Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan kritik sastra berikut ini dengan saksama!


    Mengenai sikap hidup, diketahui bahwa sikap hidup masyarakat Jawa terdiri atas dua pedoman Tri Sila dan Panca SilaTri Sila yang harus dilaksanakan yaitu eleng, percoyo, dan mituhu. Adapun Panca Sila yang harus dilaksanakan yaitu rila, nrimo, temen, sabar, dan budi luhur. Di samping Tri Sila dan Panca Sila yang harus didahulukan, masih ada pedoman­ pedoman hidup lain yang tidak kalah penting, yaitu ojo dumeh dan menghindari aji mumpung. Untuk mencapai kesempurnaan hidup, harus dapat menguasai badan atau jagad cilik.

    Hal tersebut diungkapkan oleh pengarang melalui tokoh Lantip. Lantip baru menyadari siapa dirinya. Latar belakang dan asal-usul dirinya tidak membuat Lantip rendah diri justru hal tersebut dipakai sebagai landasan hidup karena kehidupan dan latar belakang Lantip yang suram menjadikannya bersemangat untuk hidup dan memperoleh keinginan untuk selalu menjunjung tinggi keluarga Sastrodarsono yang telah mengangkat dirinya dari lembah nista.

(SumberJendela Kritik Sastra, dengan pengubahan)space 

Kritik sastra tersebut termasuk jenis kritik....

Kritik sastra tersebut termasuk jenis kritik ....space 

  1. analitikspace 

  2. pragmatikspace 

  3. ekspresifspace 

  4. mimetikspace 

  5. objektifspace 

Iklan

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Kritik sastra adalah pertimbangan baik buruk terhadap hasil karya sastra.Berdasarkan orientasinya terhadap karya sastra, kritik sastra dibagi menjadi: Kritik mimetik, yaitu kritik yang berorientasiatau memfokuskan perhatian pada hubungan karya sastra dengan realitas atau kenyataan. Kritik pragmatik, yaitu kritik yang berorientasi ataumemfokuskan perhatian pada tanggapan pembaca terhadap karya sastra dan dampak atau pengaruh sastra pada pembaca. Kritik ekspresif, yaitu kritik sastra yang berorientasi atau memfokuskan perhatian pada pengarang sebagai penciptakarya sastra . Kritik objektif, kritik yang berorientasi atau memfokuskan perhatian pada karya sastra itu sendiri. Oleh karena itu, kritik sastra tersebut termasuk jenis kritik mimetik. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Kritik sastra adalah pertimbangan baik buruk terhadap hasil karya sastra. Berdasarkan orientasinya terhadap karya sastra, kritik sastra dibagi menjadi:

  1. Kritik mimetik, yaitu kritik yang berorientasi atau memfokuskan perhatian pada hubungan karya sastra dengan realitas atau kenyataan.
  2. Kritik pragmatik, yaitu kritik yang berorientasi atau memfokuskan perhatian pada tanggapan pembaca terhadap karya sastra dan dampak atau pengaruh sastra pada pembaca.
  3. Kritik ekspresif, yaitu kritik sastra yang berorientasi atau memfokuskan perhatian pada pengarang sebagai pencipta karya sastra .
  4. Kritik objektif, kritik yang berorientasi atau memfokuskan perhatian pada karya sastra itu sendiri.

Oleh karena itu, kritik sastra tersebut termasuk jenis kritik mimetik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

287

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam teks kritik!

6rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia