Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengenal Phubbing
 


    Pemandangan yang tidak asing jika melihat seseorang asyik bermain ponsel, padahal ada lawan bicara di hadapannya. Fenomena ini disebut phubbing (phone snubbing). Phubbing bisa diartikan sebagai perilaku lebih memilih melihat ponsel dari pada memedulikan lawan bicara.
    Kata tersebut memang masih terdengar asing. Namun, aktivitasnya bukan merupakan sesuatu yang asing. Fenomena ini memang terlihat tidak berbahaya bagi kehidupan manusia. Namun, pada kenyataanya, hal tersebut berbahaya untuk hubungan antar individu maupun individu dengan kelompok. Phubbing yang dimaksudkan untuk komunikasi jarak jauh melalui media sosial atau SMS justru dapat mengganggu hubungan yang sedang berlangsung dengan orang lain di hadapan kita. 
    Beberapa penelitian menunjukkan phubbing membuat interaksi tatap muka menjadi kurang berarti. Makalah yang diterrbitkan di Journal of Applied Social Psychology menjelaskan bahwa orang-orang yang diabaikan oleh orang yang asyik bermain ponsel akan merasa negatif. Penelitian lain yang diterbitkan Computers in Human Behavior menyatakan bahwa mengirim pesan saat sedang terjadi percakapan akan membuat komunikasi kurang memuaskan. Bahkan, adanya ponsel di dekat kita, meski tidak digunakan selama percakapan, dapat mengurangi kualitas hubungan. 
    Hal yang perlu dipahami mengenai phubbing adalah kenyataan bahwa hal tersebut dapat dijadikan alasan untuk menjauhkan diri dari lawan bicara dengan sengaja. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang yang tidak tertarik dengan obrolan atau sedang dilanda kebosanan saat mengobrol sehingga mencari keseruan dengan hal lain melalui ponsel. Perilaku tersebut dapat terjadi berulang kali setiap menghadapi situasi yang sama.
    Jika phubbing terjadi dan terlalu sering dimaklumi, akan ada efek jangka panjang yang dialami orang yang melakukannya. Kepekaan sosial menjadi tumpul karena terlalu sering berhadapan dengan ponsel daripada bertatap muka langsung dengan lawan bicara. Karen M Douglas dalam artikelnya yang berjudul The Effects of Phubbing on Social Interaction juga menyatakan bahwa phubbing mengancam empat kebutuhan dasar manusia, yaitu rasa memilki, harga diri, keberadaan, dan kendali yang bermakna. 
    Melakukan phubbing membuat orang lain merasa dikucilkan. Bahkan, orang akan merasa diremehkan atau dicela saat seseorang melakukan phubbing kepadanya. Hal ini disebabkan menerima atau menelepon berarti orang yang diajak bicara lebih penting daripada seseorang yang sedang berhadapan langsung. Komunikasi yang berlangsung tidak akan berjalan lancar atau justru terputus sama sekali jika seseorang diantaranya melakukan phubbing. 


Sumber: republika.co.id, dengan pengubahanspace

Mengapa paragraf dalam teks tersebut termasuk bagian interpretasi? Jelaskan alasanmu.

Mengapa paragraf dalam teks tersebut termasuk bagian interpretasi? Jelaskan alasanmu.space

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

paragraf 6 termasuk dalam interpretasi karena berisi simpulan dari fenomena phubbing . Paragraf tersebut memberikan kesimpulan bahwa orang yang terkena fenomena phubbing akan merasa dikucilkan, bahkan diremehkan atau dicela. Sehingga komunikasi yang berjlana tidak akan berjalan lancar atau justru terputus sama sekali karena adanya fenomena phubbing ini.

paragraf 6 termasuk dalam interpretasi karena berisi simpulan dari fenomena phubbing. Paragraf tersebut memberikan kesimpulan bahwa orang yang terkena fenomena phubbing akan merasa dikucilkan, bahkan diremehkan atau dicela. Sehingga komunikasi yang berjlana tidak akan berjalan lancar atau justru terputus sama sekali karena adanya fenomena phubbing ini.space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Struktur adalah unsur-unsur saling terkait dalam sebuah objek. Teks eksplanasi memiliki beberapa struktur, di antaranya: Pernyataan Umum. Di bagian pernyataan umum ini, sebuah teks eksplanasi menjelaskan tentang gambaran umum fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. Poinnya bisa mengangkat tentang proses bagaimana fenomena/peristiwa alam tersebut bisa terjadi. Deretan penjelas. Setelah mengetahui secara umum fenomena yang akan dibahas, pada bagian ini dijelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Kamu bisa melakukan deskripsi dalam beberapa paragraf terkait sebab dan akibatnya. Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas. Interpretasi. Interpretasi dalam teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai penarikan kesimpulan. Kamu bisa memberikan tanggapan atau pernyataan terkait fenomena yang diangkat dalam teks tersebut. Paragraf yang dimaksud dalam soal ini adalah paragraf 6. Paragraf 6 termasuk dalam interpretasi karena berisi simpulan dari fenomena phubbing. Simpulan yang dimaksud berada dalam kutipan: Melakukan phubbing membuat orang lain merasa dikucilkan. Bahkan, orang akanmerasa diremehkan atau dicela saat seseorang melakukan phubbing kepadanya. Komunikasi yang berlangsungtidak akan berjalan lancar atau justru terputus sama sekali jika seseorang diantaranyamelakukan phubbing. Dengan demikian, paragraf 6 termasuk dalam interpretasi karena berisi simpulan dari fenomena phubbing . Paragraf tersebut memberikan kesimpulan bahwa orang yang terkena fenomena phubbing akan merasa dikucilkan, bahkan diremehkan atau dicela. Sehingga komunikasi yang berjlana tidak akan berjalan lancar atau justru terputus sama sekali karena adanya fenomena phubbing ini.

Struktur adalah unsur-unsur saling terkait dalam sebuah objek. 

Teks eksplanasi memiliki beberapa struktur, di antaranya:

  1. Pernyataan Umum. Di bagian pernyataan umum ini, sebuah teks eksplanasi menjelaskan tentang gambaran umum fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. Poinnya bisa mengangkat tentang proses bagaimana fenomena/peristiwa alam tersebut bisa terjadi.
  2. Deretan penjelas. Setelah mengetahui secara umum fenomena yang akan dibahas, pada bagian ini dijelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Kamu bisa melakukan deskripsi dalam beberapa paragraf terkait sebab dan akibatnya. Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.
  3. Interpretasi. Interpretasi dalam teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai penarikan kesimpulan. Kamu bisa memberikan tanggapan atau pernyataan terkait fenomena yang diangkat dalam teks tersebut.

Paragraf yang dimaksud dalam soal ini adalah paragraf 6. Paragraf 6 termasuk dalam interpretasi karena berisi simpulan dari fenomena phubbing.

Simpulan yang dimaksud berada dalam kutipan:
Melakukan phubbing membuat orang lain merasa dikucilkan. Bahkan, orang akan merasa diremehkan atau dicela saat seseorang melakukan phubbing kepadanya. Komunikasi yang berlangsung tidak akan berjalan lancar atau justru terputus sama sekali jika seseorang diantaranya melakukan phubbing. 

Dengan demikian, paragraf 6 termasuk dalam interpretasi karena berisi simpulan dari fenomena phubbing. Paragraf tersebut memberikan kesimpulan bahwa orang yang terkena fenomena phubbing akan merasa dikucilkan, bahkan diremehkan atau dicela. Sehingga komunikasi yang berjlana tidak akan berjalan lancar atau justru terputus sama sekali karena adanya fenomena phubbing ini.space

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksplanasi

Kebahasaan Teks Eksplanasi

Menganalisis Teks Eksplanasi

Menyusun Teks Eksplanasi

303

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut dengan cermat, kemudian jawab pertanyaannya! Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia Pada tahun 2003 pesawat udara nir-awak (PUNA) digunakan pertama kali olehpasuka...

16

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia