Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan petunjuk berikut!
 

  1. Kupas pisang dengan pisau
  2. Iris tipis-tipis (sesuai selera)
  3. Taruh garam secukupnya, ratakan
  4. [...]
  5. Letakkan wajan di atas kompor
  6. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan
  7. Panaskan
  8. [...]
  9. Goreng sampai kuning kecoklatan
  10. Angkat kemudian sajikanspace

Untuk melengkapi kalimat yang rumpang pada petunjuk tersebut yang tepat adalah...

Untuk melengkapi kalimat yang rumpang pada petunjuk tersebut yang tepat adalah...space

  1. (4) Masukkan pisang ke dalam wajan
    (8) Nyalakan komporspace

  2. (4) Nyalakan kompor
    (8) Masukkan pisang ke dalam wajanspace

  3. (4) Cuci pisang sampai bersih
    (8) Matikan komporspace

  4. (4) Masukkan pisang ke dalam wajan
    (8) Cuci pisang sampai bersihspace

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

Iklan

Pembahasan

Teks prosedur adalah teks yang berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu dengan urutan-urutan tertentu. Dalam melengkapi teks prosedur yang rumpang, perhatikan bagian langkah-langkah yang perlu diurutkan secara logis, cermati kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang. Berikut ini adalah analisis kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur di atas, yaitu: Bagian rumpang pertama dari teks prosedur di atas ialah langkah keempat dari petunjuk cara membuat goreng pisang. Langkah sebelumnya, yaitu langkah ketiga memberi perintah untuk memberi garam secukupnya lalu diratakan, sedangkan langkah selanjutnya, yaitu langkah kelima memberi petunjuk untuk meletakkan wajan di atas kompor. Sehingga, langkah keempat yang merupakan bagian rumpang dapat diisi dengan petunjuk "Nyalakan kompor" . Bagian rumpang keuda dari teks prosedur di atas ialah langkah kedelapan dari petunjuk cara membuat goreng pisang. Langkah sebelumnya, yaitu langkah ketujuh memberi perintah untuk memanaskan minyak yang berada di dalam wajan, sedangkan langkah selanjutnya, yaitu langkah kesembilan memberi petunjuk untuk menggoreng pisang sampai kuning kecoklatan. Sehingga, langkah kedelapan yang merupakan bagian rumpang dapat diisi dengan petunjuk "Masukkan pisang ke dalam wajan" . Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Teks prosedur adalah teks yang berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu dengan urutan-urutan tertentu. Dalam melengkapi teks prosedur yang rumpang, perhatikan bagian langkah-langkah yang perlu diurutkan secara logis, cermati kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang.

Berikut ini adalah analisis kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur di atas, yaitu:

  • Bagian rumpang pertama dari teks prosedur di atas ialah langkah keempat dari petunjuk cara membuat goreng pisang. Langkah sebelumnya, yaitu langkah ketiga memberi perintah untuk memberi garam secukupnya lalu diratakan, sedangkan langkah selanjutnya, yaitu langkah kelima memberi petunjuk untuk meletakkan wajan di atas kompor. Sehingga, langkah keempat yang merupakan bagian rumpang dapat diisi dengan petunjuk "Nyalakan kompor".
  • Bagian rumpang keuda dari teks prosedur di atas ialah langkah kedelapan dari petunjuk cara membuat goreng pisang. Langkah sebelumnya, yaitu langkah ketujuh memberi perintah untuk memanaskan minyak yang berada di dalam wajan, sedangkan langkah selanjutnya, yaitu langkah kesembilan memberi petunjuk untuk menggoreng pisang sampai kuning kecoklatan. Sehingga, langkah kedelapan yang merupakan bagian rumpang dapat diisi dengan petunjuk "Masukkan pisang ke dalam wajan".


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan langkah membuat tempat pensil dari kain flanel berikut! Langkah-langkah: Pertama, siapkan semua alat dan bahan! Kedua, ambil kain flanel! Warna kain flanel yang digunakan sebaik...

24

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia