Roboguru
SD

Konjungsi sehingga pada kalimat (2) termasuk jenis konjungsi ....

Pertanyaan

Teks untuk mengerjakan soal nomor 8-10.


(1) Cerpen karangan gadis kelahiran 23 September 1989 ini tersusun cukup bagus. (2) Penulisannya sangat runtut sehingga pembaca lebih mudah memahami isinya. (3) ..., kosakata yang digunakan dapat membuat pembaca terlarut dalam cerita. (4) Di samping itu, alur ceritanya yang unik dan berbeda dengan cerpen-cerpen zaman sekarang yang biasanya berisi tentang kisah cinta remaja.space 

Konjungsi sehingga pada kalimat (2) termasuk jenis konjungsi ....space 

  1. intrakalimat koordinatifspace 

  2. intrakalimat subordinatifspace 

  3. antarkalimatspace 

  4. antarparagrafspace 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan B.space 

Pembahasan

    Ulasan berasal dari kata mengulas. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan beberapa pengertian kata ulas dan mengulas sebagai berikut.

    Ulas memiliki bentuk kata kerja mengulas, yaitu berarti memberikan penjelasan dan komentar; menafsirkan (penerangan lanjut, pendapat, dan sebagainya); mempelajari (menyelidiki). Adapun ulasan berarti kupasan; tafsiran; komentar.

    Jadi, teks ulasan adalah teks yang isinya berupa penjelasan, komentar, tafsiran terhadap suatu hal (berita, buku, karya seni, dll.), untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan objek yang diulas tersebut. Tujuan akhir dari teks ulasan adalah memberi pertimbangan kepada khalayak tentang baik atau tidak baik objek yang diulas tersebut.

Kaidah Kebahasaan pada Teks Ulasan:

  1. Penggunaan kata sifat
    Kata sifat adalah kelas kata yang menerangkan kuantitas, kualitas, kecukupan, urutan, atau penekanan suatu kata. Kata sifat sering digunakan dalam teks ulasan untuk menilai suatu objek. Dalam pengertian lain, kata sifat adalah kata yang digunakan umuk menerangkan kata benda (nomina) atau kata ganti (pronomina). Kata ganti tersebut dapat berupa kata ganti orang, kata ganti tempat, atau kata ganti benda.
  2. Kalimat deskripsi
    Kalimat deskripsi adalah kalimat yang menggambarkan keadaan objek yang diulas.
  3. Penggunaan kata kerja
    Kata kerja adalah kata yang menyatakan suatu tindakan (perbuatan), proses, atau keadaan yang bukan merupakan sifat.
  4. Penggunaan kata sambung
    Di dalam teks ulasan (terutama ulasan buku fiksi), terdapat unsur sinopsis yaitu ringkasan cerita. Untuk menjalin cerita agar runtut dan menarik, digunakan sarana berupa kalimat kompleks. Kalimat kompleks juga disebut dengan istilah kalimat majemuk.
    Konjungsi dibagi menjadi dua, yaitu:
    a. Konjungsi intrakalimat. Konjungsi intrakalimat dibagi menjadi koordinatif dan subordinatif. Konjungsi intrakalimat koordinatif ialah konjungsi yang menghubungkan klausa yang setara (contoh: dan, atau, tetapi). Adapun konjungsi intrakalimat subordinatif ialah konjungsi yang menghubungkan klausa yang tidak setara (contoh: karena, jika, kemudian, namun, sehingga, dan sebagainya.)
    b. Konjungsi antarkalimat merupakan konjungsi yang menghubungkan kalimat dalam satu paragraf, misalnya dengan demikian, namun, dan sebagainya.
  5. Penggunaan ungkapan saran
    Pada bagian evaluasi teks ulasan terdapat unsur rekomendasi atau saran. Untuk mengungkapkan saran menggunakan sarana kata seperti sebaiknya, hendaknya, harusnya, dan sebagainya.

    Kutipan:

Penulisannya sangat runtut sehingga pembaca lebih mudah memahami isinya.

    Konjungsi sehingga pada kalimat tersebut menghubungkan dua klausa, yaitu "penulisannya sangat runtut" dan "pembaca lebih mudah memahami isinya". Kedua klausa ini tidak sederajat karena mengandung hubungan sebab akibat.

     Maka dari itu, konjungsi sehingga pada kalimat (2) termasuk jenis konjungsi intrakalimat subordinatif.

    Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan B.space 

351

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks ulasan berikut! Namun, tak ada gading yang tak retak. (2) Seandainya penulis bersedia untuk mengajak pembaca lewat sugesti positif dari penulis, mungkin akan lebih melibatkan ...

10

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia