Iklan

Iklan

Pertanyaan

Lengkapilah bagian rumpang teks berikut dengan kata berimbuhan yang sesuai. Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Larangan Minuman (alkohol) kembali dibahas di Badan Legislasi (Baleg) DPR. Berdasarkan draf RUU Larangan Minuman Beralkohol yang diperoleh dari pimpinan Baleg, pengusul RUU tersebut (cantum) golongan minuman beralkohol yang berpotensi dilarang diproduksi, disimpan, dan dikonsumsi.

Lengkapilah bagian rumpang teks berikut dengan kata berimbuhan yang sesuai.


     Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Larangan Minuman (alkohol) kembali dibahas di Badan Legislasi (Baleg) DPR. Berdasarkan draf RUU Larangan Minuman Beralkohol yang diperoleh dari pimpinan Baleg, pengusul RUU tersebut (cantum) golongan minuman beralkohol yang berpotensi dilarang diproduksi, disimpan, dan dikonsumsi.space  

Iklan

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

berikut kalimat yang telah dilengkapi dengan kata berimbuhan.

berikut kalimat yang telah dilengkapi dengan kata berimbuhan.

Iklan

Pembahasan

Dalam teks tersebut terdapat dua kata yang seharusnya diberi imbuhan yakni imbuhan ber- pada kata alkohol menjadi beralkohol dan imbuhan me-kan pada kata cantum menjadi mencantumkan . Imbuhan ber- pada kata alkohol berfungsi untuk mengubah kelas kata nomina menjadi kelas kata sifat, hal ini sesuai dengan kata sebelumnya yang sudah berupa kata benda dan membutuhkan kata sifat sebagai penjelas. Sedangkan, imbuhan me-kan pada kata cantum berfungsi untuk mempertegas kata kerja yang ada dalam kalimat tersebut. Dengan demikian, berikut kalimat yang telah dilengkapi dengan kata berimbuhan. Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Larangan Minuman Beralkohol kembali dibahas di Badan Legislasi (Baleg) DPR. Pengusul RUU tersebut mencantumkan golongan minuman beralkohol yang berpotensi dilarang diproduksi, disimpan, dan dikonsumsi.

Dalam teks tersebut terdapat dua kata yang seharusnya diberi imbuhan yakni imbuhan ber- pada kata alkohol menjadi beralkohol dan imbuhan me-kan pada kata cantum menjadi mencantumkan. Imbuhan ber- pada kata alkohol berfungsi untuk mengubah kelas kata nomina menjadi kelas kata sifat, hal ini sesuai dengan kata sebelumnya yang sudah berupa kata benda dan membutuhkan kata sifat sebagai penjelas. Sedangkan, imbuhan me-kan pada kata cantum berfungsi untuk mempertegas kata kerja yang ada dalam kalimat tersebut.

Dengan demikian, berikut kalimat yang telah dilengkapi dengan kata berimbuhan.

  1. Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Larangan Minuman Beralkohol kembali dibahas di Badan Legislasi (Baleg) DPR.
  2. Pengusul RUU tersebut mencantumkan golongan minuman beralkohol yang berpotensi dilarang diproduksi, disimpan, dan dikonsumsi.space  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

wahyunur hidayah

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan 2 (dua) contoh kalimat yang berupa fakta dan 2 (dua) contoh kalimat opini yang terdapat dalam artikel tersebut!

252

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia