Roboguru

Latar tempat dari penggalan hikayat tersebut adalah….

Pertanyaan

Latar tempat dari penggalan hikayat tersebut adalah…. 

  1. Gunung Indrakila 

  2. Padang rumput 

  3. Marga Satwa 

  4. Hutan rimba 

  5. Kebun Binatang 

Pembahasan Soal:

    Hikayat merupakan karya sastra lama berisi cerita maupun biografi yang bersifat historis berkaitan dengan keagamaan dan perilaku manusia. Pada umumnya, hikayat berbahasa Melayu karena berasal dari bangsa Melayu. Hikayat menceritakan kehidupan dalam kerajaan pada zaman dahulu, tetapi bersifat pralogis.

    Latar tempat pada hikayat tersebut yaitu latar tempat di dalam hutan rimba. Hal ini dapat dibuktikan dalam kutipan berikut.

Alkisah, ini hikayat orang dahulu kala. Diceritakan orang yang empunya cerita ini kisah pelanduk jenaka pri bijaksana pandai ia berbuat dusta segala binatang di dalam hutan rimba belantara. Demikianlah bunyinya, sekali peristiwa ada seekor pelanduk, maka ia duduk kepada suatu rimba hampir dengan Gunung Indrakila namanya disebut orang dan padang itupun … luasnya. Maka, banyaklah pada tempat itu segala binatang marga satwa sekaliannya berhimpun di sana.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Mariam

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tentukan latar dalam kutipan hikayat berikut!

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra lama berbentuk prosa berisi cerita, undang-undang, dan silsilah. Teks hikayat dapat dianalisis baik secara unsur intrinsik maupun unsur ekstrinsik. Latar termasuk ke dalam unsur intrinsik hikayat. Latar dalam teks hikayat terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Latar tempat
  2. Latar waktu
  3. Latar suasana

Pertama, latar tempat dalam teks tersebut adalah di dermaga. Hal ini terdapat pada kalimat Lancang Kuning yang akan membawa mereka sudah tertambat di dermaga pelabuhan Galangan. Keadaan dan kelengkapannya sudah diperiksa. Kedua, latar waktu dalam teks tersebut adalah siang hari. Hal ini terdapat pada kalimat Keesokan harinya, ketika laut sedang pasang siang, Muda Cik Leman dan Anggung  Selamat bersiap-siap untuk berangkat. Sementara tidak ada latar suasana dalam teks tersebut.


Dengan demikian, latar yang terdapat dalam teks tersebut adalah latar tempat dan latar waktu. 

Roboguru

Amanat tepat berdasarkan kutipan hikayat tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra lama melayu yang menceritakan kehidupan kerajaan atau bangsawan di masa lampau. Adapun salah satu unsur intrinsik hikayat adalah amanat, yaitu pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca. Pada kutipan hikayat di atas, diceritakan bahwa orang yang menyia-nyiakan pekerjaan dan harta, maka ia tidak bakal menemukan apa yang diinginkannya. Oleh karena itu, amanat tepat berdasarkan kutipan hikayat tersebut adalah bekerjalah dengan rajin dan gunakan uang hasil bekerja dengan benar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

Roboguru

Tentukan perbedaan latar tempat dan penokohan kutipan hikayat dengan cerpen cerpen tersebut!

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra lama berbentuk prosa berisi cerita, undang-undang, dan silsilah. Teks hikayat dapat dianalisis baik secara unsur intrinsik maupun unsur ekstrinsik. Berikut adalah analisis teks hikayat tersebut.

Hikayat di atas bercerita tentang seorang raja keinderaan yang kena sumpah Batara Indra dan sekarang hidup laki-bini sebagai si Miskin di negeri Anta Beranta yang diperintah oleh Maharaja Indra Dewa, sedangkan cerpen di atas bercerita tentang lelaki muda bernama Rojali yang suka mengeluh.

Pada hikayat, analisis unsur-unsurnya adalah sebagai berikut.

Latar tempat

  1. negeri Anta Berantah terdapat pada kalimat Adapun raja itu sekarang hidup laki-bini sebagai si Miskin di negeri Anta Beranta yang diperintah oleh Maharaja Indra Dewa
  2. dalam istana raja terdapat pada kalimat Biarpun gentar, terpaksa juga si Miskin meminta mempelam dari raja Raja Anta.

Penokohan

  1. si Miskin adalah orang yang pemberani dan baik hati, hal ini terdapat pada kalimat Biarpun gentar, terpaksa juga si Miskin meminta mempelam dari raja Raja Anta.
  2. istri si Miskin adalah orang yang penyabar, hal ini terdapat pada kalimat Terpaksalah mereka makan ketupat dan buku tebu yang didapatinya dari timbunan-timbunan sampah.
  3. Raja adalah orang yang baik hati. Hal ini terdapat pada kalimat Beberapa lama kemudian, bini si Miskin ingin makan nangka yang ada di dalam istana pula, dan nangka itu pun diberikan juga oleh raja.

Pada cerpen di atas, analisis unsur-unsurnya adalah sebagai berikut.

Latar tempat

  1. kursi kayu bercat kuning terdapat pada kalimat Duduk pada sebuah kursi kayu bercat kuning,

Penokohan

  1. Rojali adalah orang yang menyebalkan. Hal ini terlihat dari kalimat "Apa dengan salat saya bisa dapat pekerjaan?" Pertanyaan yang dilontarkan Rojali kepada babenya itu hampir saja membuat Haji Usin marah.
  2. Haji Usin adalah orang yang penyabar meskipun beberapa kali Rojali membuatnya marah tetap saja Haji Usin sabar dan tidak memarahi Rojali. Hal ini dapat terlihat dari salah satu kalimat Rojali tersenyum meledek. Haji Usin diam sambil menggelengkan kepalanya.

Dengan demikian, latar tempat yang ada dalam teks hikayat terdapat di negeri antah berantah dan pada teks cerpen terdapat di dalam istana, sedangkan watak tokoh Rojali adalah menyebalkan dan Haji Usin adalah orang yang penyabar. 

Roboguru

Amanat yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

HIkayat adalah karya sastra lama melayu yang menceritakan kehidupan kerajaan atau bangsawan di masa lampau. Adapun salah satu unsur intrinsik hikayat adalah amanat, yaitu pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca. Pada hikayat di atas diceritakan bahwa Si Miskin tetap mencari makan meskipun selalu dilempari batu dan kayu oleh orang-orang. Ia makan makanan yang ia dapatkan dari sampah. Oleh karena itu, amanat yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah hadapilah persoalan hidup dengan tenang dan tabah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

Roboguru

Dari kutipan cerita di atas kita dapat mengetahui bahwa Hang Jebat berwatak …

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra klasik yang mengisahkan lengkap tentang kekuatan, kesaktian serta mukjizat.

Salah satu unsur intrinsik hikayat adalah tokoh dan penokohan. Tokoh adalah pelaku cerita, sedangkan penokohan adalah sifat yang dilekatkan pada diri tokoh, penggambaran, atau pelukisan mengenai tokoh cerita.

Hikayat di atas menceritakan tokoh Hang Jebat yang tidak menerima keputusan raja yang dijatuhkan kepada sahabatnya, Hang Tuah sehingga ia mengamuk sampai banyak korban berjatuhan sampai raja sendiri sampai merasa kesulitan atas perbuatannya. 

Dari isi hikayat di atas dapat diketahui bahwa watak Hang Jebat adalah kasar. Hal tersebut dapat dilihat dari tindakannya yang mengamuk di istana.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved