Pertanyaan

Bacalah kutipan kritik sastra berikut ini dengan saksama!


(1) Apabila diperhatikan novel ini menggunakan pola dongeng, yaitu disajikan oleh pengarang dengan tokoh yang cantik. (2) Tokoh tersebut mengalami peristiwa-peristiwa yang menyayat hati. (3) Selain itu, juga ditampilkan tokoh Kanjat sebagai tokoh yang rupawan, cerdas, dan pantang menyerah. (4) Untuk memperoleh pujaan hatinya, diperlukan perjuangan yang jatuh bangun bak pahlawan yang akan menyelamatkan putri yang cantik jelita. (5) Akhir cerita, sang pahlawan, Kanjat, dapat hidup bahagia selamanya dengan putri pujaan hatinya, Lasi. (6) Oleh karena itu walaupun sarat dengan nilai-nilai budaya yang agung novel ini sangat digemari oleh banyak kalangan.

(SumberJendela Kritik Sastra, dengan pengubahan)space 

Kritik sastra tersebut termasuk jenis kritik ....

Kritik sastra tersebut termasuk jenis kritik ....space 

  1. analitikspace 

  2. pragmatikspace 

  3. ekspresifspace 

  4. mimetikspace 

  5. objektifspace 

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.space 

Pembahasan

Kritik sastra adalah pertimbangan baik buruk terhadap hasil karya sastra.Berdasarkan orientasinya terhadap karya sastra, kritik sastra dibagi menjadi: Kritik mimetik, yaitu kritik yang berorientasiatau memfokuskan perhatian pada hubungan karya sastra dengan realitas atau kenyataan. Kritik pragmatik, yaitu kritik yang berorientasi ataumemfokuskan perhatian pada tanggapan pembaca terhadap karya sastra dan dampak atau pengaruh sastra pada pembaca. Kritik ekspresif, yaitu kritik sastra yang berorientasi atau memfokuskan perhatian pada pengarang sebagai penciptakarya sastra . Kritik objektif, kritik yang berorientasi atau memfokuskan perhatian pada karya sastra itu sendiri. Oleh karena itu, kritik sastra tersebut termasuk jenis kritik objektif. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Kritik sastra adalah pertimbangan baik buruk terhadap hasil karya sastra. Berdasarkan orientasinya terhadap karya sastra, kritik sastra dibagi menjadi:

  1. Kritik mimetik, yaitu kritik yang berorientasi atau memfokuskan perhatian pada hubungan karya sastra dengan realitas atau kenyataan.
  2. Kritik pragmatik, yaitu kritik yang berorientasi atau memfokuskan perhatian pada tanggapan pembaca terhadap karya sastra dan dampak atau pengaruh sastra pada pembaca.
  3. Kritik ekspresif, yaitu kritik sastra yang berorientasi atau memfokuskan perhatian pada pengarang sebagai pencipta karya sastra .
  4. Kritik objektif, kritik yang berorientasi atau memfokuskan perhatian pada karya sastra itu sendiri.

Oleh karena itu, kritik sastra tersebut termasuk jenis kritik objektif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

13

Iklan

Pertanyaan serupa

Walaupun esai adalah tulisan yang tidak utuh, tulisan tersebut tetap harus memiliki kesatuan serta memenuhi syarat-syarat penulisan, mulai dari pendahuluan, isi, sampai penutup. Pernyataan tersebut se...

87

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia