Iklan

Iklan

Pertanyaan

Maka Khoja Bakti Jamal pun masuk ke dalam lubang itu, dilihatnya di dalam hubang itu ada sesuatu pintu. Di sebalik pintu itu ada sebuah bilik yang diikat dengan batu. Di dalam bilik itu dilihatnya sesuatu dengan pembendaharaan berisi empat puluh buah tempayan berisi emas itu. Setelah Khoja Bakti Jamal melihat emas itu terlalu banyak, maka ia pun berfikir di dalam hatinya. "Adapunakan harta ini harta baithul mal, apa gunanya; baiklah aku memberi tahu sahabatku Alkhis Mentri, supaya harta ini dibagikan kepada segala fakir miskin." ( Hikayat Amir Hamzah ) Nilai moral dari kutipan hikayat tersebut adalah ...

Maka Khoja Bakti Jamal pun masuk ke dalam lubang itu, dilihatnya di dalam hubang itu ada sesuatu pintu. Di sebalik pintu itu ada sebuah bilik yang diikat dengan batu. Di dalam bilik itu dilihatnya sesuatu dengan pembendaharaan berisi empat puluh buah tempayan berisi emas itu.

Setelah Khoja Bakti Jamal melihat emas itu terlalu banyak, maka ia pun berfikir di dalam hatinya. "Adapun akan harta ini harta baithul mal, apa gunanya; baiklah aku memberi tahu sahabatku Alkhis Mentri, supaya harta ini dibagikan kepada segala fakir miskin."

(Hikayat Amir Hamzah)

Nilai moral dari kutipan hikayat tersebut adalah ...

  1. Memberikan harta temuan kepada yang berhak

  2. Harta teman merupakan milik sendiri

  3. Menjaga harta temuan dari dalam lubang

  4. Karun orang yang sangat kaya-raya

  5. Harta Baithulmal tak dapat digunakan

Iklan

H. Utami

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Nilai moral dari kutipan hikayat tersebut dapat dilihat dalam kalimat "Adapunakan harta ini harta baithul mal, apa gunanya; baiklah aku memberi tahu sahabatku Alkhis Mentri, supaya harta ini dibagikan kepada segala fakir miskin." Khoja Bakti Jamal berniat untuk membagi-bagikan harta tersebut kepada segala kafir miskin. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Nilai moral dari kutipan hikayat tersebut dapat dilihat dalam kalimat "Adapun akan harta ini harta baithul mal, apa gunanya; baiklah aku memberi tahu sahabatku Alkhis Mentri, supaya harta ini dibagikan kepada segala fakir miskin." Khoja Bakti Jamal berniat untuk membagi-bagikan harta tersebut kepada segala kafir miskin. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

71

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Nilai yang berkaitan dengan kemanusiaan adalah ….

1

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia