Roboguru

Pertanyaan

Latihan Menelaah Kesalahan Penggunaan Bahasa dan Tanda baca/ejaan


Jika ditinjau dari bentuknya, maka terumbu karang dibagi menjadi tiga kategori.space space

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

struktur kalimat di atas salah karena dalam satu struktur kalimat majemuk bertingkat mengandung dua kata penghubung, yaitu jika dan maka. Kalimat tersebut dapat diperbaiki menjadi "Jika ditinjau dari bentuknya, terumbu karang dibagi menjadi tiga kategori".space 

Pembahasan

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi informasi atau penjabaran umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan langsung. 

Salah satu kaidah kebahasaan yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah teks laporan observasi adalah penggunaan tanda baca/ejaan. 

Kalimat "Jika ditinjau dari bentuknya, maka terumbu karang dibagi menjadi tiga kategori" merupakan kalimat majemuk bertingkat, yaitu gabungan dari dua atau lebih kalimat tunggal, yang terdiri dari induk dan anak kalimat. 

Dalam struktur kalimat bahasa Indonesia kata penghubung jika dan maka tidak boleh digunakan secara bersamaan dalam satu konstruksi kalimat karena keduanya merupakan dua konjungsi yang berbeda.  Kata 'jika' digunakan sebagai kata hubung untuk kalimat majemuk yang anak kalimatnya menyatakan syarat atau pengandaian terlaksananya apa yang dinyatakan dalam induk kalimat. Sementara itu, Kata penghubung maka digunakan untuk kalimat majemuk yang anak kalimatnya menyatakan akibat dari yang dinyatakan dalam induk kalimat. Jadi, kalimat soal di atas merupakan kalimat yang salah.

Kalimat tersebut dapat diperbaiki menjadi "Jika ditinjau dari bentuknya, terumbu karang dibagi menjadi tiga kategori"

Dengan demikian, struktur kalimat di atas salah karena dalam satu struktur kalimat majemuk bertingkat mengandung dua kata penghubung, yaitu jika dan maka. Kalimat tersebut dapat diperbaiki menjadi "Jika ditinjau dari bentuknya, terumbu karang dibagi menjadi tiga kategori".space 

145

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Kalimat efektif dari kalimat tersebut adalah ....

17

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia