Iklan

Iklan

Pertanyaan

Manakah dari grafik berikut yang menunjukkan pengaruh suhu terhadap kecepatan reaksi yang dibantu enzim? Ket : Sumbu X = Kecepatan reaksi Sumbu Y = Temperatur

Manakah dari grafik berikut yang menunjukkan pengaruh suhu terhadap kecepatan reaksi yang dibantu enzim?

Ket : Sumbu X = Kecepatan reaksi
         Sumbu Y = Temperaturspace 

  1. space 

  2. space 

  3. space 

  4. space 

  5. space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat yaitu C.

jawaban yang tepat yaitu C.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Enzim merupakan senyawa protein sehingga tidak tahan panas. Setiap jenis enzim hanya bekerja pada zat tertentu saja (bersifat spesifik). Faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim, yaitu: Suhu . Kerja enzim semakin meningkat seiring dengan kenaikan suhu hingga batas tertentu . Setelah itu, enzim mengalami penurunan kinerja. Suhu pada saat kerja enzim optimal disebut suhu optimum . Hal tersebut sesuai dengan grafik pada pilihan C, karena kerja enzim meningkat seiring dengan kenaikan suhu. pH . Setiap enzim bekerja ada kondisi pH yang sangat spesifik. Misalnya, enzim pepsin dalam lambung bekerja efektif pada pH asam, namun akan inaktif pada kondisi pH yang tidak sesuai. Konsentrasi enzim dan konsentrasi substrat . Makin besar jumlah enzim, makin cepat reaksinya. Setelah mencapai "jenuh", peningkatan konsentrasi enzim tidak memengaruhi kecepatan reaksi. Penambahan konsentrasi substrat saat keadaan lainnya tetap, juga akan meningkatkan kecepatan reaksi sampai suatu batasmaksimum. Zat penghambat (inhibitor). Inhibitor dibedakan menjadi inhibitor kompetitif dan nonkompetitif. Inhibitor kompetitif akan bersaing dengan substrat untuk bergabung dengan enzim sehingga kerja enzim terganggu. Inhibitor nonkompetitif tidak akan bersaing dengan substrat karena memiliki sisi ikatan yang berbeda. Dengan demikian, jawaban yang tepat yaitu C.

Enzim merupakan senyawa protein sehingga tidak tahan panas. Setiap jenis enzim hanya bekerja pada zat tertentu saja (bersifat spesifik). Faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim, yaitu:

  • Suhu. Kerja enzim semakin meningkat seiring dengan kenaikan suhu hingga batas tertentu. Setelah itu, enzim mengalami penurunan kinerja. Suhu pada saat kerja enzim optimal disebut suhu optimum. Hal tersebut sesuai dengan grafik pada pilihan C, karena kerja enzim meningkat seiring dengan kenaikan suhu.
  • pH. Setiap enzim bekerja ada kondisi pH yang sangat spesifik. Misalnya, enzim pepsin dalam lambung bekerja efektif pada pH asam, namun akan inaktif pada kondisi pH yang tidak sesuai.
  • Konsentrasi enzim dan konsentrasi substrat. Makin besar jumlah enzim, makin cepat reaksinya. Setelah mencapai "jenuh", peningkatan konsentrasi enzim tidak memengaruhi kecepatan reaksi. Penambahan konsentrasi substrat saat keadaan lainnya tetap, juga akan meningkatkan kecepatan reaksi sampai suatu batas maksimum.
  • Zat penghambat (inhibitor). Inhibitor dibedakan menjadi inhibitor kompetitif dan nonkompetitif. Inhibitor kompetitif akan bersaing dengan substrat untuk bergabung dengan enzim sehingga kerja enzim terganggu. Inhibitor nonkompetitif tidak akan bersaing dengan substrat karena memiliki sisi ikatan yang berbeda.space 

Dengan demikian, jawaban yang tepat yaitu C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Michael Gabriel

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

perhatikan grafik berikut! Pernyataan yang sesuai dengan grafik tersebut adalah ...

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia