Iklan

Iklan

Pertanyaan

     Pagi itu, di kompleks pertokoan, seorang pria tampak turun dari mobil mewahnya. la bermaksud untuk membeli sebuah kado sebagai hadiah untuk ibunya di Hari Ibu. Setelah mendapatkan kado, ia mengirimkannya melalui pos untuk ibunya di kampung. ..., ia merasa bahagia ... mampu mengirimkan sesuatu untuk ibunya yang ia tinggal pergi untuk mencari nafkah dan mengejar kesuksesan di kota besar.space

Konjungsi temporal yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

Konjungsi temporal yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....space
 

  1. kemudian, laluspace

  2. setelah itu, sebelumspace

  3. selanjutnya, sebelumspace

  4. tiba-tiba, setelahspace

  5. lalu, seketikaspace

Iklan

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space

Iklan

Pembahasan

Konjungsi temporal adalah kata hubung yang menyatakan hubungan waktu. Jenis-jenis konjungsi temporal adalah sebagai berikut. Konjungsi temporal sederajat: kata hubung yang bersifat setara. Konjungsi ini ditempatkan di tengah kalimat dan tidak dapat diletakkan di awal atau akhir kalimat. Contoh konjungsi temporal sederajat adalah lalu, kemudian, sebelumnya, setelahnya, selanjutnya, dan lain-lain. Konjungsi temporal tidak sederajat: kata yang menghubungkan antar kalimat satu dengan kalimat lainnya. Konjungsi ini dapat diletakkan di awal, tengah, atau akhir. Contoh konjungsi temporal tidak sederajat adalah sejak, ketika, apabila, saat, sementara, tiba-tiba, dan lain-lain. Berdasarkan soal, konjungsi temporal yang tepat untuk mengawali kalimat adalah tiba-tiba . Konjungsi tersebut menghubungkan kalimat sebelumnya yang menyebutkan bahwa ia mengirim kado melalui pos untuk ibunya di kampung. Secara tiba-tiba, ia merasakan bahagia karena melakukan hal tersebut. Konjungsi temporal yang tepat untuk mengisi di tengah kalimat adalah setelah . Ia merasakan bahagia setelah mengirimkan kado untuk ibunya. Dengan demikian, konjungsi temporal yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah tiba-tiba, setelah. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

Konjungsi temporal adalah kata hubung yang menyatakan hubungan waktu. Jenis-jenis konjungsi temporal adalah sebagai berikut.

  1. Konjungsi temporal sederajat: kata hubung yang bersifat setara. Konjungsi ini ditempatkan di tengah kalimat dan tidak dapat diletakkan di awal atau akhir kalimat. Contoh konjungsi temporal sederajat adalah lalu, kemudian, sebelumnya, setelahnya, selanjutnya, dan lain-lain.
  2. Konjungsi temporal tidak sederajat: kata yang menghubungkan antar kalimat satu dengan kalimat lainnya. Konjungsi ini dapat diletakkan di awal, tengah, atau akhir. Contoh konjungsi temporal tidak sederajat adalah sejak, ketika, apabila, saat, sementara, tiba-tiba, dan lain-lain.

Berdasarkan soal, konjungsi temporal yang tepat untuk mengawali kalimat adalah tiba-tiba. Konjungsi tersebut menghubungkan kalimat sebelumnya yang menyebutkan bahwa ia mengirim kado melalui pos untuk ibunya di kampung. Secara tiba-tiba, ia merasakan bahagia karena melakukan hal tersebut. Konjungsi temporal yang tepat untuk mengisi di tengah kalimat adalah setelah. Ia merasakan bahagia setelah mengirimkan kado untuk ibunya.
Dengan demikian, konjungsi temporal yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah tiba-tiba, setelah.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

50

Indah

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Fitur kebahasaan yang tidak ditemukan dalam kutipan penggalan teks cerpen di atas adalah ....

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia