Roboguru

Pertanyaan

Ketika Malaka menolak berdagang dengan Portugis, lalu Portugis menyerang Malaka terjadi pada tahun ...

  1. Tahun 1509

  2. Tahun 1512

  3. Tahun 1511

  4. Tahun 1510

  5. Tahun 1515

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Alfonso d'Albuquerque adalah Gubernur koloni Portugis di Goa, India. Albuquerque memerintah dari Goa setelah menaklukkannya dari Kesultanan Bijapur pada tahun 1510. Goa menjadi basis kekuasaan Portugis di Indoa setelah sebelumnya berlokasi di benteng di kota Kannur di India Selatan. Dari Goa, Albuquerque mengirim 18 kapal, 900 serdadu Portugis dan 200 tentara bayaran untuk menyerang Malaka. Saat itu, Malaka adalah ibukota dari Kesultanan Malaka dan merupakan pusat perdagangan utama di Asia tenggara. Lokasi Malaka sangat strategis, di pesisir Selat Malaka. Selat Malaka adalah jalur perdagangan antara India, Cina, dan Maluku sehingga Malaka menjadi pelabuhan internasional yang ramai dan kota ini penjadi pusat perdagangan yang sangat penting serta kaya. Tujuan Albuquerque dalam menaklukkan Malaka adalah untuk menguasai perdagangan rempah-rempah yang saat itu merupakan komoditas yang sangat berharga.

Pada tanggal 15 Agustus 1511, Portugis mendarat dan menyerang Malaka. Sultan Malaka, Sultan Mahmud Shah, berusaha melawan namun, Portugis memiliki keunggulan berupa meriam yang lebih modern dan tentara yang dipersenjatai baju pelindung dari baja. Dengan keunggulan ini, Portugis dapat mengalahkan tentara Malaka dan menaklukkan kota itu. Sultan Mahmud Shah lalu mengungsi ke hutan dan mengundurkan diri sebagai sultan sehingga digantikan oleh anaknya, yaitu Sultan Ahmad Shah. Setelah menaklukkan Malaka, Albuquerque mengirim ekspedisi ke Maluku dipimpin oleh António de Abreu dan Francisco Serrão. Ekspedisi ini menjadi ekspedisi Eropa pertama yang berhasil menjangkau Maluku, pusat produksi rempah-rempah di dunia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

2rb+

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Jatuhnya Malaka ketangan Portugis dianggap merupakan ancaman bagi eksitensi Demak baik secara politik maupun ekonomi. Oleh karena itu pada tahun 1512 Demak berusaha untuk mengusir Portugis dari Malaka...

7rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia