Roboguru

Macam-macam manusia purba di indonesia?

Pertanyaan

Macam-macam manusia purba di indonesia?

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang cocok untuk kehidupan. Dengan berbagai sumber daya alam yang dimiliki dan sumber air tawar yang melimpah menjadikan Indonesia sebagai tempat yang diminati beragam spesies makhluk hidup. Beberapa penemuan manusia purba juga ditemukan di Indonesia yakni sebagai berikut.

  1. Meganthropus Paleojavanicus, artinya manusia besar tertua dari Jawa. Ini diambil dari kata Mega yang artinya besar, Anthropus yang artinya manusia, Paleo yang artinya tua, dan Javanicus yang artinya Jawa. Dinamakann Javanicus karena ditemukan di Sangiran, Jawa Tengah oleh G. H. R. von Koenigswald pada tahun 1936-1941.
  2. Pithecanthropus Mojokertensis, artinya manusia kera dari Mojokerto. Ini diambil dari kata Pithecos yang artinya kera dan Anthropus yang artinya manusia. Karena ditemukannya di Mojokerto, Jawa Timur, sehingga dimakan Mojokertensis. Tinggi manusia purba jenis ini sekitar 165 - 180 meter. Fosil manusia purba ini ditemukan oleh von Koenigswald, pada tahun 1936.
  3. Pithecanthropus Erectus, yang artinya manusia kera berbadan tegak. Ini diambil dari kata Erectus yang artinya tegak. Manusia purba jenis ini ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1891, di Lembah Bengawan Solo, Jawa Tengah.
  4. Pithecanthropus Soloensis  ditemukan oleh von Koenigswald pada tahun 1931 di Desa Ngandong, Jawa Tengah. Kata Soloensis berarti Solo, sehingga jika diartikan, Pithecanthropus Soloensis adalah manusia kera berbadan tegak dari Solo.
  5. Homo Wajakensis artinya manusia dari Wajak. Ini karena fosilnya ditemukan di Desa Wajak, Jawa Timur oleh van Rietschoten pada tahun 1889. Fosil Homo Wajakensis ini merupakan fosil pertama yang ditemukan di daerah Asia.
  6. Homo Floresiensis yang artinya manusia dari Flores. Ini karena fosilnya ditemukan di Pulau Flores, Nusa Tenggara oleh Peter Brown pada tahun 2002. Penemuannya sempat menjadi perbincangan para ahli karena keberadaanya bisa menjadi pertanda bahwa manusia ini merupakan nenek moyang orang Indonesia. Namun, beberapa ahli menyebut fosil ini sebagai manusia “Hobbit”, karena tingginya hanya sekitar 1 meter.
  7. Homo Soloensis, yang artinya manusia dari Solo. Fosil ini ditemukan oleh von Koenigswald  pada tahun 1931 di Sangiran, Jawa Tengah. 
  8. Homo Sapiens, yang artinya manusia cerdas atau bijaksana. Berasal dari kata Sapiens yang artinya bijaksana. Fosil Homo Sapiens ini ditemukan oleh von Koenigswald  pada tahun 1931 sampai 1934.

Dengan demikian, ada tiga macam manusia purba yang ditemukan di Indonesia yakni jenis Megantropus (manusia besar), Pitekantropus (manusia kera), dan Homo (manusia) yang terdiri dari Meganthropus Paleojavanicus, Pithecanthropus Mojokertensis, Pithecanthropus Erectus, Pithecanthropus Soloensis, Homo Wajakensis, Homo Floresiensis, Homo Soloensis, Homo Sapiens.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved