Pertanyaan

lsilah dengan tepat bagian rumpang dalam kalimat berikut dengan memilih kata yang tersedia. Tulisan berupa ... (karya ilmiah, naskah akademik, artikel) disajikan secara formal dalam sebuahforum keilmuan atau media ilmiah.

lsilah dengan tepat bagian rumpang dalam kalimat berikut dengan memilih kata yang tersedia.


Tulisan berupa ... (karya ilmiah, naskah akademik, artikel) disajikan secara formal dalam sebuah forum keilmuan atau media ilmiah.space

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut lebih tepat diisi dengan kata "artikel ilmiah".

bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut lebih tepat diisi dengan kata "artikel ilmiah". 

Pembahasan

Karya Tulis Ilmiah adalah hasil penelitian dan pengembangan, tinjauan, ulasan, kajian, atau pemikiran oleh perseorangan atau kelompok yang disajikan dalam bentuk tertulis dan disusun secara sistematis serta berlandaskan kaidah ilmiah. Naskah Akademik adalah naskah hasil penelitian atau pengkajian hukum dan hasil penelitian lainnya terhadap suatu masalah tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah mengenai pengaturan masalah tersebut dalam suatu Rancangan Peraturan Daerah sebagai solusi terhadap permasalahan dan kebutuhan hukum masyarakat. Artikel ilmiah merupakan sebuah karangan faktual atau nonfiksi tentang suatu permasalahan yang dimuat di jurnal, majalah, atau buletin dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta, guna meyakinkan, mendidik, dan menawarkan solusi dari suatu permasalahan. Ketiga jenis tulisan tersebut merupakan jenis tulisan ilmiah atau non fiksi. Namun terdapat beberapa perbedaan di antaranya ketiganya. Perbedaan tersebut adalah: Karya Ilmiah biasanya ditulis untuk suatu hal yang sifatnya lebih pribadi, seperti perlombaan maupun kebutuhan akademik, jarang yang dipublikasikan. Naskah akademik biasanya berisi mengenai pengkajian hukum tetapi tujuan utamanya bukan untuk dipublikasikan dalam media ilmiah. Artikelilmiah biasanya dibuat memang untuk dipublikasikan dalam media ilmiah berupa jurnal. Berdasarkan penjelasan di atas, tulisan yang disajikan secara formal dalam sebuah forum keilmuan atau media ilmiah adalah artikel ilmiah. Dengan demikian, bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut lebih tepat diisi dengan kata "artikel ilmiah".

Karya Tulis Ilmiah adalah hasil penelitian dan pengembangan, tinjauan, ulasan, kajian, atau pemikiran oleh perseorangan atau kelompok yang disajikan dalam bentuk tertulis dan disusun secara sistematis serta berlandaskan kaidah ilmiah.

Naskah Akademik adalah naskah hasil penelitian atau pengkajian hukum dan hasil penelitian lainnya terhadap suatu masalah tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah mengenai pengaturan masalah tersebut dalam suatu Rancangan Peraturan Daerah sebagai solusi terhadap permasalahan dan kebutuhan hukum masyarakat.

Artikel ilmiah merupakan sebuah karangan faktual atau nonfiksi tentang suatu permasalahan yang dimuat di jurnal, majalah, atau buletin dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta, guna meyakinkan, mendidik, dan menawarkan solusi dari suatu permasalahan.

Ketiga jenis tulisan tersebut merupakan jenis tulisan ilmiah atau non fiksi. Namun terdapat beberapa perbedaan di antaranya ketiganya. Perbedaan tersebut adalah:

  • Karya Ilmiah biasanya ditulis untuk suatu hal yang sifatnya lebih pribadi, seperti perlombaan maupun kebutuhan akademik, jarang yang dipublikasikan.
  • Naskah akademik biasanya berisi mengenai pengkajian hukum tetapi tujuan utamanya bukan untuk dipublikasikan dalam media ilmiah.
  • Artikel ilmiah biasanya dibuat memang untuk dipublikasikan dalam media ilmiah berupa jurnal.

Berdasarkan penjelasan di atas, tulisan yang disajikan secara formal dalam sebuah forum keilmuan atau media ilmiah adalah artikel ilmiah.

Dengan demikian, bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut lebih tepat diisi dengan kata "artikel ilmiah". 

97

Iklan

Pertanyaan serupa

Karya ilmiah yang menggunakan bahasa santai dan umumnya dijumpai di media massa termasuk karya ilmiah dengan bentuk....

15rb+

4.1

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia