Roboguru

Lembaga riset ini didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1956. Lembaga riset yang dimaksud adalah . . . .

Pertanyaan

Lembaga riset ini didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1956. Lembaga riset yang dimaksud adalah . . . .undefined

Pembahasan Soal:

Pemerintah Indonesia membentuk Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) melalui Undang-Undang (UU) No.6 Tahun 1956. Tugasnya adalah membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberi pertimbangan kepada pemerintah dalam hal kebijaksanaan ilmu pengetahuan. Selanjutnya pada tahun 1962, pemerintah menempatkan MIPI dengan tugas tambahan membangun dan mengasuh beberapa lembaga riset nasional. MIPI inilah yang nanti menjadi cikal bakal terbentunya LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). 

Dengan demikian Undang-Undang yang dimaksud pada soal di atas adalah UU Nomor 6 Tahun 1956, mengenai pendirian MIPI (Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sejak awal kemerdekaan pemerintah Indonesia membentuk lembaga yang bertugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Bagaimana kronologi pembentukan lembaga tersebut?

Pembahasan Soal:

Kegiatan ilmiah di Indonesia dimulai pada abad ke-16 oleh Jacob Bontius, yang mempelajari flora Indonesia dan Rompius. Hingga pada tahun 1956, melalui UU no. 6 tahun 1956 pemerintah Indonesia membentuk Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI). Adapun tugas pokok dari Mipi adalah. 

  1. Membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Memberi pertimbangan kepada pemerintah dalam hal kebijaksanaan ilmu pengetahuan. 

Pada bulan Agustus 1967 pemerintah membubarkan LEMRENAS dan MIPI dengan SK Presiden RI No. 128 tahun 1967, adapun LEMRENAS sendiri berawal dari Departemen Urusan Riset Nasional (DURENAS) yang menempatkan MIPI di dalamnya dengan tugas tambahan yaitu membangun dan mengasuh beberapa Lembaga Riset Nasional. Kemudian berdasarkan Keputusan MPRS No. 18/B/1967 pemerintah membentuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan menampung seluruh tugas LEMRENAS dan MIPI, dengan tugas pokok sebagai berikut.

  1. Membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berakar di Indonesia agar dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan rakyat Indonesia pada khususnya dan umat manusia pada umumnya.
  2. Mencari kebenaran ilmiah dimana kebebasan ilmiah, kebebasan penelitian serta kebebasan mimbar diakui dan dijamin, sepanjang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.
  3. Mempersiapkan pembentukan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (sejak 1991 tugas pokok ini selanjutnya ditangani oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi dengan Keppres No. 179 tahun 1991).

Berdasarkan penjelasan di atas maka kronologi dari Lembaga LIPI adalah diawali dengan dibentuknya MIPI lalu LEMRENAS hingga kedua organisasi tersebut di bubarkan oleh pemerintah dan terbentuklah Lipi yang pada dasarnya menampung seluruh tugas dari Lemrenas dan MIPI. 

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Menurut Anda, benar atau salah pernyataan tersebut? Jelaskan pendapat Anda!

Pembahasan Soal:

Pemerintah Indonesia membentuk Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) melalui Undang-Undang (UU) No.6 Tahun 1956. Tugasnya adalah membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberi pertimbangan kepada pemerintah dalam hal kebijaksanaan ilmu pengetahuan.

Dengan demikian, pernyataan tersebut adalah salah.

Roboguru

Lembaga riset ini didirikan berdasarkan Undang- Undang Nomor 5 Tahun 1956. Lembaga riset yang dimaksud adalah ...

Pembahasan Soal:

Pembentukan LIPI memiliki sejarah yang panjang. Setelah melewati beberapa fase kegiatan ilmiah sejak abad ke-16 hingga tahun 1956, pemerintah Indonesia membentuk Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) melalui Undang-Undang (UU) No.6 Tahun 1956. Tugasnya adalah membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberi pertimbangan kepada pemerintah dalam hal kebijaksanaan ilmu pengetahuan. Pada tahun 1962, pemerintah membentuk Departemen Urusan Riset Nasional (DURENAS) dan menempatkan MIPI di dalamnya dengan tugas tambahan membangun dan mengasuh beberapa lembaga riset nasional. 

Dengan demikian lembaga riset yang dimaksud adalah MIPI.

Roboguru

Perhatikan wacana berikut!  Berdasarkan wacana tersebut, dapat disimpulkan bahwa ....

Pembahasan Soal:

Perkembangan penelitian dan riset di Indonesia telah berlangsung sejak zaman penjajahan Belanda. Hal tersebut dibuktikan dengan didirikannya  Bataviaasch Genotschap van Wetenschappen dan  Natuurwetenschappelijk Raad voor Nederlandsch Indie. Pasca kemerdekaan Indonesia, upaya pengembangan penelitian tetap dijalankan oleh pemerintah Republik Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan dikeluarkannya UU 5 Tahun 1956 tentang pendirian Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI). Berdasarkan UU tersebut, pembentukan MIPI adalah untuk membimbing perkembangan ilmu ilmu dan teknologi serta memberi pertimbangan untuk pemerintah dalam hal kebijaksanaan ilmu. Kemudian pada tahun 1962 pemerintah membentuk Departemen Urusan Riset Nasional (DURENAS) dan menempatkan MIPI didalamnya dengan tugas tambahan: membangun dan mengasuh beberapa Lembaga Riset Nasional. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah E.

Roboguru

Sejak pemerintah menerbitkan Keputusan Menteri Penerangan Republik Indonesia Nomor 190A/Kep/Menpen/1987 stasiun televisi swasta mulai bermunculan. Stasiun televisi swasta pertama yang muncul di Indone...

Pembahasan Soal:

Sejak pemerintah menerbitkan Keputusan Menteri Penerangan Republik Indonesia Nomor 190A/Kep/Menpen/1987 stasiun televisi swasta mulai bermunculan. RCTI atau Rajawali Citra Televisi Indonesia adalah stasiun televisi swasta Indonesia pertama di Indonesia. Tanggal 24 Agustus 1989 menjadi sebuah catatan penting dalam lembaran sejarah pertelevisian Indonesia, RCTI mulai mengudara secara terrestrial di Jakarta.
Dengan demikian RCTI adalah stasiun televisi swasta pertama yang muncul di Indonesia.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved