tempat berbelanja.

Luh, sekian dulu, ya suratku ini! Sampaikan salamku untuk ayah dan ibumu. Dan jangan lupa segera membalasnya ya. Segera kutunggu kabarmu!

Sampai jumpa
Sahabatmu,


ttd

Indah Pertiwi

(Sumber: http://www.kopi-ireng.com/2015/07/pengertian-dan-contoh-surat-pribadi.html#sthash.OLUtpDqb.dpuf dengan pengubahan)

 

b.

Lampung, 26 Agustus 2016

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-B
SMP N 1 Ruangguru - Pringsewu

Dengan hormat,

Dengan ini saya orang tua/wali murid dari:

Nama: Agung Kurniawan
Siswa: Kelas IX-B SMPN 1 Ruangguru
Alamat: Jl. Patimura No 182 Sukoharjo II

memberitahukan bahwa anak saya tersebut di atas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin 26 Agustus 2016 dikarenakan sakit influenza. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-B memberikan izin.

Demikian surat izin saya buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.


Hormat saya,

Orang tua/Wali murid,

     Avelin

(Sumber: http://www.tersenyumlah.com/2013/11/contoh-surat-izin-tidak-masuk-sekolah-yang-benar.html dengan pengubahan)space 

Manakah dari kedua surat pribadi tersebut yang bersifat kekeluargaan dan manakah yang bersifat resmi?

Manakah dari kedua surat pribadi tersebut yang bersifat kekeluargaan dan manakah yang bersifat resmi?space 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh individu atas nama pribadi yang ditujukan kepada perorangan, organisasi, atau instansi. Terdapat dua jenis surat pribadi, yaitu: Surat pribadi yang isinya bersifat kekeluargaan, persahabatan, atau perkenalan. Surat pribadi yang isinya bersifat resmi, biasanya ditujukan untuk instansi atau organisasi.Contohnya yaitusurat izin tidak masuk kelas yang disampaikan kepada wali kelas. Kedua surat di atas ditulis oleh perorangan atas nama pribadi. Oleh karena itu keduanya termasuk surat pribadi. Surat a termasuk ke dalam surat pribadi yang bersifat kekeluargaan, sedangkan surat b termasuk surat pribadi resmi. Hal ini dapat dilihat melalui beberapa aspek berikut ini: 1. Bagian alamat tujuan surat, salam pembuka, dan salam penutup Surat a ditujukan penulis untuk sahabatnya. Salam pembuka dan penutup yang digunakan terlihat lebih akrab dan non formal. Sahabatku Galuh Permani Di Ungaran (Bagian alamat yang dituju) ​​ Salam persahabatan, (salam pembuka) Sampai jumpa Sahabatmu, (salam penutup) Surat b ditujukan penulis untuk wali kelas anaknya. Salam pembuka dan penutupyang digunakan terlihat lebih formal. Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-B SMP N 1 Ruangguru- Pringsewu (Bagian alamat yang dituju) Dengan hormat, (salam pembuka) Hormat saya, (salam penutup) 2. Bagian isi surat Surat a berisi pesan yang bersifat pribadi, penulismenanyakan kabar sahabatnyadan berbagi cerita tentang perubahan kota tempat penulis dan sahabatnya tinggal dulu. Hai, apa kabarmu? Bagaimana keadaanmu di sana? Semoga senantiasa sehat serta bahagia. (Kalimat pertama paragraf pertama) Galuh, sahabat karibku. Sejak kita berdua terpisah karena kepindahan keluargamu, berbagai hal telah terjadi di sini di kota tempat kita menghabiskan masa kecil. (Kalimat pertama paragraf kedua) Surat b berisi pesan yang bersifat resmi, penulis bermaksud memohon wali kelas untuk memberikan izin ananknya yang tidak masuk kelas karena sakit influenza. memberitahukan bahwa anak saya tersebut di atas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin 26 Agustus 2016 dikarenakan sakit influenza. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-B memberikan izin. Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa surat a termasuk surat pribadi kekeluargaan, sedangkan surat b termasuk surat pribadi resmi.

Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh individu atas nama pribadi yang ditujukan kepada perorangan, organisasi, atau instansi. Terdapat dua jenis surat pribadi, yaitu:

  1. Surat pribadi yang isinya bersifat kekeluargaan, persahabatan, atau perkenalan.
  2. Surat pribadi yang isinya bersifat resmi, biasanya ditujukan untuk instansi atau organisasi. Contohnya yaitu surat izin tidak masuk kelas yang disampaikan kepada wali kelas. 

Kedua surat di atas ditulis oleh perorangan atas nama pribadi. Oleh karena itu keduanya termasuk surat pribadi. Surat a termasuk ke dalam surat pribadi yang bersifat kekeluargaan, sedangkan surat b termasuk surat pribadi resmi. Hal ini dapat dilihat melalui beberapa aspek berikut ini:

1. Bagian alamat tujuan surat, salam pembuka, dan salam penutup

Surat a ditujukan penulis untuk sahabatnya. Salam pembuka dan penutup yang digunakan terlihat lebih akrab dan non formal.

Sahabatku
Galuh Permani
Di Ungaran                 (Bagian alamat yang dituju)        ​​

Salam persahabatan,  (salam pembuka)

Sampai jumpa
Sahabatmu,                 
(salam penutup)

Surat b ditujukan penulis untuk wali kelas anaknya. Salam pembuka dan penutup yang digunakan terlihat lebih formal.

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-B
SMP N 1 Ruangguru - Pringsewu    
(Bagian alamat yang dituju)  

Dengan hormat,       (salam pembuka)

Hormat saya,            (salam penutup)

2. Bagian isi surat

Surat a berisi pesan yang bersifat pribadi, penulis menanyakan kabar sahabatnya dan berbagi cerita tentang perubahan kota tempat penulis dan sahabatnya tinggal dulu.

Hai, apa kabarmu? Bagaimana keadaanmu di sana? Semoga senantiasa sehat serta bahagia. (Kalimat pertama paragraf pertama)

Galuh, sahabat karibku. Sejak kita berdua terpisah karena kepindahan keluargamu, berbagai hal telah terjadi di sini di kota tempat kita menghabiskan masa kecil. (Kalimat pertama paragraf kedua)

Surat b berisi pesan yang bersifat resmi, penulis bermaksud memohon wali kelas untuk memberikan izin ananknya yang tidak masuk kelas karena sakit influenza. 

memberitahukan bahwa anak saya tersebut di atas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin 26 Agustus 2016 dikarenakan sakit influenza. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-B memberikan izin.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa surat a termasuk surat pribadi kekeluargaan, sedangkan surat b termasuk surat pribadi resmi.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah persamaan dan perbedaan surat pribadi dan surat dinas?

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia