Roboguru

Lemari es yang menggunakan freon telah dilarang penggunaannya. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan freon dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadinya . . .

Pertanyaan

Lemari es yang menggunakan freon telah dilarang penggunaannya. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan freon dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadinya . . .  

  1. . . .  

  2. . . . 

Pembahasan Soal:

Lemari es yang menggunakan freon telah dilarang penggunaannya. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan freon dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadinya peningkatan  pemanasan global (global warming)

Freon berdampak pada peningkatan pemanasan global dikarenakan dapat membuat lapisan ozon semakin tipis. Lapisan ozon berguna untuk melindungi bumi dan makhluk hidup dari paparan radiasi Ultra Violet B (UV-B) dan juga menyerap radiasi ultra violet dari matahari yang tinggi agar tidak sampai ke bumi.  Ozon dibentuk oleh oksigen, dengan rumus begin mathsize 14px style straight O subscript 3 end style. Ketika ozon bereaksi dengan freon, terjadi perubahan begin mathsize 14px style straight O subscript 3 end style menjadi begin mathsize 14px style straight O subscript 2 end style, sehingga mengurangi lapisan ozon di atmosfer, bahkan hingga terdapat lubang ozon. Lubang inilah yang akhirnya membuat pemanasan global. Paparan radiasi ultra violet, terutama radiasi ultraviolet B atau UV B dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, antara lain katarak, kanker kulit , dan penurunan kekebalan tubuh.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 21 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Selain menjadi gas rumah kaca, gas … juga dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon.

Pembahasan Soal:

Selain menjadi gas rumah kaca, gas CFC juga dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon. Gas CFC di atmosfer akan bereaksi dengan ozon. Dalam kondisi normal, ozon akan menahan sinar UV dan berakibat pada lepasnya ozon (undefined) menjadi undefined dan O. Unsur O bebas ini bersifat reaktif, sehingga akan kembali bereaksi dengan undefinedmembentuk undefined. Namun, pada kondisi udara mengandung CFC, maka O justru akan bereaksi dengan Cl milik CFC, sehingga O tidak membentuk kembali undefined karena telah bereaksi dengan unsur lain. Akibatnya terjadi penipisan lapisan ozon. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Penggunaan alat-alat pendingin yang menghasilkan CFC akan menyebabkan penipisan lapisan ozon sehingga memberikan dampak, yaitu….

Pembahasan Soal:

CFC (Chlorofluorocarbon) terbentuk dari tiga jenis unsur yaitu Klor (Cl), Flour (Fl), dan Karbon (C). Gas CFC bersifat tidak tidak berbau, tidak mudah terbakar, dan tidak mudah bereaksi. Gas ini biasanya dimanfaatkan sebagai gas pendorong dalam kaleng semprot (aerosol), pengembang busa polimer, pendingin dalam lemari es dan AC, serta pelarut dan pembersih microchip. Gas CFC yang naik ke atmosfer dapat merusak lapisan ozon. Menipisnya lapisan ozon akan menybabkan semakin tingginya intensitas sinar ultraviolet ke bumi, sehingga memicu terjadinya kanker kulit dan kerusakan mata pada manusia, serta mematikan spesies tumbuhan tertentu.

Dengan demikian gas CFC menyebabkan semakin tingginya intensitas sinar ultraviolet ke bumi, sehingga memicu terjadinya kanker kulit dan kerusakan mata pada manusia, serta mematikan spesies tumbuhan tertentu.

0

Roboguru

Dampak yang timbul jika menggunakan gas CFC pada kulkas, hair spray, dan AC adalah …

Pembahasan Soal:

Senyawaan CFC merupakan senyawaan yang stabil dan tidak dapat dengan mudah diuraikan baik secara khemis, fisis, maupun biologis. Senyawaan CFC yang terbuang dari permukaan bumi akan bergerak ke atas menerobos lapisan troposfer dan singgah pada lapisan stratosfer selama 10 tahun atau lebih. Pada lapisan stratosfer, CFC dipecah oleh radiasi sinar UV dan terurai melepaskan atom-atom klor. Atom-atom klor yang dilepaskail ini bereaksi dengan ozon dan merusaknya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah kerusakan lapisan ozon.

0

Roboguru

Dalam pendingin AC dan lemari es terdapat senyawa yang merupakan polutan di udara. Jika senyawa tersebut terlepas mengakibatkan terjadinya. . . .

Pembahasan Soal:

Pendingin AC dan lemari es terdapat senyawa CFC (klorofluorokarbon) yang dapat merusak susunan ozon sehingga terjadi penipisan lapisan ozon. Akibat penipisan ozon ini maka sinar ultraviolet dari Bumi akan semakin banyak yang sampai ke bumi dan menimbulkan kerusakan serta berdampak terhadap sirkulasi udara di atmosfer sehingga terjadi perubahan iklim yang ekstrem.space space 

1

Roboguru

Penipisan lapisan ozon akibat penggunaan CFC untuk alat-alat pendingin dikhawatirkan akan menimbulkan . . . .

Pembahasan Soal:

Lapisan ozon berfungsi sebagai penyaring sinar UV yang masuk ke bumi. Gas CFC atau freon yang naik ke atmosfer dapat merusak lapisan ozon (O3). Kerusakan lapisan ozon ini disebabkan CFC mengikat ozon yang bersifat radikal sehingga ozon terurai dan lapisan ozon pun berlubang. Menipisnya lapisan ozon akan menyebabkan sinar UV tidak dapat disaring dan semakin tinggi intensitasnya ke bumi. Hal ini dapat memicu terjadinya kanker kulit dan kesehatan mata pada manusia, serta mematikan spesies tumbuhan tertentu.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah Dspace 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved