Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati kutipan berikut ini!


Seorang pemburu yang tidak terlalu berani, sedang mencari jejak seekor singa. Dia lalu berteman dengan seorang penebang kayu di dalam hutan. Dia pun bertanya kepada penebang itu jika saja ia melihat tanda-tanda jejak singa atau tahu di mana singa itu bersarang.space 

Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian ....

Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian ....space 

  1. pengenalanspace 

  2. perumitanspace 

  3. peleraianspace 

  4. penyelesaianspace 

Iklan

N. Fatimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space 

Iklan

Pembahasan

Teks cerita inspiratif adalah satu bentuk prosa yang berisi kisah seseorang yang bertujuan untuk memberikan inspirasi atau motivasi.Berikut ini terdapat beberapa struktur dalam unsur teks cerita inspirasi, terdiri atas: Bagian orientasi, adalah tahap pengenalan atau penyituasian biasanya berisi pengenalan tokoh, latar, dan latar belakang cerita. Bagian rangkaian peristiwa, dimulai dari awal terjadinya sebuah peristiwa sampai pada puncak masalah. Bagian komplikasi, merupakan tahap puncak dari peristiwa-peristiwa yang dikembangkan pada tahap rangkaian peristiwa sampai masalah tersebut di temukan jalan keluarnya. Bagian resolusi, merupakan tahap penyelesaian masalah. Peristiwa atau masalah yang dikembangkan pada bagaian rangkaian peristiwa dan komplikasi dikendurkan pada tahap resolusi. Bagian koda, adalah bagian penutup dari sebuah cerita inspiratif dan jenis teks narasi lainnya. Dalam tahap ini disampaikan kesimpulan dan pesan moral yang dapat diambil dari cerita tersebut. Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian pengenalan yang berisi pengantar untuk memulai cerita. Pada kutipan teks tersebut pengenalan awal dengan menyebutkan tokoh dan latar terjadinya peristiwa dalam cerita. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A .

Teks cerita inspiratif adalah satu bentuk prosa yang berisi kisah seseorang yang bertujuan untuk memberikan inspirasi atau motivasi. Berikut ini terdapat beberapa struktur dalam unsur teks cerita inspirasi, terdiri atas:

  1. Bagian orientasi, adalah tahap pengenalan atau penyituasian biasanya berisi pengenalan tokoh, latar, dan latar belakang cerita.
  2. Bagian rangkaian peristiwa, dimulai dari awal terjadinya sebuah peristiwa sampai pada puncak masalah.
  3. Bagian komplikasi, merupakan tahap puncak dari peristiwa-peristiwa yang dikembangkan pada tahap rangkaian peristiwa sampai masalah tersebut di temukan jalan keluarnya.
  4. Bagian resolusi, merupakan tahap penyelesaian masalah. Peristiwa atau masalah yang dikembangkan pada bagaian rangkaian peristiwa dan komplikasi dikendurkan pada tahap resolusi.
  5. Bagian koda, adalah bagian penutup dari sebuah cerita inspiratif dan jenis teks narasi lainnya. Dalam tahap ini disampaikan kesimpulan dan pesan moral yang dapat diambil dari cerita tersebut.

Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian pengenalan yang berisi pengantar untuk memulai cerita. Pada kutipan teks tersebut pengenalan awal dengan menyebutkan tokoh dan latar terjadinya peristiwa dalam cerita.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

30

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan struktur teks cerita inspirasi tersebut menggunakan format berikut ini!

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia