Iklan

Iklan

Pertanyaan

Baca dan pelajari empat surat berikut ini!


Surat a

 

BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI

PERWAKILAN PROVINSI RIAU

Jalan Jenderal Sudirman No. 721, Pekanbaru-Riau Telp. (0761)856464


 

Nomor  : 10/PKRD/PAN/10/2015                                                                               Pekanbaru, 30 Oktober 2015

Lampiran: -

Perihal : Pengumuman Pemenang

 

Kegiatan              : Program peningkatan sarana dan Prasarana Aparatur Negara

Pekerjaan           : Pengadaan Peralatan Kantor dan Rumah Dinas BPK RI kantor Perwakilan Kalimantan                                      Selatan

Tempat                : BPK RI Perwakilan Provinsi RIAU Tahun Anggaran 2015

Dengan ini diberitahukan bahwa setelah diadakan penelitian oleh Panitia Pengadaan Barang/Jasa dan Pejabat Pembuat Komitmen Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Negara BPK RI Perwakilan Provinsi Riau Tahun Anggaran 2015, maka sesuai Penetapan Pemenang Nomor : 01/PKRD/PPK/ PSPAN/10/2015 tanggal 30 Oktober 2015 telah ditetapkan Pemenang tersebut adalah:

Nama Perusahaan           : CV RIAU SEJAHTERA

Alamat                                  : Jln. Sudirman No.153 Pekan baru

NPWP                                   : 02 .883 .042 .0-641.000

                                               Harga Borongan: Rp.170.9000.000,00

                                        (Seratus Tujuh Puluh Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah)

Demikian disampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

 

 

 

 

 

 

 

Surat b

Semarang, 10 Mei 2015

Kepada Yth;

Kepala Personalia

PT. Best Media

Jl. Pramuka no.56

Semarang 50132

 

Dengan hormat,

Saya adalah mahasiswa jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sekolah Tinggi Ilmu Elektronika dan Komputer Semarang yang telah lulus, dan akan diwisuda untuk menerima gelar Sarjana Komputer pada bulan Desember 2013.

Pada tahun-tahun terakhir perkuliahan, saya bekerja paruh waktu di Lembaga Pendidikan Komputer Alfabank, sebagai instruktur kursus manajemen komputer. Untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan, saya juga mengikuti kursus dalam bidang desain grafts dan database. Dengan latar belakang pendidikan, pengetahuan dan keterampilan tersebut, saya yakin akan dapat memberikan kontribusi yang bernilai untuk perusahaan Bapak.

Terlampir adalah daftar riwayat hidup saya, yang memuat rincian pengalaman dan kursus-kursus yang telah saya ikuti . Saya berharap bahwa kualifikasi saya mendapat perhatian dari Bapak, dan sebuah kesempatan interview akan diberikan kepada saya.

Terima kasih atas perhatiannya

Hormat saya,

 

Putri Handoyo

 

Surat c

 

Medan, 25 April 2015

Anton Supendi di Bandung

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabarmu di sana Kak? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah kabar kami sekeluarga di sini baik dan sehat semua, cuma ada satu yang kurang, kehadiranmu di sini sangat kami harapkan Kak. Keluarga di sini kangen berat sama kakak. Terlebih si Irfan yang selalu nanyain kapan kakak pulang. Pesan dia kalau kakak pulang jangan lupa oleh -oleh nya . Hehe.

Isan ada kabar baik ni Kak, dalam seleksi penerimaan CPNS kemarin, Isan lulus dalam tahap awalnya kak, doain ya semoga tahap berikutnya bisa lulus lagi dengan hasil yang memuaskan. Kalau Isan lulus, Isan akan segera menyusul kakak disana. Hehe.

Oya, bapak sama Ibu nitip pesan, sholat lima waktu dan ngajinya jangan ditinggal, istirahat yang cukup, makan teratur dan jangan keluar malam kalo tidak terlalu penting. Ini saja dulu ya kak, dibales surat ini kak, kalo tidak isan ngambeuk. hoho. Jaga diri baik-baik ya kak. Kami sekeluarga bangga sama Kakak.

Adikmu ternakal,

 

        Togar

 

Surat d

SMP Ruangguru

Jl. Pertiwi No. 95 Medan

No. Telp. (061) 7382 218


Medan, 11 September 2014

No                          : 002/SMP Ruangguru/09/2014

Lampiran             : -

Perihal                  : Undangan

 

Yth. Orang tua / Wali Murid

Kelas VII SMP Ruangguru

Medan

Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa siswi SMP Ruangguru khususnya kelas VII, maka melalui surat ini kami selaku badan pendidikan sekolah bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi di luar sekolah.

Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada :

Hari/Tanggal      : Senin, 20 September 2014

Pukul                     : 08.00 s.d. 13 .00 WIB

Tempat                : Medan

Acara                     : Penelitian Flora Langka

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah

SMP Ruangguru

 

Thomas Hutauruk, SPd.

Berdasarkan hasil analisis isi keempat surat, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan teman sebangkumu!space 

Apakah persamaan dan perbedaan surat pribadi kekeluargaan dan surat pribadi resmi?

Apakah persamaan dan perbedaan surat pribadi kekeluargaan dan surat pribadi resmi?space 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa persamaan surat pribadi kekeluargaan dan surat pribadi resmi terletak pada penulisnya, yaitu sama-sama perorangan yang mengatasnamakan pribadi. Adapun perbedaanya terletak pada gaya penulisan, struktur, serta tujuan surat.

dapat disimpulkan bahwa persamaan surat pribadi kekeluargaan dan surat pribadi resmi terletak pada penulisnya, yaitu sama-sama perorangan yang mengatasnamakan pribadi. Adapun perbedaanya terletak pada gaya penulisan, struktur, serta tujuan surat.space 

Iklan

Pembahasan

Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh individu atas nama pribadi yang ditujukan kepada perorangan, organisasi, atau instansi. Terdapat dua jenis surat pribadi, yaitu: Surat pribadi yang isinya bersifat kekeluargaan, persahabatan, atau perkenalan. Surat pribadi yang isinya bersifat resmi, biasanya ditujukan untuk instansi atau organisasi.Contohnya yaitusurat izin tidak masuk kelas yang disampaikan kepada wali kelas. Dari empat surat di atas yang merupakan surat pribadi yaitu surat b dan c .Berdasarkan kedua surat, dapat diketahui bahwa perbedaan dan persamaan surat pribadi kekeluargaan dan surat pribadi resmi adalah sebagai berikut: Persamaan: Surat pribadi kekeluargaan dan surat pribadi resmi sama-sama ditulis oleh individu atas nama pribadi. Surat a ditulis oleh Putri Handoyo, sedangkan surat b ditulis oleh Togar. Perbedaan: Surat pribadi kekeluargaan menggunakan gaya penulisan non-formal dan cenderung lebih akrab. Surat jenis ini biasanya ditujukan untuk perseorangan atau pun keluarga dan sering kali jauh dari hal-hal terkait instansi. Surat pribadi resmi menggunakan gaya penulisan resmi dan formal. Strukturnya cenderung mirip dengan surat dinas, perbedaannya terdapat pada kop surat. Surat pribadi jenis ini sering kaliditujukan kepada instansi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa persamaan surat pribadi kekeluargaan dan surat pribadi resmi terletak pada penulisnya, yaitu sama-sama perorangan yang mengatasnamakan pribadi. Adapun perbedaanya terletak pada gaya penulisan, struktur, serta tujuan surat.

Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh individu atas nama pribadi yang ditujukan kepada perorangan, organisasi, atau instansi. Terdapat dua jenis surat pribadi, yaitu:

  1. Surat pribadi yang isinya bersifat kekeluargaan, persahabatan, atau perkenalan.
  2. Surat pribadi yang isinya bersifat resmi, biasanya ditujukan untuk instansi atau organisasi. Contohnya yaitu surat izin tidak masuk kelas yang disampaikan kepada wali kelas. 

Dari empat surat di atas yang merupakan surat pribadi yaitu surat b dan c. Berdasarkan kedua surat, dapat diketahui bahwa perbedaan dan persamaan surat pribadi kekeluargaan dan surat pribadi resmi adalah sebagai berikut: 

Persamaan:

Surat pribadi kekeluargaan dan surat pribadi resmi sama-sama ditulis oleh individu atas nama pribadi. Surat a ditulis oleh Putri Handoyo, sedangkan surat b ditulis oleh Togar.

Perbedaan: 

Surat pribadi kekeluargaan menggunakan gaya penulisan non-formal dan cenderung lebih akrab. Surat jenis ini biasanya ditujukan untuk perseorangan atau pun keluarga dan sering kali jauh dari hal-hal terkait instansi.

Surat pribadi resmi menggunakan gaya penulisan resmi dan formal. Strukturnya cenderung mirip dengan surat dinas, perbedaannya terdapat pada kop surat. Surat pribadi jenis ini sering kali ditujukan kepada instansi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa persamaan surat pribadi kekeluargaan dan surat pribadi resmi terletak pada penulisnya, yaitu sama-sama perorangan yang mengatasnamakan pribadi. Adapun perbedaanya terletak pada gaya penulisan, struktur, serta tujuan surat.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa surat permohonan izin tersebut berbentuk surat dinas? Bukan surat pribadi?

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia