Pertanyaan

​​​​​​Cara ....

  1. Cap --> adalah alat semacam stempel besar yang terbuat dari tembaga.
  2. Gawangan --> adalah tempat untuk meletakkan kain yang akan dibatik jika prosesnya adalah batik tulis. Gawangan dapat terbuat dari kayu atau bambu.
  3. Wajan --> berupa wajan kecil untuk mencairkan malam atau lilin. Wajan ini bisa terbuat dari tembaga atau tanah liat (untuk batik tulis)
  4. Anglo/kompor kecil--> digunakan untuk memanaskan wajan (untuk batik tulis) .
  5. Malam/lilin --> terbuat dari campuran berbagai jenis bahan yang berupa gondorukem, lemak minyak kelapa, dan parafin.
  6. Bahan pewarna --> bisa menggunakan pewarna kimia/buatan atau dengan pewarna alami (diambil dari kulit kayu soga, daun indigo, dsb.

Proses pembuatan batik cap adalah sebagai berikut.

  1. .....
  2. Rebus malam hingga mencair dan dijaga agar suhu cairan malam ini tetap dalam kondisi 60 sampai dengan 70 derajat Celcius
  3. Masukkan cap ke dalam cairan malam tadi (kurang lebih yang tercelup cairan malam adalah 2 cm bagian bawah cap).
  4. Pastikan cairan malam meresap ke dalam 'pori-pori kain mori hingga tembus ke sisi lain permukaan kain mori.
  5. ......
  6.  ........
  7.  ........
  8. Setelah proses pewarnaan, proses berikutnya adalah penghilangan berkas motif cairan malam melalui proses penggodogan atau ngelorot. Melalui proses ini akan tampak dua warna, yaitu warna dasar asli kain mori yang tertutup malam dan warna setelah proses pewarnaan.
  9. Jika akan diberi kombinasi warna, harus dimulai lagi dari proses pengecapan cairan malam - pewarnaan - penggodogan lagi. Jadi, diperlukan proses berulang untuk setiap warna.
  10. .......
  11. ......​space 

Lengkapi bagian teks prosedur yang rumpang pada nomor 11!

Lengkapi bagian teks prosedur yang rumpang pada nomor 11! space 

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

bagian teks prosedur yang rumpang pada nomor 11 diisii dengan setelah itu, kain dijemur kemudian disetrika supaya rapi.

bagian teks prosedur yang rumpang pada nomor 11 diisii dengan setelah itu, kain dijemur kemudian disetrika supaya rapi.space 

Pembahasan

Teks di atas adalah teks prosedur cara membuat batik. Teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Bagian rumpang yang harus diisi adalah bagian rumpang nomor 11. Sebelum mengisinya, kita perlu mengetahui langkah yang dilakukan pada nomor 10. Untuk mengisinya, kita perlu melihat langkah yang dilakukan pada nomor 9. Langkah nomor 9 adalah proses pengulangan pengerjaan, sepertipengecapan cairan malam - pewarnaan - penggodogan lagi di setiap warna jika ingin diberi kombinasi warna. Setelah itu, langkah selanjutnya (nomor 10) adalah proses pembersihan dan pencerahan warna dengan menggunakan soda. Langkah terakhir (nomor 11) hanya perlu dan disetrika. Jadi,bagian teks prosedur yang rumpang pada nomor 11 diisi dengan setelah itu, kain dijemur kemudian disetrika supaya rapi. Dengan demikian, bagian teks prosedur yang rumpang pada nomor 11 diisii dengan setelah itu, kain dijemur kemudian disetrika supaya rapi.

Teks di atas adalah teks prosedur cara membuat batik. Teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

Bagian rumpang yang harus diisi adalah bagian rumpang nomor 11. Sebelum mengisinya, kita perlu mengetahui langkah yang dilakukan pada nomor 10. Untuk mengisinya, kita perlu melihat langkah yang dilakukan pada nomor 9. 

Langkah nomor 9 adalah proses pengulangan pengerjaan, seperti pengecapan cairan malam - pewarnaan - penggodogan lagi di setiap warna jika ingin diberi kombinasi warna. Setelah itu, langkah selanjutnya (nomor 10) adalah  proses pembersihan dan pencerahan warna dengan menggunakan soda. Langkah terakhir (nomor 11) hanya perlu dan disetrika. 

Jadi, bagian teks prosedur yang rumpang pada nomor 11 diisi dengan setelah itu, kain dijemur kemudian disetrika supaya rapi.

Dengan demikian, bagian teks prosedur yang rumpang pada nomor 11 diisii dengan setelah itu, kain dijemur kemudian disetrika supaya rapi.space 

19

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan langkah membuat tempat pensil dari kain flanel berikut! Langkah-langkah: Pertama, siapkan semua alat dan bahan! Kedua, ambil kain flanel! Warna kain flanel yang digunakan sebaik...

308

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia