Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen berikut! Cuaca di Jakarta masih dikuasi mendung yang dengan setia mengiringi hujan ketika matahari melebihi setengah hari. Delta berdiri di depan jendela kamar yang masih terbuka. Dia menatap langit ynag telah menyusur airnya ke bumi, memberikan wajahnya terkena tempias hujan. Kekuatan ibunya menghadapi hidup atas nama cinta untuk anak-anaknya meninggalkan begitu saja membuat Delta meyakini bahwa ibunya sumber cintanya, teladan bagi hidupnya. Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah ...

Bacalah kutipan cerpen berikut!

Cuaca di Jakarta masih dikuasi mendung yang dengan setia mengiringi hujan ketika matahari melebihi setengah hari. Delta berdiri di depan jendela kamar yang masih terbuka. Dia menatap langit ynag telah menyusur airnya ke bumi, memberikan wajahnya terkena tempias hujan. Kekuatan ibunya menghadapi hidup atas nama cinta untuk anak-anaknya meninggalkan begitu saja membuat Delta meyakini bahwa ibunya sumber cintanya, teladan bagi hidupnya.

Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah ...

  1. Pagi hari di jendela

  2. Siang hari di kamar

  3. Sore hari di jendela

  4. Siang hari di rumah

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah 3.

jawaban yang tepat adalah 3.

Iklan

Pembahasan

Latar terdiri atas empat macam, yaitu latar tempat, waktu, suasanan, dan sosial. Latar waktu dalam penggalan cerpen tersebut adalah sore hari. Hal tersebut terbukti dari adanya kata-kata ketika matahari melebihi setengah hati . Latar tempat dalam penggalan cerpen tersebut adalah di jendela. Hal tersebut terbukti dari adanya kata-kata Delta berdiri di depan jendela kamar yangmasih terbuka . Jadi, jawaban yang tepat adalah 3.

Latar terdiri atas empat macam, yaitu latar tempat, waktu, suasanan, dan sosial. Latar waktu dalam penggalan cerpen tersebut adalah sore hari. Hal tersebut terbukti dari adanya kata-kata ketika matahari melebihi setengah hati. Latar tempat dalam penggalan cerpen tersebut adalah di jendela. Hal tersebut terbukti dari adanya kata-kata Delta berdiri di depan jendela kamar yangmasih terbuka. Jadi, jawaban yang tepat adalah 3.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan cerpen berikut! 1) Ketika Rakka kembali ke ruangan, Senja telah berada di sana, menatap kosong pada layar laptopnya. 2) "Aku melihatmu berbicara dengan Jingga. Sepertinya dialah mat...

7

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia