Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lokomotif dengan kecepatan 30 m/s bergerak saling menjauhi dengan sepeda motor yang kecepatannya 15 m/s. Angin bertiup searah gerak sepeda motor dengan kecepatan 5 m/s. Cepat rambat bunyi di udara saat itu 340 m/s. Jika lokomotif membunyikanpeluit dengan frekuensi 1125 Hz. Tentukan frekuensi yang didengar pengendara sepeda motor!

Lokomotif dengan kecepatan 30 m/s bergerak saling menjauhi dengan sepeda motor yang kecepatannya 15 m/s. Angin bertiup searah gerak sepeda motor dengan kecepatan 5 m/s. Cepat rambat bunyi di udara saat itu 340 m/s. Jika lokomotif membunyikan peluit dengan frekuensi 1125 Hz. Tentukan frekuensi yang didengar pengendara sepeda motor!space 

Iklan

F. Afrianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

frekuensi yang didengar oleh pengendara sepeda motor adalah 990 Hz.

frekuensi yang didengar oleh pengendara sepeda motor adalah 990 Hz.

Iklan

Pembahasan

Diketahui: v s ​ = 30 m / s v p ​ = 15 m / s v a ​ = 5 m / s v = 340 m / s f s ​ = 1125 Hz Ditanya: f p = ? Pembahasan: Rumus Efek Doppler jika kita memperhitungkan kecepatan angin adalah: f p ​ = ( v ± v a ​ ) ± v s ​ ( v ± v a ​ ) ± v p ​ ​ f s ​ Dimana v a adalah kecepatan angin; positif jika arah angin dari sumber ke pendengar, negatif jika arah angin dari pendengar ke sumber. Sementara itu v s adalah kecepatan sumber gelombang relatif terhadap medium; positif jika pengamat mendekati sumber gelombang/suara, negatif jika pengamat menjauhi sumber gelombang/suara. Sedangkan vp adalah kecepatan pengamat relatif terhadap medium; positif jika sumber menjauhi pengamat, negatif jika sumber mendekati pengamat. Maka pada soal ini berlaku persamaann: f p ​ = ( 340 + 5 ) + 30 ( 340 + 5 ) − 15 ​ ⋅ 1125 f p ​ = 375 330 ​ ⋅ 1125 f p ​ = 990 Hz Jadi, frekuensi yang didengar oleh pengendara sepeda motor adalah 990 Hz.

Diketahui:

 

Ditanya: fp = ?

Pembahasan:

Rumus Efek Doppler jika kita memperhitungkan kecepatan angin adalah:

 

Dimana va adalah kecepatan angin; positif jika arah angin dari sumber ke pendengar, negatif jika arah angin dari pendengar ke sumber. Sementara itu vs adalah kecepatan sumber gelombang relatif terhadap medium; positif jika pengamat mendekati sumber gelombang/suara, negatif jika pengamat menjauhi sumber gelombang/suara. Sedangkan vp adalah kecepatan pengamat relatif terhadap medium; positif jika sumber menjauhi pengamat, negatif jika sumber mendekati pengamat.

Maka pada soal ini berlaku persamaann:

 

Jadi, frekuensi yang didengar oleh pengendara sepeda motor adalah 990 Hz.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

81

M IKBAL

Pembahasan lengkap banget

Nandita Meilan

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah mobil ambulance bergerak dari baratke timur membunyikan sirinedengan frekuensi 900 Hz. Seorang pengendara sepeda motor bergerak mendekati mobil ambulance dari timur ke barat dengan kecepatan 72...

193

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia