Roboguru

Pertanyaan

Cermati kutipan pidato berikut!


Hadirin, gelandangan (1) . . . tunawisma sering dijumpai di kota-kota besar Indonesia. Kurangnya lapangan pekerjaan menjadi salah satu penyebab banyaknya tunawisma di kota-kota besar. Akibatnya, mereka hidup di jalanan. Kadang-kadang mereka menimbulkan keresahan di masyarakat. (2) . . ., masalah tunawisma harus diatasi. Pemerintah harus memperbanyak lapangan pekerjaan (3) . . . mereka dapat bekerja. (4) . . ., pelatihan dan bimbingan perlu dilakukan (5) . . . mereka tidak kembali ke jalanan.space 

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kutipan pidato persuasif tersebut adalah . . . .space 

  1. (1) atau, (2) oleh karena itu, (3) agar, (4) oleh sebab itu, (5) agarspace 

  2. (1) atau, (2) oleh karena itu, (3) karena, (4) selain itu, (5) agarspace 

  3. (1) atau, (2) oleh karena itu, (3) agar, (4) selain itu, (5) agarspace 

  4. (1) atau, (2) oleh karena itu, (3) agar, (4) malahan, (5) agarspace 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.space

Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. Teks pidato berisi pernyataan berupa pendapat atau gagasan yang disertai dengan argumen-argumen yang mendukung. Ciri-ciri kebahasaan yang muncul, antara lain kalimat langsung, kalimat sapaan, kalimat persuasif, kosakata bidang ilmu, kalimat aktif, kata hubung (konjungsi) dan kata benda abstrak.

Kata hubung atau konjungsi adalah kata yang berfungsi untuk menghubungkan antarkata, antarklausa, dan antarkalimat. Konjungsi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu konjungsi koordinatif (setara) dan konjungsi subordinatif (bertingkat). Contoh konjungsi koordinatif adalah dan, atau, sedangkan, tetapi, dan sebagainya. Contoh konjungsi subordinatif adalah jika, ketika, walaupun, sebelum, saat, dan sebagainya.

Berdasarkan penjelasan, konjungsi yang tepat untuk mengisi pidato rumpang adalah (1) atau, (2) oleh karena itu, (3) agar, (4) selain itu, (5) agar. Penggunaan konjungsi tersebut dapat dilihat pada:

Hadirin, gelandangan (1) atau tunawisma sering dijumpai di kota-kota besar Indonesia. Kurangnya lapangan pekerjaan menjadi salah satu penyebab banyaknya tunawisma di kota-kota besar. Akibatnya, mereka hidup di jalanan. Kadang-kadang mereka menimbulkan keresahan di masyarakat. (2) Oleh karena itu, masalah tunawisma harus diatasi. Pemerintah harus memperbanyak lapangan pekerjaan (3) agar mereka dapat bekerja. (4) Selain itu, pelatihan dan bimbingan perlu dilakukan (5) agar mereka tidak kembali ke jalanan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space

219

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tunjukkan penggunaan konjungsi subordinatif 'sebab' dalam kutipan pidato persuasif tersebut!

7

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia