Roboguru

Malaka jatuh ke tangan Portugis pada tahun....

Pertanyaan

Malaka jatuh ke tangan Portugis pada tahun....

  1. 1511

  2. 1522

  3. 1530

  4. 1533

  5. 1535

Pembahasan Soal:

Masa kejayaan Malaka langsung sirna sejak pasukan Portugis menyerang Malaka pada tahun 1511. Portugis yang dipimpin langsung oleh Alfonso de Albuquerque, dengan mudah mengalahkan pertahanan Malaka.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Malaka jatuh ke tangan Portugis pada tahun ...

Pembahasan Soal:

Sejarah kedatangan bangsa Portugis ke wilayah Nusantara, pada umumnya dimaksudkan untuk mencari pulau baru sebagai penghasil rempah-rempah. Adapun hal yang menyebabkan Portugis melakukan pelayaran samudera untuk menemukan pulau baru penghasil rempah, salah satunya adalah runtuhnya kekuasaan Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani pada tahun 1453. Ketika Konstantinopel jatuh ke tangan Turki, perdagangan Eropa di kawasan Laut Tengah menjadi terhambat, harga rempah menjadi mahal, sehingga orang-orang Eropa memutuskan untuk mencari sendiri sumber penghasil rempah, termasuk salah satunya Portugis.
Kedatangan Portugis ke Nusantara diawali pada pertengahan tahun 1511, sebanyak 18 kapal dan awak kapal mencapai 1.200 orang di bawah pimpinan Alfonso Albuquerque, tiba di Selat Malaka. Kesultanan Malaka dalam melihat dominasi dan keinginan Portugis untuk memonopoli perdagangan, tentu menimbulkan perlawanan. Akan tetapi, pada tahun tersebut, Kesultanan Malaka sedang dilanda konflik internal, yakni perseteruan antara Sultan Mahmud Syah dan putranya, Ahmad Syah, sehingga dalam pertempuran yang terjadi untuk menghalau dominasi Portugis kandas pada 24 Agustus 1511. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah A.

0

Roboguru

Jatuhnya Malaka ketangan Portugis dianggap merupakan ancaman bagi eksitensi Demak baik secara politik maupun ekonomi. Oleh karena itu pada tahun 1512 Demak berusaha untuk mengusir Portugis dari Malaka...

Pembahasan Soal:

Dikuasainya Malaka pada tahun 1511 oleh orang-orang Portugis merupakan ancaman tersendiri bagi Kerajaan Demak. Pada tahun 1512, Kerajaan Demak di bawah pimpinan Pati Unus (Pangeran Sabrang Lor) dengan bantuan Kerajaan Aceh menyerang Portugis di Malaka. Namun, serbuan Demak tersebut mengalami kegagalan. Penyerangan dilakukan sekali lagi bersama Aceh dan Kerajaan Johor, tetapi tetap berhasil dipatahkan oleh Portugis.

Jadi, Kerajaan Demak menyerang Portugis di Malaka dipimpin oleh Pangeran Pati Unus.

0

Roboguru

Salah satu faktor pendorong pelabuhan Aceh menjadi pusat perdagangan yang ramai dan kuat adalah...

Pembahasan Soal:

Kesultanan Aceh kemudian berkembang menjadi kesultanan maritim yang besar di Sumatra. Hal ini disebabkan karena jatuhnya Malaka ke tangan Portugis pada tahun 1511. Keadaan ini mendorong para pedagang muslim meninggalkan wilayah Malaka dan mengalihkan perdagangan mereka ke pelabuhan Aceh. Lambat laun Aceh berkembang menjadi kesultanan yang besar karena kemampuan militer dan ekonominya yang kuat.

1

Roboguru

Pada saat Malaka jatuh ke tangan Portugis, banyak pedagang tidak mau lagi singgah ke Pelabuhan Malaka. Alasan utamanya, para pedagang ini ....

Pembahasan Soal:

Setelah Portugis menaklukan Malaka pada 1511, mereka melakukan praktik monopoli terhadap komoditas yang lahir saat itu. Dengan adanya monopoli Portugis di Malaka membuat para pedagang Asia, khususnya pedagang Islam merasa tidak nyaman. Mereka kemudian mencari jalan alternatif untuk mencari tempat-tempat atau pelabuhan lain yang dapat memenuhi kebutuhan dagangannya. Para pedagang melakukan hal tersebut karena Malaka sendiri bukan tempat tumbuhnya rempah-rempah melainkan pusat perdagangan atau emporium.

Karena jalur perdagangan beralih, maka tumbuh pusat-pusat perdagangan baru di beberapa daerah, yaitu Aceh, Banten, Semarang, Jepara, dan Surabaya.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perjuangan rakyat Johor yang dipimpin oleh Alauddin Ri'ayat Syah II merupakan perlawanan untuk melawan penjajah...

Pembahasan Soal:

Ditaklukkannya Malaka oleh Portugis pada 1511, dan usaha Portugis selanjutnya untuk menguasai lalu lintas di selat tersebut, mendorong para pedagang untuk mengambil jalur alternatif, dengan melintasi Semenanjung atau pantai barat Sumatra ke Selat Sunda. Pergeseran ini melahirkan pelabuhan perantara yang baru, seperti Aceh, Patani, Pahang, Johor, Banten, Makassar dan lain sebagainya. Adanya penaklukkan ini berpengaruh pula pada Kesultanan Malaka saat itu. Sultan Melaka yang saat itu  digulingkan oleh Portugis akhirnya mendirikan Kesultanan Johor lama yang terkadang juga disebut Kesultanan Johor-Riau di paruh pertama abad ke-16, yang kemudian memerintah bersama dengan para ahli warisnya. Di antara kerajaan-kerajaan serta para penguasa Melayu, Johor merupakan salah satu dari kekuatan politik atau negara yang bersaing ketat untuk memantapkan perannya sebagai ahli waris Melaka; demikian pula ketika kawasan tersebut mulai dikuasai oleh kekuatan kolonial Eropa. Demi mengembalikan marwah Kesultanan ini yang telah direbut oleh Portugis maka pada masa kepemimpinan Alauddin Ri'ayat Syah II mereka hendak menyerang kembali Portugis. 


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah Portugis. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved