Roboguru
SD

Latar pada penggalan cerpen tersebut adalah …

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 11–13


Lelaki itu membuka komputer, lalu mengaktifkan yahoo! Messenger ( YM ). Ia meneliti satu persatu nama-nama disana. Beberapa temannya sedang online. Tapi lebih banyak tidak. Sudah sore, pikirnya, teman-teman yang biasa mengaktifkan YM di kantor, sudah mulai pulang. Rus ingin menyapa beberapa teman yang tinggalnya terpisah-pisah yang di berbagai kota dan luar negeri.

Tak hanya nama -nama ia juga memperhatikan kata-kata yang diletakan didepan nama-nama, ia juga memperhatikan kata-kata yang diletakan didepan nama itu, yang sering kali menjadi cermin apa yang sedang dirasakan atau sedang dilakukan teman-temannya.”Sedang keluar” , ”Bos yang manis”, ”menunggu musim duren”, ”Bete deh…”, ”kamuketahuan….” dan sebagainya. Ia memperhatikan satu persatu, sambil senyum-senyum melihat ”catatan status online” itu. Matanya kemudian tertumbuk pada nama lain”: Mawar. Ian menulis ” status onlinenya ” dengan sangat sangat puitis: ”Ajak aku melihat kunang-kunagng.” Ah, ia langsung tersugesti untuk menyapa Mawar. Sudah lama ia tidak bertemu perempuan hitam manis dengan rambut sebahu dan lesung pipi itu.undefined 

Latar pada penggalan cerpen tersebut adalah …undefined 

  1. sekolahundefined 

  2. warnetundefined 

  3. wartelundefined 

  4. tamanundefined 

  5. kantorundefined 

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Pembahasan

Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa didalam suatu karya sastra. Atau definisi latar yang lainnya adalah unsur intrinsik pada karya sastra yang meliputi ruang, waktu serta suasana yang terjadi pada suatu peristiwa didalam karya sastra.

Latar tempat teks di atas adalah di kantor. Hal tersebut dibuktikan dengan kutipan “Tapi lebih banyak tidak. Sudah sore, pikirnya, teman-teman yang biasa mengaktifkan YM di kantor, sudah mulai pulang”. Jadi, latar tempat teks di atas adalah di kantor.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

473

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan cerpen berikut!             "Ini uang upah menyapu yang kamu berikan padaku tempo hari,” jelas Yusa dengan tersenyum di bibirnya. Dipandangnya Sam dengan pandangan berpijar. “Aku tahu...

46

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia