Roboguru

Malaka dikuasai oleh Portugis pada tahun berapa dan siapa tokoh pemimpinnya?

Pertanyaan

Malaka dikuasai oleh Portugis pada tahun berapa dan siapa tokoh pemimpinnya?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Ekspedisi Alfonso de Albuquerque pertama kali dilakukan pada tahun 1503. Setelah kembali ke Portugis, pada Februari 1511 Alfonso mendapat kabar adanya penangkapan seorang Portugis di Malaka. Alfonso ditugasi untuk melepaskan tawanan tersebut. Pada bulan April 1511, setelah memperkuat kedudukan di Goa, Alfonso membuat pasukan perang untuk menyerang Malaka. Pasukan ini terdiri dari 900 tentara Portugis dan 200 tentara bayaran dari India. Malaka berhasil ditaklukan pada tahun 1511 diikuti Maluku satu tahun setelahnya.

Dengan demikian, jswabannya adalah Alfonso de Albuquerque pada tahun 1511.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini bangsa Eropa yang pertama kali masuk ke Indonesia adalah....

Pembahasan Soal:

Portugis dan Spanyol dapat dikatakan sebagai pelopor petualangan, pelayaran dan penjelajahan samudra untuk menemukan dunia baru di timur. Portugis juga telah menjadi pembuka jalan menemukan Kepulauan Nusantara sebagai daerah penghasil rempah-rempah. Bangsa Portugis menjadi bangsa pertama yang masuk ke Nusantara di bawah Afonso de Albuquerque. Dalam periode tahun 1511-1526, Nusantara menjadi pelabuhan maritim penting bagi bangsa Portugis, dengan Sumatra, Jawa, Banda dan Maluku sebagai rutem maritim perdagangan rempah-rempah. Afonso melakukan ekspedisi ke Nusantara tidak lama setelah diangkat sebegai gubernur Portugis di India, sebelumnya bangsa Portugis sudah menguasai India dan mendirikan pemerintah disana. Sasaran pertama ekspedia militernya adalah Malaka yang pada 10 Agustus 1511 berhasil Portugis taklukkan. Sejak saat itu bangsa Portugis menguasai sepenuhnya perdagangan rempah-rempah dari Asia ke Eropa. Selanjutnya mereka melakukan ekspedisi ke Maluku pada tahun 1512. Ekspedisi ini di pimpin oleh utusan Afonso yang bernama Antonio de Abreu dan Fransisco Serrao. Mereka membuang sauh di Kepulauan Banda, Kepulauan Penyu dan Ternate. Di Ambon, bangsa Portugis diberi izin untuk mendirikan benteng di Pikaoli. 


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah B.

1

Roboguru

Bangsa Portugis yang memimpin penaklukan Malaka pada tahun 1511 adalah ....

Pembahasan Soal:

Portugis menyerang Malaka pada tahun 1511. Portugis yang dipimpin langsung oleh Alfonso de Albuquerque, dengan mudah mengalahkan pertahanan Malaka. Portugis segera membangun benteng pertahanan. Salah satu benteng peninggalan Portugis yang masih tersisa hingga kini adalah Benteng Alfamosa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Setelah menyadari bahwa India bukanlah wilayah penghasil rempah-rempah maka diutuslah Alfonso de Albuquerque untuk melakukan pelayaran ke Malaka. Kelompok pelayaran ini sampai di Malaka pada tahun ….

Pembahasan Soal:

Alfonso de Albuquerque memimpin pelayaran ke Malaka yang merupakan daerah penghasil rempah-rempah dan berhasil mendarat di Malaka tahun 1511. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Malaka merupakan wilayah pertama yang berhasil ditaklukan Bangsa Portugis yang terjadi pada tahun ....

Pembahasan Soal:

Wilayah pertama yang berhasil ditaklukan oleh bangsa Portugis di Nusantara adalah Malaka. Wilayah ini sebenarnya berada di antara Semenanjung Melayu dan Pulau Sumatera. Portugis berhasil menaklukan Malaka pada tahun 1511 M.

Jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Portugis mengirim armada kapalnya untuk mencari rempah-rempah hingga mencapai Malaka yang dipimpin oleh....

Pembahasan Soal:

Bangsa Portugis adalah bangsa pelopor pendorong penjelajahan samudra. Bangsa Portugis mengirim armada kapalnya untuk mencari rempah-rempah yang sangat mahal di pasaran Eropa. Pada tahun 1511, armada Portugis yang dipimpin Alfonso de Albuquerque berhasil sampai di Malaka, di tahun yang sama Portugis berhasil menaklukkan Malaka. Wilayah Kesultanan Malaka pada masa itu terkenal sebagai pelabuhan yang ramai dengan komoditas yang paling diminati yaitu rempah-rempah.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved