Roboguru

Macam barang yang akan diekspor oleh suatu negara ditentukan oleh....

Pertanyaan

Macam barang yang akan diekspor oleh suatu negara ditentukan oleh....space space 

  1. tingkat upah dan besar kurs valutaspace space 

  2. tingkat upah dan keunggulan komparatif dalam produksi barang tersebutspace space 

  3. besarnya kurs valuta dan keunggulan komparatif dalam produksi barang tersebutspace space 

  4. biaya produksi barang tersebutspace space 

Pembahasan Soal:

Barang ekspor yang dijual oleh negara ditentukan berdasarkan tingkat upah dan keunggulan komparatif dalam produksi barang. Apabila suatu negara mengeluarkan tingkat upah yang lebih rendah untuk menghasilkan barang dalam jumlah yang banyak maka negara akan memutuskan untuk menjual barang tersebut. Kemampuan negara dalam memproduksi jenis barang dalam jumlah yang banyak dibandingkan negara lain juga menjadi penentu jenis barang yang akan diekspor.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Tri

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatihkan tabel produksi berikut ini dengan cermat!   (CONTOH PENERAPAN TEORI KEUNGGULAN COMPARATIF DAVID RICARDO NEGARAPRODUKSI BERASPRODUKSI TEXTIL A 80 KG 120 M B 60 KG 80 M Hitunglah spesia...

Pembahasan Soal:

Teori keunggulan komparatif adalah teori yang dikemukakan oleh David Ricardo. Dalam teori ini barang yang memiliki nilai kegunaan pasti juga memiliki nilai penukaran. Dengan kata lain, negara yang unggul dalam jumlah produksi barang, belum tentu unggul dalam hal lainnya seperti biaya.

Pada soal di atas, negara A memiliki keunggulan mutlak dalam hal produksi beras dan tekstil sehingga negara A tidak perlu melakukan perdagangan internasional dengan negara B. Sedangkan menggunakan teori keunggulan komparatif, negara A masih bisa melakukan perdagangan internasional dengan negara B meskipun negara A memiliki spesialiasi dalam hal produksi beras dan tekstil.

Untuk tabel perhitungan keunggulan komparatifnya adalah:



Dari tabel di atas terlihat bahwa negara A unggul dalam produksi beras dibandingkan negara B. Sedangkan negara B unggul dalam produksi tekstil dibandingkan dengan negara A. Dengan demikian negara A memiliki spesialisasi dalam produksi beras. Sedangkan negara B memiliki spesialisasi dalam produksi tekstil. space

0

Roboguru

Peluang produk masyarakat Indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh ....

Pembahasan Soal:

Peluang produk masyarakat Indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh keunggulan komparatif utama Indonesia yaitu komoditas yang berkaitan dengan sumber daya alam, seperti produk pertanian, pertambangan dan perkebunan. space 

 

1

Roboguru

Teori keuntungan komparatif dikemukakan David Ricardo dituangkan dalam buku berjudul.…

Pembahasan Soal:

Teori keuntungan komparatif atau dikenal juga dengan teori biaya komparatif dikemukakan David Ricardo dalam buku The Principle of Economics. Ricardo melihat beberapa kelemahan dalam teori keuntungan mutlak. Pertama, teori keuntungan mutlak tidak memperhitungkan kemungkinan suatu negara tidak mendapatkan keuntungan mutlak sama sekali, akibatnya teori tersebut tidak menjelaskan berapa dasar tukar yang terjadi jika negara tersebut melakukan perdagangan. Kedua, perbedaan fungsi produksi pada tenaga kerja menimbulkan perbedaan produktivitas ataupun perbedaan efisiensi dan harga diantara negara-negara yang melakukan perdagangan internasional. Ketiga, perdagangan internasional tidak bisa dilakukan jika efisiensi kedua negara sama.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space  

0

Roboguru

Mengapa teori keunggulan komparatif David Ricardo dianggap sebagai pelengkap teori keunggulan mutlak? Berilah penjelasan!

Pembahasan Soal:

Teori keunggulan komparatif menjadi pelengkap bagi teori keunggulan mutlak. Teori ini menjelaskan bahwa negara yang memiliki biaya peluang rendah dalam memproduksi suatu barang bisa melakukan perdagangan dengan negara yang memiliki biaya peluang lebih besar. Walaupun hanya satu saja negara yg memiliki keunggulan mutlak, kedua negara tetap dapat melakukan perdagangan. Kedua negara justru akan mendapatkan keuntungan saat ada perdagangan dibandingkan tidak melakukan perdagangan.

Contoh penerapan teori keunggulan mutlak antara Indonesia dan India dalam memproduksi sandal dan sepatu berdasarkan dua teori tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Berdasarkan teori keunggulan mutlak, Indonesia memiliki keunggulan mutlak dalam memproduksi baik sepatu maupun sandal karena jumlah produksi/jam lebih tinggi daripada India.
  2. Berdasarkan teori keunggulan komparatif, belum tentu Indonesia unggul dalam produksi kedua barang tersebut karena harus dihitung dulu biaya peluangnya. Perhitungannya sebagai berikut:

    Dimana dengan memproduksi 1 sandal Indonesia mengorbankan 1 halfsepatu sedangkan India mengorbankan 4 over 5sepatu. Sementara dengan memproduksi 1 sepatu Indonesia mengorbankan 2 sandal sedangkan India mengorbankan 1,25 sandal . Dengan demikian Indonesia akan unggul kalau memproduksi sandal dan India akan unggul kalau memproduksi sepatu.

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan keunggulan komparatif?

Pembahasan Soal:

Keunggulan komparatif adalah salah satu teori dalam perdagangan internasional yang menyatakan bahwa barang yang memiliki nilai kegunaan pasti juga memiliki nilai penukaran. Dalam teori ini, penukaran barang berlaku selama barang yang ditukar masih dapat digunakan. Teori ini dicetuskan oleh David Ricardo.

Teori keunggulan komparatif ini juga menyatakan bahwa keunggulan komparatif dapat diciptakan oleh suatu negara melalui kerja keras dalam melakukan penguasaan teknologi Melalui perdagangan bebas, maka negara yang memanfaatkan teknologi akan lebih diuntungkan dalam persaingan mancanegara dibandingkan dengan negara yang hanya mengandalkan sumber daya alam saja.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved