Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kualitas pendidikanm di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tecermin, antara lain, dari hasil studi kemampuan membaca untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang dilaksanakan oleh organisasi International Education Achievement (IEA) yang menunjukkan bahwa siswa SD di Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi. Sementara untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), studi untuk kemampuan matematika siswa SMP sederajat di Indonesia hanya berada pada urutan ke-39 dari 42 negara dan untuk kemampuan Ilmu Pengetahaun Alam (IPA) hanya berada di urutan ke-40 dari 42 negara peserta. Mengapa kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan?

            Kualitas pendidikanm di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tecermin, antara lain, dari hasil studi kemampuan membaca untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang dilaksanakan oleh organisasi International Education Achievement (IEA) yang menunjukkan bahwa siswa SD di Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi. Sementara untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), studi untuk kemampuan matematika siswa SMP sederajat di Indonesia hanya berada pada urutan ke-39 dari 42 negara dan untuk kemampuan Ilmu Pengetahaun Alam (IPA) hanya berada di urutan ke-40 dari 42 negara peserta.

Mengapa kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan?

 
 
  1. Membaca siswa tingkat SD berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta

  2. Siswa SLTP di bidang IPA berada pada urutan ke-42 dari 42 negara peserta

  3. Matematika siswa SLTP berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta

  4. Matematika untuk siswa SD berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta

     

  5. IPA untuk siswa SD berada pada urutan 38 dari 39 negara peserta

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Iklan

Pembahasan

Jawaban untuk pertanyaan tersebut terdapat pada kalimat ke-2, hasil studi kemampuan membaca untuk tingkat sekolah dasar yang dilaksanakan oleh IEA, Indonesia berada pada peringkat 38 dari 39 negara peserta . Di sisi lain, untuk tingkat SMP, hasil studi kemampuan matematika menempati peringkat 39 dari 42 dan untuk kemampuan IPA menempati peringkat 40 dari 42 peserta. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Jawaban untuk pertanyaan tersebut terdapat pada kalimat ke-2, hasil studi kemampuan membaca untuk tingkat sekolah dasar yang dilaksanakan oleh IEA, Indonesia berada pada peringkat 38 dari 39 negara peserta. Di sisi lain, untuk tingkat SMP, hasil studi kemampuan matematika menempati peringkat 39 dari 42 dan untuk kemampuan IPA menempati peringkat 40 dari 42 peserta. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

56

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagian teks di atas termasuk struktur ....

10

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia