Roboguru

Suhu dan derajat keasaman (pH) sangat mempengaruhi kerja suatu enzim. Di bawah ini grafik hubungan aktivitas enzim dan pH yang benar adalah ....

Pertanyaan

Suhu dan derajat keasaman (pH) sangat mempengaruhi kerja suatu enzim. Di bawah ini grafik hubungan aktivitas enzim dan pH yang benar adalah ....

Pembahasan Soal:

Enzim merupakan protein fungsional yang berperan mempercepat reaksi kimia di dalam tubuh tanpa ikut bereaksi. Dalam aktivitasnya, enzim bekerja secara spesifik pada beberapa hal misalnya :

  1. Bekerja hanya pada substrat spesifik yang sesuai dengan sisi aktifnya, Agar reaksi berjalan optimum, maka perbandingan jumlah antara enzim dan substrat harus sesuai. Jika enzim terlalu sedikit dan substrat terlalu banyak, reaksi akan berjalan lambat dan bahkan ada substrat yang tak terkatalisasi. Semakin banyak enzim, reaksi akan semakin cepat.
  2. Bekerja pada temperatur tertentu. Temperatur yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan denaturasi enzim sedangkan temperatur yang terlalu rendah dapat menghambat kerja enzim. Pada umumnya, enzim dapat bekerja secara optimum pada temperatur. 30-40°C.
  3. Bekerja pada kondisi pH tertentu. Perubahan pH dapat mempengaruhi perubahan sisi aktif enzim sehingga menghalangi bergabungnya  sisi aktif dengan substratnya. Setiap enzim memiliki karakteristik sendiri sehingga kondisi pH optimum pada masing-masing enzim juga berbeda, namun pada umumnya enzim dapat beraktivitas secara optimum pada ph 6-8. semakin rendah atau tinggi maka aktivitas enzim tersebut akan menurun secara perlahan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved