Roboguru

Konsumerisme sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Contoh perilaku tersebut ditunjukkan oleh pernyataan...

Pertanyaan

Konsumerisme sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Contoh perilaku tersebut ditunjukkan oleh pernyataan...undefined 

  1. Serial film Korea semakin digemari kalangan remaja dan dewasa.undefined 

  2. Cindy, Ira, dan Kayla membentuk girlband dengan meniru idol group asal Jepang.undefined 

  3. Budaya masyarakat di negara berkembang cenderung mengikuti negara maju.undefined 

  4. Banyak investor negara maju menginvestasikan modalnya dengan membuka cabang restoran cepat saji di Indonesiaundefined 

  5. Arista gemar berbelanja baju, sepatu, dan jam tangan mewah di mall agar tidak ketinggalan zaman.undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah bentuk dampak negatif dari globalisasi. 

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Sebagai tanda adanya globalisasi adalah kehidupan masyarakat yang emakin maju dan efesien, hal itu membuat keadaan masyarakat berubah lebih baik dibandingkan sebelumbnya. Globalisasi juga membuat perubahan-perubahan bukan hanya dari kehidupan masyarakat tetapi pertukaran nilai dan norma dalam kehidupan masyarakat semakin bebas, dan membuat masyarakat semkain terbuka. Kemajuan-kemajuan bidang-bidang kehidupan pun juga turut mempengaruhi dari adanya globalisasi. Salah satunya adalah kemajuan teknologi yang ada mempengaruhi dari kemajuan kehidupan dan kemudahan masyarakat dalam berkomunikasi dan mencari informasi, Bukan hanya itu kemajuan teknologi membuat banyak sekali toko online hal itu semakin mempermudah kehidupan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan harga lebih murah di bandingkan dengan toko konvensional. Masyarakat saat ini lebih suka dengan belanja online dengan segala kemudahannya.  Sehingga hal itu mengakibatkan masyarakat cenderung memenuhi keinginannya daripada kebutuhan pokoknya dikenal dengan istilah konsumerisme, yaitu  aliran atau paham yang mengubah perilaku manusia untuk melakukan sebuah kegiatan konsumen atau membeli atau memakai barang- barang secara berlebihan tanpa melihat nilai gunanya. Masyarakat yang terjebak perilaku konsumtif lebih tertarik mengonsumsi barang bukan karena kebutuhan, melainkan didasarkan pada keinginan, kekinian, dan prestise.  Perilaku konsumerisme membuat masyarakat memiliki daya konsumen yang tinggi dan memicu terjadinya sikap-sikap hedonisme. Karena masyarakat lebih mementingkan apa yang mereka inginkan dibandingkan kebutuhan-kebutuhan yang seharusnya mereka penuhi. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Terbangunnya pabrik-pabrik dengan brand terkenal dunia di negara kita merupakan salah satu bentuk adanya wujud globalisasi dibidang ekonomi. Namun cara tepat dalam menyikapi globalisasi ekonomi berdas...

Pembahasan Soal:

Penyikapan masyarakat terhadap globalisasi inilah yang akhirnya menciptakan kesenjangan sosial ekonomi. Bagi masyarakat yang mampu menerima dan beradaptasi dengan globalisasi, maka masyarakat akan lebih maju sisi-sisi kehidupannya. Seperti teknologi dan ilmu pengetahuan. Sedangkan bagi masyarakat yang tidak mampu menerima dan beradaptasi akan semakin tertinggal oleh globalisasi, karena tidak berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyikapan di masyarakat ini juga terjadi dalam skala global, oleh karena itu di dunia terdapat negara maju dan negara berkembang atau bahkan tertinggal.

Roboguru

Kementerian Perindustrian mendorong penggunaan teknologi pada pabrik-pabrik dalam negeri. Banyaknya pengembangan kawasan pabrik di beberapa wilayah merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan multina...

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah dampak negatif globalisasi pada lingkungan. 

Dalam kehidupan masyarakat memiliki kemajuan-kemajuan dalam berbagai bidang mengakibatkan perubahan-perubahan sosial masyarakat. Salahnya adalah ditandai dengan adanya globalisasi yang mana merupakan  proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Globalisasi akan mengakibatkan sistem-sistem masyarakat semakin terbuka mengakibatkan banyaknya masyarakat mudah untuk mengalami pertukaran-pertukaran nilai dan norma yang ada, karena kondisi masyarakat yang terbuka. Dengan hal itu globalisasi disatu sisi memberikan dampak positif dan disisi lain memberikan dampak negatif. Salah satu dampak negatif dari globalisasi adalah berimbas pada masalah lingkungan, kemajuan-kemajuan yang ada kan juga mempengaruhi perubahan lingkungan secara fisik . Berikut beberapa dampak negatif globalisasi terhadap lingkungan:

  1. Terjadinya penurunan kualitas air permukaan di sekitar daerah-daerah industri.

  2. Konsentrasi bahan pencemar yang berbahaya bagi kesehatan penduduk seperti merkuri, timah hitam, pestisida, dsb meningkat tajam dalam kandungan air permukaan dan biota airnya.

  3. Kelangkaan air tawar semakin terasa, khususnya di musim kemarau, sedangkan di musim penghujan cenderung terjadi banjir yang melanda banyak daerah.

  4. Temperatur udara maksimal dan minimal sering berubah-ubah.

  5. Terjadi peningkatan konsentrasi pencemaran udara seperti CO, NO2r SO2, dan debu akibat polusi asap pabrik dan kendaraan bermesin.

  6. Luas hutan semakin sempit akibat tidak terkendalinya perambahan yang disengaja atau oleh bencana kebakaran

  7. Kondisi hara tanah semakin tidak subur, dan lahan pertanian semakin menyempit dan mengalami pencemaran akibat polusi tanah dan polusi air permukaan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Globalisasi dalam bidang ekonomi memberikan dampak berupa kesenjangan ekonomi, seperti brand terkenal di dunia  membuka pabrik untuk memproduksi barangnya di negara berkembang. Hal tersebut terjadi ka...

Pembahasan Soal:

Barang lain dengan merek internasional yang dijual di dunia, memiliki pabrik yang berada di negara-negara berkembang Alasan perusahaan asing mendirikan pabriknya di Indonesia ini adalah untuk mendapatkan tenaga kerja dengan upah yang rendah. karena sistem penentuan upah dan sistem kesejahteraan negara negara berkembang dengan negara maju tentu saja memiliki perbedaan standar. aspek kehidupan ekonomi juga tidak terlepas dari globalisasi. Baik itu dari sisi kebijakan ataupun aktivitas perekonomian. Sisi kebijakan ekonomi negara maju sering dianggap menjadi alternatif negara-negara berkembang untuk diadaptasi di negaranya.

Kebijakan negara maju terhadap negara berkembang seperti peminjaman dana (utang negara seperti pada tahun 2018 IMF meminjamkan dana sebesar US$300 juta ke Indonesia untuk perbaikan dan peningkatan sarana dan prasarana pariwisata di Lombok, Yogyakarta, dan Danau Toba) maupun investasi dan kerjasama internasional. Sehingga banyak negara negara maju yang mendirikan pabriknya di negara berkembang.

 

Semua itu karena negara maju memiliki sistem perekonomian kapitalis dan mampu menciptakan sistem untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Caranya dengan memanfaatkan negara berkembang yang memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memadai dibanding negara maju yang lebih memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Perhatikan fenomena sosial berikut! Kebutuhan antarnegara dapat terpenuhi.  Kebudayaan lokal mulai ditinggalkan. Dominasi ekonomi oleh negara-negara adikuasa. Pemerataan teknologi dan ilmu penge...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah dampak negatif globlisasi.

Dampak negatif globalisasi, antara lain:

  • Kebudayaan lokal mulai ditinggalkan.
  • Meningkatnya persaingan politik yang tidak mengedepankan kepentingan rakyat.
  • Meningkatnya eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan.
  • Dominasi ekonomi oleh negara-negara adikuasa.
  • Ketimpangan antarnegara meningkat.
  • Ketergantungan pada negara-negara maju.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

Roboguru

Bagaimana seharusnya kita menyikapi pengaruh negatif dari globalisasi? ...

Pembahasan Soal:

Globalisasi adalah adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain. Globalisasi menghadirkan dampak negatif, dan untuk mencegah agar kita tidak terjerembab ke dalam dampak negatif globalisasi, kita bisa menyikapinya dengan berbagai hal, di antaranya;

  1. Melakukan penyaringan budaya, berarti kita harus mengadopsi budaya yang sesuai budaya nasional, dan tidak mengadopsi budaya luar yang tidak sesuai identitas kita.
  2. Melakukan inovasi, agar kita bisa bersaing dengan bangsa lain dan tidak dilindas oleh jaman.
  3. Mempelajari komunikasi lintas budaya, agar kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit budaya. Dan bisa hidup harmonis berdampingan dengan bangsa lain.

Dengan melihat penjelasan tersebut, banyak hal yang bisa mencegah kita agar tidak terjerembab dalam dampak negatif globalisasi.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved