Pertanyaan

lstri Budiman kemudian membuka dompetnya lalu menyodorkan selembar uang kertas berjumlah seribu rupiah. Wanita pengemis itu lalu menerimanya. Tatkala tahu jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan, ia lalu menguncupkan jari-jarinya mengarah ke mulutnya Kemudian, pengemis itu memegang kepala anaknya dan sekali lagi ia mengarahkan jari-jari yang terkuncup itu ke mulutnya, seolah ia ingin berkata, "Aku dan anakku ini sudah berhari-hari tidak makan, tolong beri kami tambahan sedekah untuk bisa membeli makanan!" Perasaan yang muncul setelah membaca cuplikan itu adalah ....

lstri Budiman kemudian membuka dompetnya lalu menyodorkan selembar uang kertas berjumlah seribu rupiah. Wanita pengemis itu lalu menerimanya. Tatkala tahu jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan, ia lalu menguncupkan jari-jarinya mengarah ke mulutnya Kemudian, pengemis itu memegang kepala anaknya dan sekali lagi ia mengarahkan jari-jari yang terkuncup itu ke mulutnya, seolah ia ingin berkata, "Aku dan anakku ini sudah berhari-hari tidak makan, tolong beri kami tambahan sedekah untuk bisa membeli makanan!"


Perasaan yang muncul setelah membaca cuplikan itu adalah ....

  1. kesalundefined 

  2. kecewaundefined 

  3. marahundefined 

  4. ibaundefined 

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.

jawaban yang tepat adalah pilihan D.space

Pembahasan

Perasaan adalah keadaan yang bisa dirasakan dalam diri seseorang. Perasaan tertentu dapat muncul setelah membaca suatu teks. Perasaan tersebut muncul karena kita bisa menempatkan diri kita dalam cerita tersebut. Berdasarkan soal, teks tersebut berisi tentang istri Budiman yang memberikan uang seribu rupiah kepada wanita pengemis. Wanita pengemis itu menguncupkan jari-jarinya mengarah ke mulutnya dan memegang kepala anaknya sambil berkata bahwa dia dan anaknya tidak makan berhari-hari. Wanita itu meminta tambahan sedekah untuk bisa membeli makanan. Setelah dibaca dengan cermat, muncullah perasaan kasihan atau iba kepada pengemis itu karena terlihat belum makan berhari-hari . Pilihan A, B, dan C tidak tepat karena kita tidak semestinya marah, kecewa, atau kesal ketika melihat pengemis yang kelaparan. Dengan demikian, perasaan yang muncul setelah membaca cuplikan itu adalah iba . Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Perasaan adalah keadaan yang bisa dirasakan dalam diri seseorang. Perasaan tertentu dapat muncul setelah membaca suatu teks. Perasaan tersebut muncul karena kita bisa menempatkan diri kita dalam cerita tersebut.
Berdasarkan soal, teks tersebut berisi tentang istri Budiman yang memberikan uang seribu rupiah kepada wanita pengemis. Wanita pengemis itu menguncupkan jari-jarinya mengarah ke mulutnya dan memegang kepala anaknya sambil berkata bahwa dia dan anaknya tidak makan berhari-hari. Wanita itu meminta tambahan sedekah untuk bisa membeli makanan. Setelah dibaca dengan cermat, muncullah perasaan kasihan atau iba kepada pengemis itu karena terlihat belum makan berhari-hari. Pilihan A, B, dan C tidak tepat karena kita tidak semestinya marah, kecewa, atau kesal ketika melihat pengemis yang kelaparan.
Dengan demikian, perasaan yang muncul setelah membaca cuplikan itu adalah iba.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space

1rb+

4.7 (4 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Keistimewaan tokoh tersebut adalah....

793

4.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia