Roboguru

Perdagangan bebas menyebabkan masuknya investasi negara lain dan perusahaan asing ke Indonesia. Dalam bidang bisnis dan politik, investor dan perusahaan asing memiliki kekuatan besar dalam masyarakat. Oleh karena itu, keberadaannya dapat memengaruhi pemerintah dalam menentukan kebijakan. Dampak negatif perdagangan bebas berdasarkan uraian tersebut adalah...

Pertanyaan

Perdagangan bebas menyebabkan masuknya investasi negara lain dan perusahaan asing ke Indonesia. Dalam bidang bisnis dan politik, investor dan perusahaan asing memiliki kekuatan besar dalam masyarakat. Oleh karena itu, keberadaannya dapat memengaruhi pemerintah dalam menentukan kebijakan. Dampak negatif perdagangan bebas berdasarkan uraian tersebut adalah...undefined 

  1. kebijakan internasional tidak sesuai ideologi negara berkembangundefined 

  2. hubungan diplomatik dan kerja sama antarnegara di bidang ekonomi meningkatundefined 

  3. konflik sosial antarnegara terjadi akibat perbedaan kepentingan politikundefined 

  4. negara berkembang terdorong mewujudkan pemerintahan yang baikundefined 

  5. negara berkembang cenderung mengikuti kemauan negara majuundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin pada soal dampak negatif perdangan bebas karena globalisasi

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Globalisasi  membuat kehidupan masyarakat semakin maju dan semakin berubah hal itumembawa banyak perbedaan dan perubahan dalam kehiduapan masyarakat, karena pertukaran nilai dan norma dalam klehidupan masyrakat semakin bebas dan juga terbuka. Hal ini juga akan mengakibatkan masyarakat semakin mudah dalam bidang-bidang kehidupan termasuk kemudahan dan kemajuan dalam bidang ekonomi, globalisasi sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat,, seperti adanya perdagangan bebas di pengaruhi karena adanya globalisasi masuk kedalam kehidupan masyarakat.  Yang mana perdagangan bebas merupakan kebijakan di mana pemerintah tidak melakukan diskriminasi terhadap impor atau ekspor.  Sehingga hal itu mengakibatkan banyak dampak dalam kehidupan masyarakat, salah satunya yang paling dirasakan adalah adanya dampak negatif dari perdagangan bebas, yaitu sebagai berikut : 

  1. Produk dalam negeri cenderung kalah bersaing dengan masuknya barang-barang luar negeri yang lebih murah dan berkualitas.
  2. Bertambahnya kemungkinan eksploitasi sumber daya alam oleh perusahaan.
  3. Munculnya ketergantungan terhadap negara maju.
  4. Bila tidak mampu bersaing, akan berdampak pada menurunnya pertumbuhan ekonomi negara dan meningkatkan jumlah pengangguran.
  5. Munculnya sifat konsumerisme.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kementerian Perindustrian mendorong penggunaan teknologi pada pabrik-pabrik dalam negeri. Banyaknya pengembangan kawasan pabrik di beberapa wilayah merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan multina...

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah dampak negatif globalisasi pada lingkungan. 

Dalam kehidupan masyarakat memiliki kemajuan-kemajuan dalam berbagai bidang mengakibatkan perubahan-perubahan sosial masyarakat. Salahnya adalah ditandai dengan adanya globalisasi yang mana merupakan  proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Globalisasi akan mengakibatkan sistem-sistem masyarakat semakin terbuka mengakibatkan banyaknya masyarakat mudah untuk mengalami pertukaran-pertukaran nilai dan norma yang ada, karena kondisi masyarakat yang terbuka. Dengan hal itu globalisasi disatu sisi memberikan dampak positif dan disisi lain memberikan dampak negatif. Salah satu dampak negatif dari globalisasi adalah berimbas pada masalah lingkungan, kemajuan-kemajuan yang ada kan juga mempengaruhi perubahan lingkungan secara fisik . Berikut beberapa dampak negatif globalisasi terhadap lingkungan:

  1. Terjadinya penurunan kualitas air permukaan di sekitar daerah-daerah industri.

  2. Konsentrasi bahan pencemar yang berbahaya bagi kesehatan penduduk seperti merkuri, timah hitam, pestisida, dsb meningkat tajam dalam kandungan air permukaan dan biota airnya.

  3. Kelangkaan air tawar semakin terasa, khususnya di musim kemarau, sedangkan di musim penghujan cenderung terjadi banjir yang melanda banyak daerah.

  4. Temperatur udara maksimal dan minimal sering berubah-ubah.

  5. Terjadi peningkatan konsentrasi pencemaran udara seperti CO, NO2r SO2, dan debu akibat polusi asap pabrik dan kendaraan bermesin.

  6. Luas hutan semakin sempit akibat tidak terkendalinya perambahan yang disengaja atau oleh bencana kebakaran

  7. Kondisi hara tanah semakin tidak subur, dan lahan pertanian semakin menyempit dan mengalami pencemaran akibat polusi tanah dan polusi air permukaan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Bagaimana seharusnya kita menyikapi pengaruh negatif dari globalisasi? ...

Pembahasan Soal:

Globalisasi adalah adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain. Globalisasi menghadirkan dampak negatif, dan untuk mencegah agar kita tidak terjerembab ke dalam dampak negatif globalisasi, kita bisa menyikapinya dengan berbagai hal, di antaranya;

  1. Melakukan penyaringan budaya, berarti kita harus mengadopsi budaya yang sesuai budaya nasional, dan tidak mengadopsi budaya luar yang tidak sesuai identitas kita.
  2. Melakukan inovasi, agar kita bisa bersaing dengan bangsa lain dan tidak dilindas oleh jaman.
  3. Mempelajari komunikasi lintas budaya, agar kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit budaya. Dan bisa hidup harmonis berdampingan dengan bangsa lain.

Dengan melihat penjelasan tersebut, banyak hal yang bisa mencegah kita agar tidak terjerembab dalam dampak negatif globalisasi.space 

Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud ketimpangan sosial sebagai dampak dari globalisasi ....

Pembahasan Soal:

Budi Winarno mendefinisikan ketimpangan sosial sebagai kegagalan pembangunan di era globalisasi untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis warga. Di era tanpa batas (globalisasi seperti saat ini), ketimpangan sosial menjadi dampak yang sulit dihindari di suatu masyarakat.

Secara spesifik, fenomena ini dapat memengaruhi perkembangan di tiga bidang, seperti: 

  1. Bidang Ekonomi
    Adanya globalisasi menyebabkan perekonomian hanya tumbuh di beberapa wilayah, dengan sumber daya yang dikuasai oleh golongan tertentu. Salah satu contohnya, perubahan teknologi mengakibatkan hanya orang-orang yang memiliki pengetahuan atau keterampilan tertentu yang dapat terlibat dalam proses produksi. 
     
  2. Bidang Politik
    Adanya dominasi ekonomi negara maju terhadap negara lainnya berdampak pada dominasi di bidang politik. Misalnya Amerika Serikat yang didulang menjadi negara superpower memberikan pengaruh pada negara-negara lain dari segi kebijakan.

  3. Bidang Budaya
    Globalisasi menimbulkan dampak westernisasi yang berakibat terkikisnya budaya lokal, contohnya pada permasalahan bahasa.undefined 
Roboguru

Dampak globalisasi dalam bidang ekonomi adalah ...

Pembahasan Soal:

Dampak globalisasi di bidang ekonomi berkaitan dengan adanya kerugian yang dirasakan dari berjalannya ekonomi global, seperti kalah saing perusahaan nasional dan usaha kecil masyarakat dengan produk impor

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.space 

Roboguru

Terbangunnya pabrik-pabrik dengan brand terkenal dunia di negara kita merupakan salah satu bentuk adanya wujud globalisasi dibidang ekonomi. Namun cara tepat dalam menyikapi globalisasi ekonomi berdas...

Pembahasan Soal:

Penyikapan masyarakat terhadap globalisasi inilah yang akhirnya menciptakan kesenjangan sosial ekonomi. Bagi masyarakat yang mampu menerima dan beradaptasi dengan globalisasi, maka masyarakat akan lebih maju sisi-sisi kehidupannya. Seperti teknologi dan ilmu pengetahuan. Sedangkan bagi masyarakat yang tidak mampu menerima dan beradaptasi akan semakin tertinggal oleh globalisasi, karena tidak berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyikapan di masyarakat ini juga terjadi dalam skala global, oleh karena itu di dunia terdapat negara maju dan negara berkembang atau bahkan tertinggal.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved