Roboguru

Krisis moneter 1997 membuat ekonomi merosot dan rupiah saat itu jatuh dari 2.000,00 menjadi.... per US dollar.

Pertanyaan

Krisis moneter 1997 membuat ekonomi merosot dan rupiah saat itu jatuh dari 2.000,00 menjadi.... per US dollar.

  1. Rp14.000;00

  2. Rp15.000;00

  3. Rp16.000;00

  4. Rp17.000;00

  5. Rp18.900;00

Pembahasan Soal:

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Terjadinya krisis multidimensional telah mengakibatkan...

Pembahasan Soal:

Krisis multidimensional merupakan krisis yang meIanda bangsa Indonesia pada 1997-1998. Krisis yang terjadi saat itu melanda berbagai bidang, baik moneter, ekonomi, politik, hukum, maupun krisis kepercayaan. Krisis multidimensional pada 1997-1998 menyebabkan tuntutan reformasi semakin menguat. Agenda utama gerakan reformasi adalah menuntut Presiden Soeharto turun dari kursi kepresidenan karena dianggap sudah tidak mampu memimpin Indonesia denga baik. Selain itu, gerakan reformasi tahun 1998 mempunyai beberapa agenda lainnya seperti penegakan supremasi hukum, penegakan HAM, serta penghapusan Dwi Fungsi ABRI.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Bagaimana perkembangan infrastruktur politik di Indonesia Masa Orde Baru ( 1966 - 1998)

Pembahasan Soal:

Didalam suatu kehidupan politik rakyat (the sosial political sphere), akan selalu ada keterkaitan atau keterhubungan dengan kelompok-kelompok lain ke dalam berbagai macam golongan yang biasanya disebut “kekuatan sosial politik masyarakat”. Kelompok masyarakat tersebut yang merupakan kekuatan politik riil didalam masyarakat, disebut “infrastruktur politik”. Berdasakan teori politik, infrastruktur politik mencakup 5 (lima) unsur atau komponen sebagai berikut :

  1. Partai politik (political party ),
  2. kelompok kepentingan (interst group),
  3. kelompok penekan (pressure group),
  4. media komunikasi politik  (political communication media) dan
  5. tokoh politik (political figure).

Partai politik sebagai institusi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan masyarakat dalam mengendalikan kekuasaan. Hubungan ini banyak dipengaruhi oleh kebudayaan masyarakat yang melahirkannya. Awal kebangkitan orde baru (1966) dalam melakukan pembelahan institusi politik, tetap berpandang bahwa jumlah partai politik yang terlalu banyak tidak menjamin stabilitas politik. Usaha pertama disamping memulihkan partai-partai yang tidak secara resmi dilarang, adalah menyusun undang-undang tentang pemiluyang dianggap sesuai dengan perkembangan masyarakat saat itu. Dan pemilu yang direncanakan dilaksanakan dalam waktu dekat, ternyata baru terlaksana tahun 1971 dengan peserta sebanyak 10 partai politik. (Golkar, Parmusi, NU, PSII, Partai Islam, Parkindo, Partai Katolik, PNI, Murba, dan IPKI).

Dengan demikian, pada era ode baru, sudah mulailah sejarah masa demokrasi Pancasila, namun terdapat sedikit penyimpangan akibat salah mengerti terhadap hakikat sila ke-4 sehingga mengganggap bahwa Pancasila hanya mengutamakan aktivitas di lembaga eksekutif saja. Inilah yang menyebabkan pada masa orde baru ini demokrasi Pancasila masih agak mirip dengan masa demokrasi terpimpin.

0

Roboguru

Kuatnya tradisi dominasi kekuatan politik otoriter selama 32 tahun oleh Suharto sebagai pemaksa utama integrasi nasional menimbulkan kekhawatiran besar atas kemampuan bangsa ini untuk secara demokrati...

Pembahasan Soal:

Disintegrasi bangsa, yaitu melalui berbagai gerakan separatis yang didasarkan pada sentimen kesukuan atau pemberontakan akibat ketidakpuasan daerah terhadap kebijakan pemerintahan pusat. Adanya keresahan sosial yang diakibatkan oleh kebiajakan ekonomi, serta pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Keresahan ini, berpotensi membuat kerusuhan masal pada skala yang besar. Adanya upaya perubahan ideologi pancasila dengan ideologi lainnya, dan tidak sesuai dengan kebiasaan dari masyarakat Indonesia. Makar atau pengkhianatan pemerintahan yang resmi, dan konstitusional.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space space

0

Roboguru

Perhatikan teks berikut!   Masa Orde Baru dapat dikatakan bermula semenjak keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966 hingga mundurnya Soeharto dari jabatan Presiden 21 Mei 1998. Dalam kurun waktu 32 tah...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan teks di atas, dapat disimpulkan bahwa jatuhnya kekuasaan Soeharto disebabkan oleh adanya tuntutan massa yang meminta Soeharto mundur karena dinilai tidak dapat menyelesaikan krisis multidimensi. Aksi massa yang menuntut Soeharto mundur bukan tanpa alasan, terpuruknya kondisi Indonesia dipandang sebagai akibat dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) yang jamak dilakukan oleh rezim Soeharto.

Jadi, jawaban yang benar adalah D. space 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ! Bubarkan Orde Baru dan Golkar Hapuskan Dwifungsi ABRI Hapuskan KKN Tegakkan supremasi hukum, HAM, Tegakkan demokrrasi Dari kelima data di atas, dapat disimpulk...

Pembahasan Soal:

Peran masyarakat dalam pemberantasan korupsi di Orde Baru adalah tidak termasuk pelaporan dugaan tindak pidana korupsi. Hal ini karena seluruh kontrol atas kehidupan bangsa terletak pada pemerintah pusat. Hal inilah yang kemudian menciptakan ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah.Hal yang sama juga berdampak pada tingginya kasus korupsi di era Orde Baru. Penegakan hukum yang tidak jelas juga berperan besar. Hal ini menjadikan kondisi bangsa Indonesia kala itu terpuruk jauh.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved