Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berdasarkan tabel tersebut, apabila mengacu pada pernyataaan teori keunggulan komparatif, agar kedua negara tetap dapat saling berdagang, maka: Carilah komoditas produk yang dapat diperdagangkan oleh masing-masing negara jika masing-masing negara fokus pada peluang biaya yang paling rendah!

Berdasarkan tabel tersebut, apabila mengacu pada pernyataaan teori keunggulan komparatif, agar kedua negara tetap dapat saling berdagang, maka:

Carilah komoditas produk yang dapat diperdagangkan oleh masing-masing negara jika masing-masing negara fokus pada peluang biaya yang paling rendah! 

  1. .... undefined

  2. .... undefined

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Diketahui: Ditanyakan: Carilah komoditas produk yang dapat diperdagangkan oleh masing-masing negara jika masing-masing negara fokus pada peluang biaya yang paling rendah! Jawab: Indonesia memiliki keunggulan absolut kain dan sepatu karena menghasilkan unit kain dan sepatu yang lebih banyak dibandingkan dengan Malaysia. Per jam, Indonesia menghasilkan 60 m kain dan 30 pasangsepatu. Sedangkan, dalamwaktu yang sama, Malaysia memproduksi 20 mkain dan 20 pasangsepatu. Maka, dihitung biaya peluang: Harga kain di Malaysia lebih murah sebab harga relatif terhadap sepatu lebih murah (1 sepatu). Sedangkan Indonesia harga 1 pasang sepatu lebih murah dibanding Malaysia (0,5 m kain). Maka, Indonesia memiliki keuanggulan dalam produksi sepatu dan Malaysia dalam produksi kain.

Diketahui:

Ditanyakan: 

Carilah komoditas produk yang dapat diperdagangkan oleh masing-masing negara jika masing-masing negara fokus pada peluang biaya yang paling rendah! undefined

Jawab:

Indonesia memiliki keunggulan absolut kain dan sepatu karena menghasilkan unit kain dan sepatu yang lebih banyak dibandingkan dengan Malaysia. Per jam, Indonesia menghasilkan 60 m kain dan 30 pasang sepatu. Sedangkan, dalam waktu yang sama, Malaysia memproduksi 20 m kain dan 20 pasang sepatu.

Maka, dihitung biaya peluang:

begin mathsize 14px style Indonesia 1 space kain equals 60 over 30 equals 2 space sepatu space Malaysia 1 space kain equals 20 over 20 equals 1 space sepatu Indonesia 1 space sepatu equals 30 over 60 equals 0 comma 5 space kain Malaysia 1 space sepatu equals 20 over 20 equals 1 space kain end style  

Harga kain di Malaysia lebih murah sebab harga relatif terhadap sepatu lebih murah (1 sepatu). Sedangkan Indonesia harga 1 pasang sepatu lebih murah dibanding Malaysia (0,5 m kain). 

Maka, Indonesia memiliki keuanggulan dalam produksi sepatu dan Malaysia dalam produksi kain. undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

67

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan bagaimana cara perdagangan antar Indonesia dan Jepang!

2

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia