Roboguru

Kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur ...

Pertanyaan

Kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur ...undefined 

  1. ulasanundefined 

  2. pernyataan umumundefined 

  3. rangkaian kejadianundefined 

  4. identifikasi fenomenaundefined 

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi.

Berikut struktur teks ekplanasi:

  1. Pernyataan Umum: berisi penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas dalam teks eksplanasi.
  2. Deretan Penjelas: menjelaskan proses mengapa suatu fenomena bisa terjadi, dan mendeskripsikan penyebab serta akibat dari suatu fenomena.
  3. Interpretasi (Opsional): merupakan teks penutup yang berisi simpulan atau intisari keseluruhan teks eksplanasi.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur pernyataan umum karena berisi penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas dalam teks eksplanasi. Berdasarkan kutipan berikut:

Data BMKG, Rabu dini hari, menyebutkan wilayah administrasi Jakarta Barat dan Jakarta Pusat diperkirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan pada pagi hari. Sementara, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu cuaca pada pagi hari diprediksi berawan. Kemudian memasuki siang hari, wilayah administrasi Jakarta Barat dan Jakarta Pusat diprediksi mengalami hujan ringan. Wilayah administrasi Jakarta Timur dan Jakarta Selatan diprediksi diguyur hujan dengan intensitas sedang. Sementara, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu kondisi cuacanya diperkirakan berawan. Memasuki malam hari cuaca di seluruh wilayah administrasi DKI Jakarta diperkirakan berawan.

Teks tersebut berisi pernyataan umum tentang hujan yang ditandai dengan kata hujan dan berawan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat yang merupakan pendapat dinyatakan pada nomor...

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Suatu kejadian baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

Kalimat yang merupakan pendapat dari teks eksplanasi di atas dinyatakan pada nomor (1), yaitu "dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajar jika bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah". Kalimat pendapat adalah suatu kalimat yang berisikan gagasan, ide, opini, pikiran, anggapan ataupun argumentasi yang dikemukan seseorang terhadap suatu peristiwa, keadaan, kebenaran, tanpa dipengaruhi oleh orang lain. Kalimat tersebut merupakan kalimat pendapat karena mengandung anggapan atau argumentasi mengenai suatu kewajaran jika gelombang air dengan tenaga yang besar bisa menyapu bangunan di daratan dengan mudah.undefined 

Roboguru

Paragraf berikut untuk menjawab soal di bawah. Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian ba...

Pembahasan Soal:

Paragraf di atas hanya berisi informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. Bukan merupakan bagian yang berisi deretan penjelas tentang peristiwa yang terjadi dan tidak pula berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang terjadi, jawaban tepat yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.space space  

Roboguru

Di mana fatamorgana dapat ditemukan?

Pembahasan Soal:

Fatamorgana dapat dilihat dari berbagai macam tempat dan kondisi, yaitu di daratan atau di laut, baik di daerah ekstrem seperti padang pasir atau kutub. Fenomena ini paling sering terlihat di daerah kutub, terutama pada deretan es besar yang memiliki suhu temperature rendah. Namun, fatamorgana bisa diamati hamper di seluruh wilayah didunia. Di daerah kutub, fenomena fatamorgana ini dapat diamati di hari yang relatif dingin. Di padang pasir dan di atas permukaan laut atau danau, fatamorgana bisa diamati di hari yang relatif panas.undefined 

Roboguru

Berdasarkan strukturnya, teks eksplanasi di atas merupakan bagian....

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks  yang menjelaskan proses terjadinya fenomena alam, sosial, budaya, dan lainnya.

Teks eksplanasi memiliki struktur sebagai berikut.

  • Pernyataan umum: Bagian yang berisi informasi umum tentang hal yang akan dibahas.
  • Deretan penjelas: Bagian yang berisi uraian atau penjelasan hal yang akan dibahas.
  • Interpretasi: Bagian ini merupakan bagian penutup yang berisi pendapat penulis tentang hal yang telah dibahas.

Pada teks tersebut terdapat kalimat:

  • Akhir-akhir ini istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang.
  • Sepanjang abad 20 dan 21 gempa telah mengakibatkan banyak kematian dan kerugian material yang sangat besar.
  • Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tak pernah ada peristiwa alam lain dalam sejarah yang berpengaruh langsung pada manusia, selain gempa bumi.

Berdasarkan strukturnya, teks eksplanasi di atas merupakan bagian pernyataan umum. Pernyataan umum berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Pada teks tersebut, fenomena yang akan dibahas adalah gempa bumi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

Roboguru

Tulislah kembali penjelasan kronologis yang terdapat dalam teks tersebut!

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses "mengapa" dan "bagaimana" kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Suatu kejadian baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

Kronologis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penjelasan suatu kejadian secara urutan dari suatu rangkaian peristiwa menurut urutan waktu. Kronologis merupakan salah satu struktur teks eksplanasi yang terdapat pada bagian rangkaian peristiwa.

Penjelasan kronologis tentang bagaimana proses terjadinya angin puting beliung pada teks eksplanasi di atas terdapat pada paragraf ketiga yang berbunyi "Tanda terjadinya angin puting beliung antara lain munculnya udara panas yang terjadi satu hari sebelumnya. Kemudian, di langit akan terlihat awan kumulus. Jenis awan ini memiliki berbatas tepi sangat jelas berwarna abu-abu menjulang tinggi seperti bunga kol. Selanjutnya, awan kumulus akan cepat berubah warna menjadi hitam gelap. Kita akan merasakan sentuhan udara dingin di sekitar tempat kita berdiri. Setelah itu, ranting atau dahan bergoyang cepat. Keadaan itu menandai hujan dan angin kencang akan datang. Apabila indikator keadaan tersebut juga ditambah fenomena petir, ada kemungkinan hujan lebat dan angin kencang akan terjadi."


Dengan demikian, penjelasan kronologis yang terdapat dalam teks tersebut ada pada paragraf ketiga yang berbunyi "Tanda terjadinya angin puting beliung antara lain munculnya udara panas yang terjadi satu hari sebelumnya. Kemudian, di langit akan terlihat awan kumulus. Jenis awan ini memiliki berbatas tepi sangat jelas berwarna abu-abu menjulang tinggi seperti bunga kol. Selanjutnya, awan kumulus akan cepat berubah warna menjadi hitam gelap. Kita akan merasakan sentuhan udara dingin di sekitar tempat kita berdiri. Setelah itu, ranting atau dahan bergoyang cepat. Keadaan itu menandai hujan dan angin kencang akan datang. Apabila indikator keadaan tersebut juga ditambah fenomena petir, ada kemungkinan hujan lebat dan angin kencang akan terjadi."

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved