Iklan

Iklan

Pertanyaan

lsi tulisan Suwardi Suryaningrat, pemimpin lndische Partij yang berjudul Als Ik Een Nederlander Was adalah ...

lsi tulisan Suwardi Suryaningrat, pemimpin lndische Partij yang berjudul Als Ik Een Nederlander Was adalah ... 

  1. Setuju dengan sikap pemerintah kolonial Belanda yang mengajak bangsa Indonesia memperingati 100 tahun kemerdekaan Kerajaan Belanda dari penjajahan Spanyol.

  2. Tidak setuju dengan kebijakan organisasiorganisasi politik yang mau duduk dalam Volksraad.

  3. Tidak setuju dengan kebijakan politik asimilasi yang diterapkan oleh pemerintah kolonial Belanda.

  4. Menganggap ironis tindakan pemerintah kolonial Belanda yang mengajak bangsa Indonesia sebagai bangsa terjajah untuk memperingati kemerdekaan negeri penjajahnya.

  5. Mengajak semua organisasi politik pada masa pergerakan untuk melawan pemerintah kolonial Belanda dengan kekerasan.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah D. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Suwardi Suryaningrat (yang kemudian dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara) adalah salah satu tokoh Indische Partij (IP) atau Partai Hindia bersama dengan Tjipto Mangoenkoesoemo dan Ernest François Eugène (E.F.E.) Douwes Dekker (yang kemudian dikenal dengan nama Danudirja Setiabudi). Ketiganya disebut dengan Tiga Serangkai. Sebagai jurnalis dan penulis ulung, Ki Hajar Dewantara menulis esai berjudul “ Als ik een Nederlander was …” ("Seandainya saya seorang Belanda…."). Isinya berupa sindiran terhadap ketidakadilan di daerah jajahan. Di dalamnya, Ki Hajar Dewantara menulis tentang bagaimana pemerintah Belanda meminta sumbangan kepada bangsa jajahannya Indonesia untuk merayakan peringatan 100 tahun kemerdekaan Belanda dari penjajahan Prancis.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah D.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Suwardi Suryaningrat (yang kemudian dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara) adalah salah satu tokoh Indische Partij (IP) atau Partai Hindia bersama dengan Tjipto Mangoenkoesoemo dan Ernest François Eugène (E.F.E.) Douwes Dekker (yang kemudian dikenal dengan nama Danudirja Setiabudi). Ketiganya disebut dengan Tiga Serangkai. Sebagai jurnalis dan penulis ulung, Ki Hajar Dewantara menulis esai berjudul “Als ik een Nederlander was…” ("Seandainya saya seorang Belanda…."). Isinya berupa sindiran terhadap ketidakadilan di daerah jajahan. Di dalamnya, Ki Hajar Dewantara menulis tentang bagaimana pemerintah Belanda meminta sumbangan kepada bangsa jajahannya Indonesia untuk merayakan peringatan 100 tahun kemerdekaan Belanda dari penjajahan Prancis.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

57

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Artikel yang ditulis oleh Suwardi Suryaningrat di surat kabar De Express yang menyinggung pemerintah Belanda berkaitan dengan pelaksanaan HUT 100 tahun pembebasan Belanda dari Prancis berjudul ...

190

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia