Iklan

Iklan

Pertanyaan

lndikator yang paling cocok untuk penentuan titik akhir dalam titrasi 0,10 M NH 3 ​ dengan 0,10 M HNO 3 ​ adalah ... ( K b ​ NH 3 ​ = 1 , 8 × 1 0 − 5 )

lndikator yang paling cocok untuk penentuan titik akhir dalam titrasi 0,10 M dengan 0,10 M adalah ... ()space

  1. Kresol merah (pH = 1 - 2)

  2. Metil merah (pH = 4 - 6)

  3. Phenolpthalein (pH = 8 - 10)

  4. Alizarin kuning (pH = 10 -12)

  5. Semua bisa dipakai

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pilihan jawaban yang benar adalah B. Titik ekuivalentitrasi asam-basaterjadi pada saat asam tepat bereaksi dengan basa secara stoikiometri. Titik akhir titrasi merupakantitiksaat indikator asam-basa mengalami perubahan warna dan proses titrasi harus dihentikan sehinggaindikator yang dipilih akanmemiliki kisaran pH yang sama atau setidaknya mendekati titik ekuivalen tersebut. Saat titik ekuivalentercapai hanyaterdapat garam NH 4 NO 3 . Garam ini berasal dari asam kuat HNO 3 ​ dan basa lemah NH 3 ​ . Apabila garam ini dilarutkan direaksikan dengan air maka yang akan bereaksi dengan air adalah kation dari basa lemah sedangkan anion dari asam kuat tidak bereaksi dengan air sehingga garam akan terhidrolisis sebagian dan pH larutan yang diperoleh akan bersifatasam dengan rentangan pH 5 - 6. Jika dibuat grafik maka akan dapat ditampilkan seperti gambar berikut ini: Indikator yang cocok untuk menentukan titik akhir titrasi tersebut adalah metil merah yang memiliki rentang pH 4,4 - 6,2. Penghentian penambahan titran asam kuat bisa dihentikan ketika warna yang ditunjukkan oleh metil merah menjadi sedikit merah.

Pilihan jawaban yang benar adalah B.

Titik ekuivalen titrasi asam-basa terjadi pada saat asam tepat bereaksi dengan basa secara stoikiometri. Titik akhir titrasi merupakan titik saat indikator asam-basa mengalami perubahan warna dan proses titrasi harus dihentikan sehingga indikator yang dipilih akan memiliki kisaran pH yang sama atau setidaknya mendekati titik ekuivalen tersebut.

Saat titik ekuivalen tercapai hanya terdapat garam NH4NO3. Garam ini berasal dari asam kuat  dan basa lemah . Apabila garam ini dilarutkan direaksikan dengan air maka yang akan bereaksi dengan air adalah kation dari basa lemah sedangkan anion dari asam kuat tidak bereaksi dengan air sehingga garam akan terhidrolisis sebagian dan pH larutan yang diperoleh akan bersifat asam dengan rentangan pH 5 - 6. Jika dibuat grafik maka akan dapat ditampilkan seperti gambar berikut ini:

Indikator yang cocok untuk menentukan titik akhir titrasi tersebut adalah metil merah yang memiliki rentang pH 4,4 - 6,2. Penghentian penambahan titran asam kuat bisa dihentikan ketika warna yang ditunjukkan oleh metil merah menjadi sedikit merah.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebanyak 10 mL NH 4 ​ OH 0,1 M dititrasi denganlarutan HCI 0,5 M. lndikator yangtepat untuk titrasi tersebut adalah ....

55

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia